Cara Jitu Mutihin Kulit Ketiak Yang Kusam

0 449

ketiak kusam

[dropcap]H[/dropcap]ai sis, kali ini kita akan bahas soal kulit ketiak nih!

Hehee.. hayo coba cek, kulit ketiaknya cerah mulus apa item kusam?? 😛

Kulit ketiak yang cerah emang dambaan banget bagi para kaum perempuan buat nambah rasa percaya diri. Sista bisa leluasa pake baju apapun tanpa harus khawatir sama kulit ketiak yang item.

Karena ga mo repot, mungkin kebanyakan sista lebih suka beli produk kecantikan di pasaran buat mutihin kulit ketiak. Biasanya produk pemutih ketiak ini bentuknya deodorant, ada yang berbentuk roll on, krim oles, dan kayak parfum disemprot. Padahal, belum tentu loh sis produk kecantikan itu bisa bener-bener bikin kulit ketiak sista jadi putih cerah dan mulus. Bener kan??

Kalo menurut pengalaman sih, produk kecantikan buatan yang dijual di pasaran itu ga efektif banget. Dulu waktu masih ABG, tiap hari aku sering banget pake deodorant roll on tiap hari. Tapi hasilnya masih gitu-gitu aja ah, tetep item kulit ketiaknya. Hihii..

Paling efek baiknya, ketiak jadi ga terlalu bau kalo keringetan, beda aromanya sama kalo ga pake deodorant.

Sista, kalo kalian punya kebiasaan sering nyukur atau nyabutin bulu ketiak, hal itu bisa bikin kulit ketiak jadi item. Terus, kalo emang mo pake deodorant buatan pabrik, pilih yang engga mengandung alkohol. Meski mungkin agak jarang juga ya..

Tapi, hal ini disaranin banget supaya ga terjadi hiperpigmentasi di kulit ketiak akibat iritasi. Sel-sel kulit mati di kulit ketiak juga bisa ngerubah warna kulit ketiak jadi ga cerah dan item. Maka dari itu, sis bisa coba beberapa cara jitu berikut ini biar kulit ketiak sista jadi cerah.

1. Manfaatin Buah Sama Sayur Segar

Buah-buahan sama sayur mayur segar bisa sista manfaatin buat ngerawat kulit ketiak biar nampak cerah. Buah sama sayur bisa didapetin dimana aja, dan kalo bisa sih beli di pasar aja, biar bisa lebih berhemat juga sis.. Heheee..

– Lemon

Lemon dipercaya bisa bikin kulit jadi cerah sekaligus bisa ngangkat sel-sel kulit mati. Iris lemon jadi ukuran sedang, jangan tebel-tebel banget, terus olesin ke kulit ketiak. Sehabis itu bilas pake air bersih.

Selain itu, sista juga bisa buat masker dari campuran jus lemon, kunyit, madu sama yoghurt. Tinggal diolesin aja di kulit ketiak, didiemin 10 menitan, dan bilas.

Oia, ada yang berpendapat kalo kulit ketiak terlalu sering diolesin lemon, katanya sih bisa bikin permukaan kulitnya jadi kering. Tapi sista ga usah khawatir, hal itu bisa dicegah kok. Caranya gampang, cuma dengan ngolesin pelembab sehabis ngebilas olesan lemon di kulit pake air secukupnya.

– Kentang

Kentang diparut, diperes, terus diambil sarinya. Olesin sari kentang tadi di kulit ketiak. Ada juga cara lain, sama kayak lemon, kentang diiris-iris dan tempelin aja langsung ke ketiak. Bisa sambil dioles-oles tempelan kentangnya biar makin nyeresep sarinya ke kulit. Diemin 10 menit terus dibilas air.

– Mentimun

Sama kayak kentang, irisan mentimun bisa dipake buat ngilangin kulit ketiak yang item, ato bisa juga dibikin masker pasta. Caranya parut mentimun, ambil airnya, tambahin beberapa tetes kunyit sama lemon. Terus tinggal olesin ke kulit ketiak. Tunggu sekitar 30 menit dan bilas sampe bersih.

Btw,, buat sista-sista yang mungkin males nyari bahan-bahan alami diatas, bisa juga manfaatin cara lain dengan kasih pelembap secara rutin ke kulit ketiak. Caranya, olesin pelembap ke ketiak minimal 2x tiap harinya.

2. Lakuin Pengelupasan Kulit Secara Aman

Pengelupasan bisa dilakuin juga nih sis sebagai salah satu cara buat mutihin kulit ketiak. Karena sel-sel kulit mati yang udah terakumulasi atau tercampur bisa aja jadi penyebab kulit ketiak jadi item. Dan pengelupasan ini faktanya emang bisa ngurangin kulit ketiak yang kusam.

ketiak menjadi putih

Sista bisa pilih bahan-bahan dibawah ini buat bantu proses pengelupasan kulit ketiaknya:

– Batu Apung

Basahin batu apung pake air, terus gosokkin batu apung ke kulit ketiak pelan-pelan. Batuan vulkanik yang enteng ini bisa bantu ngangkat sel-sel kulit mati. Sista ga usah bingung, batu apung ini bisa dibeli di toko kosmetik ato apotek-apotek terdekat.

– Baking Soda+Air Mawar

Scrub ato masker dari campuran baking soda+air mawar ternyata ampuh juga sis buat ngilangin kulit ketiak yang item. Caranya, campur baking soda pake air biasa dan air mawar terus diaduk sampe jadi kayak krim. Gosok-gosokkin scrubnya ke kulit ketiak. Bilas pake air hangat setelahnya, jangan pake air dingin. Lakuin secara rutin biar hasilnya maksimal.

– Gula Merah

Siapin secangkir gula merah, terus campur sama 3 sendok makan aloe vera yang jenisnya ekstra virgin. Olesin ke kulit ketiak dan diemin sekitar 1-2 menit dan bilas. Sista bisa lakuin cukup 3 hari sekali pas lagi mandi.

– Kulit jeruk

Jangan buang kulit jeruk karena kulit jeruk ini ternyata bisa dimanfaatin buat ngebantu nyerahin warna kulit ketiak. Caranya, kulit jeruk kering (udah dijemur sebelumnya) digiling sampe berubah bentuk jadi serbuk. Tambahin susu+air mawar, aduk sampe jadi kayak pasta terus gosok-gosokkin sekitar 10-15 menit. Bilas pake air.

Sebagai pelengkap dari cara-cara mutihin ketiak diatas, sista bisa tambahin bahan-bahan alami lain. Mau tau caranya? Nih gampang kok, siapin tepung kacang, yoghurt, lemon, terus aduk sampe jadi pasta. Tambahin sedikit kunyit, aduk. Untuk permulaan, lakuin secara teratur tiap hari selama dua minggu. Dan setelah itu, baru lakuin tiap dua hari sekali aja sampe kulit keliatan cerah.

Tips-tips Mencegah Kulit Ketiak Biar Ga Kusam

– Bulu ketiak jangan dicukur, mendingan di waxing aja sekalian biar bulu bisa ilang sampe ke akar. Jadi kulit ketiak ga akan kusam.
– Hindarin penggunaan deodorant, karena kandungan antiperspirannya bisa bikin kulit ketidak jadi item.

Demikian beberapa cara jitu mutihin kulit ketiak. Pesenku, kalo emang sista tetep pengen pake pemutih ketiak dari produk kecantikan, pastiin pilih yang bener-bener aman dan berkualitas. Jangan sampe ketipu sama rayuan iklan!!

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Pelangi

Cara Jitu Mutihin Kulit Ketiak Yang Kusam