Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami

0 360

cantik natural[dropcap]M[/dropcap]emiliki wajah cantik, cerah dan merona tentu menjadi dambaan setiap wanita bukan? Oleh karena itu, tak heran jika banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk mencari tahu terkait cara mencerahkan kulit. Bagi ladies yang menginginkan kulit sehat, maka sebaiknya jangan pernah berpikir untuk menggunakan cara-cara instan seperti pemakaian cream, obat pemutih dan lotion dengan bahan kimia yang tidak jelas asal usulnya.

Sebab tak jarang dari obat-obat pemutih tersebut yang mengandung bahan kimia seperti diethanolamine, monoethanolamine, dan triethanolamine. Dimana bahan tersebut menyebabkan efek samping berbahaya seperti alergi, ketergantungan, bahkan bisa menjadi pemicu utama kanker kulit.

Memang hasil yang diberikan bisa dikatakan sangatlah cepat, akan tetapi dampak yang diperoleh sangatlah berbahaya bagi tubuh. Sebagai konsumen yang pintar, ladies tentu harus bisa memilih produk perawatan kulit yang paling terpercaya dan aman.

Dari pada menggunakan produk-produk yang terbuat dari bahan kimia, tak ada salahnya untuk para ladies memanfaatkan bahan-bahan alami demi mendapatkan wajah cerah dan merona. Apalagi selain harganya juga sangat terjangkau, bahan alami juga aman di terapkan sebagai salah satu cara mencerahkan kulit karena terbebas dari bahan kimia.

Bagi para ladies di rumah yang tertarik menggunakan cara alami, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah.

Makanan Alami untuk Wajah Cerah

1. Jeruk nipis

Bahan alami yang satu ini sangat mudah ditemukan bukan? Seperti yang diketahui, jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi dan sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah. Tak hanya itu, jika dikombinasikan dengan putih telur maka bahan-bahan ini mampu membuat wajah lebih kencang dan terbebas dari jerawat.

Cara mencerahkan kulit wajah dengan jeruk nipis sangatlah mudah. Ladies cukup mencampurkan air jeruk nipis dengan putih telur kemudian diaduk sampai merata. Setelah bahan-bahan tercampur, ladies bisa langsung membalurnya pada area kulit wajah. Namun, jangan sampai terkena mata atau bekas luka, karena bisa menyebabkan rasa perih.

Setelah itu, diamkan masker alami ini selama 15 hingga 30 menit dan bersihkan menggunakan tisu atau kain lembut serta bilas dengan air bersih. Agar hasil yang diberikan lebih optimal, ladies bisa melakukan cara ini secara teratur.

2. Bengkoang

Sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya. Hal tersebut dikarenakan bengkoang memang memiliki kandungan vitamin, kalsium dan mineral lainnya yang cukup banyak dan sangat baik untuk memutihkan, mencerahkan, menyegarkan serta menghaluskan kulit.

Cara mencerahkan kulit menggunakan bahan ini adalah dengan memarut terlebih dahulu bengkoang hingga halus kemudian dibalurkan pada kulit. Setelah agak kering, masker bengkoang tadi bisa dibersihkan dan dibilas menggunakan air hingga bersih.

Kandungan airnya yang banyak membuat bengkoang memiliki efek dingin yang menyegarkan pada kulit. Oleh karena itu, sangat cocok digunakan oleh para ladies yang kecapaian setelah seharian beraktivitas dan menginginkan relaksasi yang menyejukkan.

3. Alpukat

Alpukat selain sangat nikmat untuk dibuat menjadi bahan minuman juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan minyak, mineral dan vitamin yang sangat baik untuk merawat kulit wajah. Tak hanya mencerahkan kulit, buah alpukat ini juga mampu mengencangkan kulit wajah sehingga ladies akan tampak lebih muda.

Cara mencerahkan kulit adalah dengan melembutkan alpukat dengan cara diblender atau dilumatkan menggunakan sendok setelah itu campurkan dengan jeruk nipis atau madu. Setelah alpukat tercampur dengan bahan lainnya, ladies hanya perlu membalurkannya pada area kulit dan tunggu hingga 15 menit. Kemudian bersihkan menggunakan kain lembut dan bilas dengan air.

Supaya hasilnya maksimal, lakukan pemakaian secara teratur selama 3 minggu berturut-turut.

Hindari Pola Hidup Tidak Sehat untuk Dapatkan Kulit Cerah dan Merona

Selain menggunakan bahan-bahan di atas untuk mencerahkan kulit, ladies juga harus tahu bahwa pola hidup sangatlah mempengaruhi kualitas kulit. Hal tersebut dikarenakan kulit yang tidak sehat juga disebabkan oleh kualitas hidup yang buruk, misalnya saja sering mengkonsumsi junk food yang mengandung lemak tinggi, makanan manis-manis, soda dan lain sebagainya.

Cara mencerahkan kulit dengan menerapkan pola hidup yang sehat akan membuat wajah terlihat lebih cerah dan berseri. Sekedar pengetahuan, makanan dengan kandungan lemak yang tinggi merupakan salah satu penyebab jerawat dan komedo pada kulit.

Untuk mencegah hal tersebut, ladies bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak omega untuk memenuhi kebutuhan energi yang tersimpan pada lemak. Nah, lemak omega yang bermanfaat ini bisa ladies temukan pada ikan salmon, alpukat dan lain sebagainya.

Disamping itu, ladies juga harus teratur mengkonsumsi sayur-sayuran dan juga buah-buahan untuk mencegah kulit dari warna kusam dan flek hitam.cream wajah

Disamping mengkonsumsi makanan sehat, cara mencerahkan kulit lainnya adalah memperbanyak mengkonsumsi air putih. Kulit sangatlah membutuhkan air untuk membuatnya tetap lembab, tidak kusam dan tidak mudah kering. Meminum air putih juga membantu metabolisme tubuh supaya lancar sehingga tubuh menjadi sehat dan bugar sehingga ladies akan terlihat lebih awet muda.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu istirahat yang cukup. Setidaknya, manusia minimal harus tidur selama 5 jam sehari. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah kulit seperti jerawat, lingkaran hitam pada mata, kulit berminyak dan lain-lain. Dengan para ladies istirahat yang cukup, maka otot yang terdapat pada wajah akan akan lebih santai dan rileks.

Banyak yang juga mengira bahwa sering-sering mencuci wajah dengan sabun akan membuat kulit terhindar dari masalah jerawat. Padahal, pernyataan tersebut salah sebab terlalu sering mencuci wajah akan membuat kulit semakin kehilangan kelembabannya. Dan akhirnya menyebabkan masalah kulit kering yang kusam. Kegiatan mencuci kulit wajah ini bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

Cara mencerahkan kulit dengan mencuci wajah dengan sabun khusus di malam hari berguna untuk menghilangkan sisa-sisa make up serta kotoran yang menempel selama seharian beraktivitas. Sedangkan mencuci wajah di pagi hari adalah untuk meminimalisir kandungan minyak yang ada pada kulit.

Cara mencerahkan kulit yang terakhir adalah jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan kulit wajah pada dokter terkait produk kecantikan apa yang cocok. Hal ini dikarenakan, tak semua kulit cocok untuk menggunakan produk perawatan wajah tertentu.

Jika ternyata produk yang digunakan tak sesuai dengan jenis kulit atau justru para ladies alergi terhadap jenis kimia tertentu, maka sangat mungkin jika kulit wajah justru semakin rusak.

Oleh karena itu, dari pada menggunakan obat ataupun cream pencerah wajah yang belum tentu aman untuk kesehatan, maka menggunakan bahan-bahan alami untuk mencerahkan kulit merupakan solusi terbaik bagi para ladies yang ingin tampil cantik dan memiliki wajah cerah merona.

Demikian ulasan mengenai cara mencerahkan kulit. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para ladies yang ingin memiliki kulit cerah.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Akuarium Aquascape

Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami