AC Emang Adem, Tapi Efeknya Jelek Lho Buat Kulit!

0 443

AC Emang Adem, Tapi Efeknya Jelek Lho Buat Kulit!

AC ato Air Conditioner seolah ga bisa kepisah dari kehidupan kita. Dan emang hampir semua tempat sekarang ini dilengkapin sama penyejuk udara. Tanpa disadarin, kita udah ngabisin banyak waktu di ruangan ber-AC tiap harinya.

Mo itu di kantor, mobil, kampus, pusat perbelanjaan, ato mungkin di kamar tidur sendiri di rumah. AC sekarang seakan udah jadi barang kebutuhan pokok yang selalu ada di tempat kita beraktivitas. Padahal, kalo kita bener-bener sadar, AC itu dampaknya buruk lho buat kulit.

Paparan hawa dingin penyejuk ruangan ato AC dalam jangka panjang bisa micu kerusakan kulit sama rambut. Ini terjadi karena mesin penyejuk ruangan nyerep kelembapan udara di ruangan. Kayak yang ditegasin sama para spesialis kecantikan, kalo AC itu bisa narik kelembapan kulit kita, sehingga kulit suka jadi kering. Kalo ga dilindungin pakai pelembap, kulit juga jadi gampang rusak. Terus kekeringan yang berkelanjutan juga bakal mengaruhin lapisan dalam kulit.

Pas kulit ngalamin kekeringan, nantinya kulit suka jadi gatel. Penyejuk ruangan juga bisa makin memperburuk gangguan kulit yang diderita seseorang. Penyejuk ruangan nyerep air dari udara dalam ruangan dan ngerampas lapisan luar epidermis kulit. Kalo terjadi secara konstan, kehilangan air dan kurangnya penggantian air dari jaringan kulit bahkan bisa nyebabin kulit jadi ngelupas, pecah-pecah, dan kering.

Kalo kelembapan suatu ruangan hilang, kulit nantinya bisa layu. Kulit rawan ngalamin lipatan yang akhirnya keriput jadi makin cepet muncul. Efek lainnya, yaitu munculnya penuaan dini. Bahkan lebih buruknya lagi, bisa nimpa mereka yang sering beralih dari aktivitas luar ruangan yang terik ke dalam ruang yang ada pendinginnya tanpa pelindung kulit. Perubahan suhu ekstrim ini bisa ngedorong kerusakan kulit yang lebih serius.

Buat sista yang sehari-harinya ga bisa lepas dari AC, hati-hati ya. Kalo bisa kulitnya jangan keseringan kena paparan AC. Mendingan AG aja alias “Angin Gelebug” ato AC alami (hihihii sebutan orang sundanese!). Kalian ga mo kan sis kulit cantiknya jadi rusak gara-gara AC?

Nah, makanya sebelum kulit kena efek buruk AC, coba atasin pakai cara-cara berikut ini aja yuk!

Cara Ngatasin Kulit Kering Karena AC

Pakai Body Lotion

Solusi yang paling gampang dan bisa kita lakuin buat ngatasin kulit kering karena AC adalah pakai body lotion ato pelembab di tangan sama kaki secara menyeluruh. Cara ini emang simple, tapi dipercaya ampuh karena bisa ngelindungin dan ngelembapin kulit kita.

Banyakin Minum Air Putih

Solusi gampang yang kedua yaitu dengan banyakin asupan air putih setiap harinya minimal 8 gelas per hari. Air putih selain bermanfaat buat nahan nafsu makan, juga bisa bantu ngelembapin kulit kita dari dalam. Makanya, banyakin deh minum air putih secara rutin tiap harinya buat menuhin kebutuhan kulit.

Banyak Ngonsumsi Makanan Bergizi

Cara ngatasiN kulit kering selanjutnya adalah ngejaga kesehatan kulit dengan cara rutin ngonsumsi makanan yang kaya akan vitamin juga nutrisi yang dibutuhin kulit. Misalnya ngonsumsi sayuran hijau sama buah-buahan tiap harinya.

Pakai Krim Buat Ngenutrisi Kulit

Selain pakai body lotion, buat mencegah kulit biar ga kering yaitu dengan pakai krim yang dibutuhin kulit selama kita ada di ruangan ber-AC.

Pakai Madu Sama Susu

Selain dalam hal kesehatan, madu juga berkhasiat buat ngejaga kecantikan kulit. Campuran madu sama susu selain berkhasiat dalam bantu ngencengin dan ngehalusin kulit wajah juga ternyata bisa bantu ngembaliin kulit kering akibat AC. Cara pemakaiannya, campurin madu sama susu pakai minyak zaitun secukupnya, terus aduk sampai berbentuk pasta. Setelah itu, olesin langsung ke wajah secara merata. Diemin sampai 10 menitan, bilas bersih. Lakuin cara alami ini rutin 2-3 kali tiap harinya sampai kulit kering jadi normal lagi.

Pakai Pisang

Pisang berkhasiat dalam ngebantu ngatasin kulit kering, flek hitam, kerutan, dan masalah kulit lain. Cara pemakaiannya juga gampang, pisang yang udah mateng dihalusin. Setelah itu olesin masker pisang ini ke wajah secara menyeluruh. Diemin selama 10 menit, bilas sampai bersih. Pakai rutin masker alami ini secara teratur supaya kulit tetep selalu kejaga kelembapannya pas lagi ada di ruangan ber-AC.

Pakai Putih Telur & Lemon

Putih telur berkhasiat banget dalam ngecilin pori-pori kulit, sedangkan lemon bisa bantu ngelembapin dan mencerahkan kulit secara alami juga cepet. Cara pemakaiannya, kocok putih telur, tambahin perasan lemon secukupnya, terus aduk sampai merata buat dijadiin masker wajah.

Olesin masker putih telur dan lemon ini secara keseluruhan ke kulit wajah pakai kuas. Diemin 10 menitan, terus bilas pakai air anget. Selain bisa ngelembapin kulit, masker alami ini bisa mencerahkan sekaligus ngencengin kulit wajah kita.

Jangan sampai diabaiin gitu aja ya sis, kalo kulitnya mo tetep cantik meski kena AC terus. Selamat mencoba..

Gambar Hari Ini:

Bagan Gerhana Matahari Dan Bulan

AC Emang Adem, Tapi Efeknya Jelek Lho Buat Kulit!

Sumber: @kimdaoblog

AC Emang Adem, Tapi Efeknya Jelek Lho Buat Kulit!