Atasi Kulit Gelap Dan Kusam Ladies Dengan Cara Mudah Dan Alami Disini

0 250

Atasi Kulit Gelap Dan Kusam Ladies Dengan Cara Mudah Dan Alami Disini

[dropcap]K[/dropcap]ulit wajah yang kusam dan gelap sering menjadi kendala besar saat berpenampilan. Tidak heran jika akhirnya sebagian perempuan rela untuk menyiapkan uang ekstra untuk menjadikan kulit wajah tampak putih dan sehat.

Memiliki kulit wajah yang putih, bersih dan bercahaya memang menjadi dambaan untuk semua perempuan karena selain untuk menunjang penampilan, kulit wajah yang putih dan kelihatan segar membuat kita semakin percaya diri menghadapi aktivitas harian yang panjang.

Kulit wajah yang kelihatan kusam dan gelap bisa diakibatkan oleh berbagai sebab, kesalahan pola hidup, kesalahan perawatan atau lingkungan yang tidak sehat. Beberapa penyebab itu diantaranya adalah :

– Stress

Stress merupakan salah satu jenis dari gangguan psikologis yang bisa di alami oleh siapa saja. Stress bisa dipicu oleh berbagai sebab sist, aktivitas yang tinggi, beban pikiran atau karena lingkungan.

Namun jangan dianggap bahwa stres hanya akan mengganggu secara psikologis saja, keadaan stress juga bisa memacu gangguan kesehatan secara fisik. Khusus untuk wajah, keadaan stress bisa memicu timbulnya beberapa masalah pada kulit wajah seperti jerawat, psoriasis yang merupakan jenis penyakit kulit dimana kulit mengalami proses pergantian yang terlalu cepat, eksim atau bintik – bintik merah pada kulit wajah kamu sis.

Jadi sebisa mungkin hindarkan diri sista dari stress ya.

– Diet yang tidak teratur

Bagi sista – sista yang lagi menjalankan program diet, pastikan program diet sista adalah program diet yang tepat, sehat dan teratur karena program diet yang kurang sehat dan seimbang dapat mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang juga penting untuk menutrisi wajah sista.

Diet yang terlalu ketat juga tidak disarankan, karena bisa memicu tubuh mengalami kekurangan lemak baik sehingga kulit wajah juga akan kehilangan kesegaran dan elastisitasnya.

– Paparan sinar ultraviolet

Kalau yang satu ini pasti sudah sista ketahui dengan pasti, ya paparan sinar ultra violet pada kulit bisa mempercepat perubahan pigmentasi kulit dan penuaan kulit secara dini, hal ini akan mengakibatkan kulit wajah jadi tampak kusam dan gelap.

Paparan sinar ultra violet juga bisa memicu timbulnya flek atau noda hitam di wajah sista. Jadi bagi sista yang sering bekerja dan beraktivitas di luar ruangan, pastikan kulit wajah sista tetap sehat dan ternutrisi ya.

– Waktu istirahat yang kurang

Bagi sista yang punya kebiasaan begadang, cobalah untuk merubah jadwal sista dan memastikan sista punya cukup waktu untuk beristirahat. Istirahat yang kurang akan menghambat proses regenerasi sel baru dan proses pelepasan sel kulit yang telah mati. Waktu tidur yang cukup adalah berkisar antara 6 hingga 7 jam, jadi buat ladies yang tidurnya kurang, ada baiknya untuk memperbaiki pola tidurnya.

– Efek samping penggunaan kosmetika

Kosmetik yang sista pakai ternyata juga bisa menjadi penyebab kulit jadi tampak kusam dan gelap. Berhati – hatilah ketika memilih kosmetik ya sis, pastikan bahan yang digunakan aman untuk kulit wajahnya. Sesuaikan dengan jenis kulit dan tingkat aktivitas yang sis lakukan.

Kalau sudah terlanjur gelap dan kusam, bisa coba sista atasi dengan cara – cara ini. Enggak mesti ke salon untuk melakukan perawatan wajah yang mahal, bisa sis lakukan sendiri di rumah dengan cara – cara sederhana berikut ini :

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis sudah sangat dikenal khasiatnya untuk memutihkan kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidannya berfungsi mengecilkan pori dan mencerahkan kulit wajah. Bagi sista yang tertarik dengan cara ini, cobalah untuk menyiapkan satu butir jeruk nipis dan satu butir telur ayam.

Peras jeruk nipis kemudian campurkan dengan putih telur. Campuran ini bisa sista pakai sebagai masker wajah. Biarkan dahulu selama kurang lebih 20 menit baru kemudian dibilang dengan menggunakan air hangat.

2. Tomat

Kalau biasanya tomat sista gunakan buat memasak, kini tomat juga bisa sista gunakan untuk mencerahkan kulit.

Haluskan tomat dengan blender dan campurkan dengan sedikit jeruk nipis lalu gunakan sebagai masker. Sebaiknya gunakan pada malam hari sebelum tidur. Biarkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air bersih. Lakukan secara teratur ya sis.

wajah putih

3. Lidah buaya

Lidah buaya biasanya dipakai untuk menyehatkan rambut, ternyata selain untuk menyehatkan rambut, lidah buaya juga bisa dipakai untuk mencerahkan kulit wajah. Cukup dengan mengoleskan bagian dalam lidah buaya pada wajah lalu diamkan selama 5 hingga 10 menit.

Bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin ya sis, untuk waktunya sebaiknya dilakukan pada waktu pagi dan sore hari.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak hasil ekstraksi buah zaitun. Minyak ini telah banyak digunakan sebagai bahan kosmetik, bahan masakan atau obat herbal. Dalam minyak zaitun terkandung lemak tak jenuh yang tinggi terutama asam oleik dan polifenol.

Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang mampu memperlambat penuaan kulit. Selain itu, minyak zaitun juga bisa dipakai untuk melembabkan, menghilangkan flek hitam dan membersihkan sel mati pada kulit wajah anda.

Mengunakan minyak zaitun untuk mencerahkan kulit wajah bisa sista lakukan dengan mencampurkan terlebih dahulu minyak zaitun dengan sedikit gula pasir lalu oleskan secara merata pada wajah dengan gerakan memutar seperti kalau sista lagi membersihkan wajah dengan sabun muka.

Lakukan selama kurang lebih 5 menit. Hati – hati ya sista, jangan sampai terkena mata karena akan terasa perih. Lakukan hal ini secara rutin 3 kali sehari.

5. Bengkoang

Kalau yang satu ini pasti sudah sering sista dengar. Bengkoang memang terkenal dapat mencerahkan kulit karena kandungan vitamin B dan C nya yang tinggi. Untuk menggunakannya, sista bisa parut dahulu bengkoangnya lalu diperas dan diambil sarinya.

Sari bengkoang ini bisa sista letakkan dalam wadah mangkuk lalu didiamkan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Tunggu sampai terlihat endapan putih. Nah endapan ini yang bisa sista gunakan sebagai masker wajah. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih atau air hangat.

6. Madu

Madu memiliki khasiat melembabkan dan mencerahkan wajah. Madu juga bersifat sebagai anti bakteri sehingga juga berkhasiat mengobati dan menghilangkan jerawat. Antioksidan yang terkandung dalam madu dapat menghambat penuaan dini dan membantu melepaskan sel kulit mati pada wajah.

Cobalah untuk mengoleskan madu murni ke wajah, biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air. Bisa juga sista campurkan dengan perasan jeruk nipis atau minyak almond.

7. Susu

Selain enak dan menyehatkan tubuh, ternyata susu juga bisa sista pakai untuk mencerahkan kulit wajah yang gelap dan kusam. Susu merupakan bahan alami kaya kalsium yang berperan penting dalam pigmentasi kulit. Mengonsumsi susu secara teratur dapat membantu menjaga kelembaban kulit sehingga tidak mudah kering dan menjadi gelap.

Siapkan 1 mangkuk susu kambing atau susu sapi hangat dan kain lap bersih. Rendam kain lap dalam susu lalu gunakan untuk menggosok wajah. Lakukan dengan hati – hati ya sis. Cara ini bisa sista ulangi sebanyak 4 hingga 5 kali dan lakukan secara rutin.

Mudah bukan? Nah mulai sekarang gak ada lagi alasan sista untuk minder ketika hangout bareng teman atau pasangan. Sista pun jadi semakin percaya diri dengan kulit wajah yang cerah dan sehat.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Pangolin Kecil

Atasi Kulit Gelap Dan Kusam Ladies Dengan Cara Mudah Dan Alami Disini