Berikut Ini Manfaat Luar Biasa Vitamin D Buat Ngejaga Kecantikan Kulit

0 193

Berikut Ini Manfaat Luar Biasa Vitamin D Buat Ngejaga Kecantikan Kulit

Vitamin D banyak dibutuhin sama tubuh, ga terkecuali bagi kita yang hidup di zaman modern kayak sekarang ini. Banyak diantara kita yang kerja di kantor mulai dari pagi sampai sore ga sedikitpun kepapar sinar matahari. Bahkan, sebagian diantaranya mungkin ke kantor naik mobil jadi ga kena sinar matahari sama sekali selama berhari-hari. Hal ini tentu aja bisa ngebahayain kesehatan tubuh khususnya tulang sama kulit kita.

Buat yang sista pengen tampil cantik, sebaiknya rutin ngonsumsi vitamin D dalam jumlah yang cukup tiap harinya. Karena kalo sista kekurangan vitamin D, siap-siap aja deh penyakit kanker kulit sama jantung bakal nyerang kapan aja.

Sumber Vitamin D

Kulit merupakan elemen penting buat ngolah vitamin D. Karena lewat kulit, vitamin D dari sinar matahari bisa sampai ke dalam tubuh. Tapi kalo sista ga dapet asupan vitamin D yang cukup dari matahari, sista bisa dengan rutin ngonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D. Karena pas kita udah tua nanti, kulit bakal nurun fungsinya. Apalagi kalo kulit sampai kekurangan vitamin D setelah usia kita lanjut, bisa dipastiin deh penyakit osteoporosis dan penyakit tulang lain bakalan nyerang.

Manfaat Vitamin D

Sebenernya gimana sih peran vitamin D di dalam kulit kita? Apa dengan banyak ngonsumsi vitamin D ato vitamin E dalam jumlah cukup bisa bikin kulit kita cantik? Jawabannya pastinya iya atuh! Karena kulit kan sama kayak organ tubuh kita juga yang butuh asupan vitamin.

Vitamin D dibutuhin sama kulit sebagai bahan buat ningkatin elastisitasnya dan ngerangsang produksi kolagen. Ga Cuma itu, asupan vitamin D yang cukup juga bisa ningkatin kecerahan kulit, ngurangin garis-garis halus, bintik-bintik hitam dan jerawat.

Dalam sebuah riset dijelasin, kalo faktanya banyak kaum wanita yang kekurangan vitamin D dan jadi sakit akibat penggunaan sunblock. Khususnya penggunaan sunblock tiap hari yang dimulai dari waktu pagi sebelum berangkat kerja. Akibatnya, kulit jadi kena penuaan dini dan rentan sama penyakit kanker. Seseorang yang keseringan pakai sunblock di pagi hari, kulitnya bisa jadi ga sehat dan pucat meskipun keliatan lebih putih.

Mana yang lebih bagus? Sinar matahari ato suplemen vitamin D?

Tau ga sis? Ngonsumsi suplemen vitamin D sebenernya cuma bermanfaat buat tubuh aja, tapi ga ngasih pengaruh apapun ke kulit. Hal ini juga udah banyak diungkapin sama para pakar kecantikan. Beda lagi sama vitamin D yang sumbernya langsung dari sinar matahari, vitamin D ini bener-bener alami dan bisa ngasih manfaat yang bagus buat kulit.

Makanya sis, seenggaknya kita harus kepapar sinar matahari tiap hari di waktu pagi, antara jam 06.00-09.00 selama kira-kira 20-30 menitan. Segitu juga udah cukup banget menuhin kebutuhan vitamin D didalam tubuh kita.

Pentingnya vitamin D juga keliatan dari perannya dalam ngegantiin sel-sel yang mati. Karena dalam 1 menit aja, ada sekitar 30.000-40.000 sel-sel kulit mati dan harus diganti. Nah vitamin D inilah yang langsung terjun dalam prosesnya, dimana vitamin D bakal ngeremajain dan ngeganti sel-sel kulit yang mati tadi.

Apa akibatnya kalo kelebihan vitamin D?

Kelebihan vitamin D bisa ngebahayain kulit sis, karena bisa nyebabin seseorang ngalamin beberapa gejala kayak pusing, mual sama muntah-muntah. Makanya, kita juga harus tau berapa kadar vitamin D yang ada dan dibutuhin kulit tiap harinya supaya ga over.

Biar sista bisa bener-bener ngerasain manfaat sinar matahari, berikut ini ada cara-caranya. Meski kita pengen dapet asupan vitamin D, tapi kan kulit kita juga harus tetep aman sis!

– Jangan sampai kulit kebakar

Kalo kulit sampai kebakar, bukan manfaat lagi yang kita dapetin, tapi malah bencana. Kita harus tau kapan kita harus stop berjemur diri dibawah sinar matahari. Disaranin jangan terlalu lama, sekitar 15-30 menitan aja cukup tanpa pakai pelindung kulit. Setelahnya, kalo sista masih pengen lama-lama berjemur, jangan lupa pakai pelindung kayak topi, kacamata, sama baju berwarna cerah (supaya bisa nyerep keringet).

– Pakai sunblock (tabir surya)

Pakai sunblock yang seenggaknya mengandung SPF 15 di bagian kulit yang paling sering kepapar sinar matahari, kayak lengan, kaki, leher, dan wajah. Kalo gampang keringetan, pakai sunblocknya yang anti air.

– Atur kadar paparan sinar matahari

Anggap aja sinar matahari itu kayak obat-obatan. Buat dapetin manfaat sinar matahari yang bagus, pakai dosis efektif yang paling rendah. Tapi yang perlu jadi catatan penting adalah ga semua orang punya dosis yang sama. Semua bergantung sama jenis kulit. Buat orang yang kulitnya putih, cukup 10-15 menit aja berjemurnya, sedangkan yang kulitnya gelap boleh berjemur agak lama.

– Rutin berjemur di bawah sinar matahari

Baiknya, sista mulai atur jadwal rutin buat sekedar berjemur dibawah sinar matahari. Misalnya sekitar 3-4 kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 15-30 menit tanpa pakai pelindung kulit. Manfaat sinar matahari ini bakalan kerasa banget kalo paparannya bisa bener-bener kena kulit dan dilakuin rutin.

Inget tapi kulit harus kena sinar matahari langsung, ga boleh ada penghalang, misalnya berjemurnya dibalik jendela kaca. Karena sinar UVB yang diperluin banget sama kulit buat ngeproduksi vitamin D bisa diserap sama kaca.

Itulah beberapa manfaat vitamin D buat kecantikan kulit. Berjemurnya ga usah terlalu lama ya dan jangan berlebihan juga, yang penting rutin aja sesuai kebutuhan, oke?

Selamat berjemur sista 🙂

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Berikut Ini Manfaat Luar Biasa Vitamin D Buat Ngejaga Kecantikan Kulit

Kijang Putih

Berikut Ini Manfaat Luar Biasa Vitamin D Buat Ngejaga Kecantikan Kulit