Apa Aja Jenis Minyak Yang Berkhasiat Buat Kecantikan Kulit? Nih Penjelasannya!

0 230

Apa Aja Jenis Minyak Yang Berkhasiat Buat Kecantikan Kulit? Nih Penjelasannya!

Kecantikan kulit itu adalah salah satu kecantikan fisik yang penting banget buat seorang wanita. Wanita yang bener-bener sayang dan care sama kulitnya, bahkan sampe rela lakuin hal apa aja biar kulit mereka tetep cantik, kenyel, dan sehat. Usahanya juga macem-macem, mulai dari pergi ke klinik perawatan kulit, salon kecantikan, ato beli produk-produk kecantikan kulit.

Semua usaha ini pastinya butuh budget gede juga, karena sekali perawatan ke klinik ato salon aja bisa ngabisin uang dari ratusan ribu sampe jutaan. Apalagi pasti sista semua yang merhatiin banget kecantikan diri, bakalan lengkap banget beli semua produk perawatan kecantikan mulai dari ujung rambut sampe ujung kaki.

Bentuk produknya juga macem-macem, mulai dari powder, lotion, gel, krim, spray dan bentuk lain. Cuma tetep, namanya produk buatan, jadi harganya juga relative mahal dan bahan kimianya bisa ngebahayain kulit, misalnya nimbulin alergi, ruam kulit, juga dampak negatif lainnya.

Dan lebih baik pakai bahan-bahan tradisional aja deh. Jangan terlalu banyak ngasih makan kulit sama bahan-bahan kimia dari kosmetik. Bahan-bahan tradisional itu kan alami, jadi bagus buat ngeremajain dan mempercantik kulit biar lebih seger.

Bahan alami juga non efek samping dan bisa ngirit biaya perawatan yang biasa kita keluarin buat beli kosmetik. Dan salah satu bahan alami yang cocok dan bagus buat ngejaga kecantikan kulit adalah dari jenis minyak-minyakan.

Jenis-jenis Minyak Yang Berkhasiat Buat Ngejaga Kecantikan Kulit

a) Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang kita tau, mungkin seringnya dijadiin bahan buat ngegoreng makanan sehari-hari di dapur. Tapi tau ga sis, kalo minyak goreng itu ternyata berkhasiat buat ngejaga kesehatan kulit lho! Minyak kelapa ini bagus banget buat mencegah kulit kering akibat efek udara panas, udara laut, radiasi dari sinar ultraviolet, dan juga buat ngobatin bibir pecah-pecah.

Kalo sista pengen pakai minyak kelapa sebagai lotion, pilih minyak kelapa murni yang pas didinginin ga beku. Karena supaya bisa mertahanin nutrisinya biar ga banyak yang hilang. Selain dijadiin lotion, minyak kelapa ini juga bisa dengan dikonsumsi buat nyehatin kulit.

b) Minyak Biji Rami

Minyak biji rami kaya denga asam lemak essensialnya yang bisa ngeremajain kulit mati, nyegerin sel-sel kulit, ngejaga kelembapan kulit dan juga bagus buat kesehatan rambut.

c) Minyak Marula

Minyak marula emang ga banyak dikenal di Indonesia. Tapi akhir-akhir ini, jenis minyak ini cukup familiar buat ngejaga kesehatan kulit. Minyak marula udah dimanfaatin sama kaum wanita di Kenya selama ratusan taun karena khasiatnya yang dipercaya bisa ngelindungin kulit dari dehidrasi, khususnya di tempat yang iklimnya panas dan kering kayak di Negara mereka. Marula punya kandungan asam lemak essensial juga yang dibutuhin kulit buat mencegah kerusakan dari radikal bebas, dan bisa bantu kulit ngembaliin kerusakannya akibat efek sinar matahari.

d) Minyak Delima

Buah delima familiar karena punya kandungan antioksidan yang tinggi dan bisa ngejaga tubuh tetep sehat. Tapi buah delima ini ga cuma manjur buat dikonsumsi, karena faktanya delima bisa dijadiin minyak essensial juga buat perawatan wajah. Minyak delima terbukti ampuh buat ngurangin kerutan kecil, garis-garis halus, mencerahkan kulit yang kusam, dan bisa nyumbat pori-pori wajah.

e) Minyak Jojoba

Minyak yang luar biasa ini terbuat dari biji tumbuhan jojoba, yakni sejenis semak yang banyak tumbuh di Gurun Sonora di kawasan Arizona, California Selatan dan Meksiko. Minyak jojoba baik banget buat mencegah hilangnya kelembapan kulit, nenangin kulit yang iritasi, dan bisa ngurangin ruam merah juga di kulit. Kalo sista tinggal di daerah yang iklimnya kering ato emang kulitnya aslinya kering, baiknya coba deh olesin minyak ini. Terus buat kulit dewasa yang produksi sebumnya rendah juga bisa terbantu dengan rutin ngolesin minyak ini.

f) Minyak Argan

Minyak alami selanjutnya ini adalah minyak asli Maroko yang terbuat dari biji pohon argan. Sama kayak pohonnya yang hidup di daerah kering, minyak ini juga bisa bantu kulit di iklim yang kering. Argan merupakan hydrator alami yang bisa ngelembutin wajah, leher, tangan dan rambut. Minyak ini kaya vitamin E yang bisa bantu ngurangin jerawat dan mencegah terjadinya perubahan warna kulit.

g) Minyak Teh Hijau

Teh hijau termasuk ke dalam beberapa jenis makanan pencegah kanker. Mo gimana pun cara pemanfaatannya, teh hijau punya efek positif yang keliatan jelas di kulit. Teh hijau ini bisa ngilangin ruam-ruam merah di kulit sama efektif ngusir jerawat. Kalo sista mo campur pakai krim perawatan kulit juga bisa supaya kulit tetep seger dan dingin.

h) Minyak Blackcurrant

Minyak blackcurrant punya kandungan vitamin C yang lebih banyak dibanding buah jeruk. Jenis minyak ini sering dimanfaatin jadi bahan dalam pembuatan produk-produk kosmetik dan dianggap berperan banget dalam memelihara kulit, ngebantu proses regenerasi, dan bikin kulit jadi keliatan lebih muda dan lebih direvitalisasi.

i) Minyak Alpukat

Minyak alpukat bermanfaat banget buat bantu ngeregenerasi kulit dari bekas jerawat dan ngelindungin kulit dari tanda-tanda penuaan, kayak garis halus dan ampuh ngatasin flek hitam. Minyak ini merupakan hydrant tambahan yang cocok buat perawatan leher sama belahan dada, karena punya sifat anti selulit juga.

j) Minyak Zaitun

Minyak zaitun udah terkenal selama berabad-abad dengan khasiatnya yang bisa ngejaga kesehatan rambut. Kalo mo ngobatin selulit dan mo ngerawat wajah biar tetep mulus, tinggal olesin aja scrub campuran minyak zaitun sama kopi mentah. Banyak studi ngebuktiin, kalo minyak zaitun juga ampuh mencegah keriput, ngenutrisi kulit kering, dan bisa ngurangin lingkaran hitam di area mata.

Demikian. Semoga bermanfaat ya sis..

Gambar Hari Ini:

Ruang Rahasia

Apa Aja Jenis Minyak Yang Berkhasiat Buat Kecantikan Kulit? Nih Penjelasannya!

Sumber: @kimdaoblog

Apa Aja Jenis Minyak Yang Berkhasiat Buat Kecantikan Kulit? Nih Penjelasannya!