Ikutin Yuk Tips Aman Milih Sunblock Buat Kulit Kamu!

0 252

Ikutin Yuk Tips Aman Milih Sunblock Buat Kulit Kamu!

Aktivitas di luar rumah emang sering nimbulin banyak keluhan kulit, khususnya buat cewek-cewek. Apalagi biasanya cewek itu lebih peka dan merhatiin banget kulit mereka. Makanya, ga aneh kalo tasnya pasti banyak macem-macem kosmetik yang dibawa.

Masalah yang muncul bisa dipicu sama berbagai faktor, termasuk akibat pengaruh radiasi sinar UV baik yang disebabin sama paparan sinar matahari atopun akibat paparan AC langsung. Paparan sinar matahari bisa bikin kulit jadi kering karena kulit kehilangan kelembapannya. Selain itu, efek radiasi sinar UV ke depannya juga bisa micu munculnya bintik-bintik hitam di kulit wajah, bahkan bisa kena kanker kulit.

Nah, buat ngatasin permasalah ini, kita wajib banget sis ngasih perlindungan maksimal buat kulit. Dan salah satu perlindungan kulit yang bisa kita lakuin adalah dengan pakai sunblock alias tabir surya kalo lagi beraktivitas ke luar rumah.

Meski sekarang ini ada berbagai macam jenis sunblock dijual bebas di toko-toko kecantikan di pasaran. Tapi kita harus tetep teliti sis sebelum beli, karena ga sedikit sunblock yang ternyata palsu alias imitasi, jadi bahaya banget buat kulit. Selain itu, ga semua jenis sunblock itu aman buat kulit kita. Beberapa diantaranya justru bisa bikin kulit jadi berminyak, kering, dan nimbulin alergi.

Oia sis, sunblock itu ada dua jenis, yaitu sunblock fisik dan kimia. Sunblock fisik fungsinya buat mencegah kerusakan dengan cara mantulin radiasi sinar UV dari kulit. Sedangkan sunblock kimia fungsinya buat mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dengan cara nyerep radiasi sinar UV. Tapi, kebanyakan sunblock biasanya udah ngegabungin keduanya biar perlindungan ke kulit makin sempurna.

Bahan-bahan pembuatan sunblock

– Avobenzone. Bahan ini efektif ngelindungin kulit dari sinar UVA, tapi perlindungannya cuma dalam jangka pendek.
– Benzophenones. Oksibenzon dan sulisobenzone bisa ngelindungin kulit dari sinar UVA di area gelombang medium.
– Aminobenzoic acid (PABA). PABA merupakan salah satu sunblock kimia yang bisa ngasih perlindungan lebih lama terhadap sinar UVB. Tapi ada beberapa jenis kulit yang sensitif terhadap PABA.
– Salisilat. Bahan kimia sallisilat bisa ngeblok sinar UVB.
– Mineral Sunblock. Mineral Sunblock merupakan bentuk dari sunblock fisik yang bisa mantulin sinar UV dari kulit.
– Sunblock mineral lainnya termasuk zinc oxide dan titanium dioksida. Sunblock ini bisa ngelindungin kulit dari sinar UVA dan UVB.
– Anthelios. Anthelios adalah produk kombinasi antara beberapa macam bahan fisik dan bahan kimia dioksida titanium. Kombinasi bahan kimia ini bisa ngelindungin kulit dari sinar UVA sekaligus UVB dan seringkali jadi rekomendasi para dokter kulit.

Tips Milih Sunblock Yang Aman Buat Kulit

Perpaduan beberapa bahan yang udah dijelasin tadi terus diolah jadi beberapa macam sunblock yang dijual di pasaran, kayak sunblock cream, sunblock gel, sunblock spray, sunblock lotion, dan sunblock stick.

Meski umumnya hampir semua sunblock itu aman buat ngelindungin kulit dari paparan sinar matahari. Tapi tetep ada beberapa pertimbangan yang harus dilakuin buat milih sunblock biar perlindungannya maksimal ke kulit. Berikut ini tips-tipsnya:

Pilih sunblock yang nawarin perlindungan UVA dan UVB.

– Kalo sista mo renang, pilih sunblock yang tahan air dan mengandung SPF 15 ato lebih tinggi biar kulit bisa kelindung dari paparan sinar matahari. Buat mastiin kalo sunblock yang sista pilih itu bener-bener tahan air, pastiin sunblock harus mengandung cinoxate, seng dioksida, salisilat oktil, dan avobenzone.

– Pilih krim sunblock yang mengandung bahan mexoryl.

– Kalo sista ada dibawah sinar matahari dalam waktu lama, coba pakai sunblock yang mengandung titanium dioksida ato zinc oxide.

– Pilih sunblock yang punya kandungan SPF 30 ato lebih biar bisa ngasih perlindungan lebih maksimal. Dan sesuaiin terus pemilihan sunblock yang sista pilih sama lama aktifitas dibawah sinar matahari langsung.

– Pilih sunblock yang spektrumnya cukup lebar biar mampu ngelindungin kulit dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA adalah sinar UV yang ga langsung kena kulit, tapi efeknya bisa ngakibatin kanker kulit. Sedangkan sinar UVB adalah sinar UV yang langsung kena permukaan kulit.

– Pakai sunblock lagi setelah waktu efektifnya kelewat. Kita kadang ga sadar kalo sunblock yang kita pakai itu sering luntur, misalnya akibat kena air ato keringetan. Makanya, pastiin sista harus pakai ulang sunblock sebelum waktu efektifnya kelewat.

– Hindarin sunblock yang mengandung oxybenzone. Oxybenzone adalah racun yang bisa nahan sinar matahari yang notabene merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit. Jadi, pilih sunblock yang berbahan titanium oxide ato zinc oxide.

– Beli sunblock yang baru tiap tahun. Hampir semua sunblock mulai kehilangan daya pelindungnya setelah 1 taun. Hal ini karena zat kandungannya mulai pudar setelah 1 taun.

Hindarin kontak langsung dengan sinar matahari di tengah hari. Matahari lagi terik-teriknya banget adalah pas jam 12:00. Makanya sebisa mungkin kulit jangan sampai terlalu lama kena paparan sinar matahari pas jam-jam segitu.

– Pakai pakaian yang cukup bisa nutupin kulit dari paparan sinar matahari.

– Bawa produk perawatan yang lebih khusus bisa bantu ngelindungin kulit dari sinar matahari pas pergi-pergi ke tempat terbuka, misalnya pantai. Apalagi kalo emang sengaja mo ngejemur badan. Harus sering-sering pakai sunblock biar kulit ga kebakar.

– Minum air putih secukupnya biar kulit tetep kejaga kelembapannya dan kulit kelindungin dari sinar UV.

Well.. Meski tips-tips diatas cukup efektif. Tapi biar hasil lebih aman dan nyaman, baiknya sista minta saran dari dokter kulit juga ya! Karena ga semua sunblock itu cocok ma kulit kita, dan sunblock juga harus disesuaiin sama jenis kulitnya.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Ikutin Yuk Tips Aman Milih Sunblock Buat Kulit Kamu!

Bayi Tidur

Ikutin Yuk Tips Aman Milih Sunblock Buat Kulit Kamu!