Ini Dia Solusi Memutihkan Wajah Buat Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

0 234

Ini Dia Solusi Memutihkan Wajah Buat Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Sinar matahari yang kepapar langsung ke kulit bisa ngakibatin warna merah di kulit ato biasa disebut juga sunburn. Hal ini karena disebabin kulit terlalu lama kepapar sinar ultraviolet. Efeknya juga macem-macem mulai dari efek ringan sampe parah, tergantung lamanya kulit kepapar sinar matahari.

Gejala kulit tiap orang yang kebakar sinar matahari juga bervariasi. Kulit mungkin emang tetep keliatan normal sampe beberapa jam, tapi setelah 12-24 jam, baru deh keliatan agak kemerahan. Jadi, kalo sista keluar rumah lupa pakai sunblock. Jangan kaget nantinya wajah jadi merah-merah kayak udang rebus. :p

Berikut ini ada beberapa cara ngatasin kulit yang kebakar akibat sinar matahari. Dan kali ini cara yang bakal kita bahas dijamin top deh, karena bahan-bahannya udah terbukti aman. Oia, cara yang bakal dijelasin juga bukan cuma buat wajah ya sis, bagian tubuh lain juga bisa diaplikasiin, kayak tangan, kaki, sama punggung.

Note:
*Sebelum mulai perawatan luka bakar akibat sengatan sinar ultraviolet ini, usahain kulit dibasahin dulu pakai air kurang lebih 20 menitan.

Lidah Buaya

Getah lidah buaya punya manfaat yang bagus buat diolesin di kulit yang kebakar akibat sengatan sinar matahari. Caranya, sepotong daun lidah buaya dicuci bersih. Terus belah pakai pisau dan peres getahnya, oles di bagian kulit yang kebakar.

Selain buat ngastasin kulit merah akibat kebakar, lidah buaya juga bisa dimanfaatin buat perawatan kecantikan di rumah, misalnya buat masker.

Di luar negeri, produk kecantikan dari bahan lidah buaya emang udah banyak beredar. Bentuknya ada yang salep ato krim. Cuma anehnya, di Indonesia sendiri produk kecantikan dari bahan ini masih jarang, padahal tumbuhan lidah buaya tumbuh subur di tanah Indonesia.

Mentimun

Mentimun ampuh dijadiin bahan antioksidan alami, property analgesic dan penghilang rasa sakit. Buat ngatasin kulit kemerahan akibat sinar matahari, mentimun yang udah dihancurin tinggal diolesin aja ke kulit yang perih dan diemin kira-kira 15 menit, terus bersihin pakai air dingin.

Susu

Sista bisa pakai susu dingin ato yogurt buat ngatasin rasa sakit dan perih di area kulit yang kebakar. Tapi inget sis, susunya harus yang bersuhu normal ya, jangan yang udah didinginin di freezer. Caranya, tuang susu sekitar 1/3 gelas ke dalam mangkuk. Celupin tissue ke dalamnya, terus olesin ke bagian wajah ato kulit yang kebakar.

Cuka

Emang sih cuka itu bau, tapi kalo udah urgent, gpp sis coba pakai cuka di kulit yang perih. Cukanya pilih jenis cuka apel ato cuka biasa. Caranya, campurin 50/50 bagian cuka sama air. Tuang ke botol spray bekas (botol semprotan), dah gitu langsung semprotin ke area kulit yang kemerahan akibat kebakar. Semprotin campuran air cuka tadi beberapa jam sekali ato pas kulit kerasa perih.

Kalo mo dipakai ke wajah, jangan pakai botol spray, karena bahaya nanti mata bisa perih. Coba pakai kapas dan diolesin lembut ke bagian wajah yang perih. Ulangin seperlunya tiap kali wajah kerasa perih. Selain itu, ada cara lainnya juga, yaitu tuangin 3 cangkir cuka ke bath tub yang udah diisi air penuh. Rendem selama 15 menitan.

Jeruk Lemon

Caranya kurang lebih sama kayak pakai cuka. Campuran jeruk lemon (1/4 gelas) dan air (2 cangkir) dimasukkin ke dalam botol spray, terus disemprotin ke area kulit yang kebakar. Ato bisa juga dengan mandi pakai setengah cangkir jus lemon dan ngerendem selama 15 menit. Tapi hati-hati jangan sampe kena mata, karena bisa perih.

Aspirin

Percaya ato enggak, aspirin ternyata ampuh juga buat ngobatin kulit kebakar di bagian-bagian kayak bahu, leher, punggung, dll. Caranya, 10-20 tablet aspirin diancurin di mangkok plastic, terus tambahin 3-4 sendok makan air buat ngentelinnya.

Olesin ke wajah, bahu, leher ato bagian yang kena sengatan matahari. Pas udah kering, gosok pakai washlap yang udah dibasahin air dingin buat ngebersihinnya. Kalo ada sisa, aspirin bisa diminum juga buat ngilangin rasa sakit dari dalam.

Minyak Kayu Putih

Campur beberapa tetes minyak kayu putih, sebutir telur, dan air terus dikocok sampe berbusa. Semprot campuran tadi merata di tubuh yang meradang akibat kena sinar matahari.

Cocoa Butter

Ambil cocoa butter yang udah didinginin di freezer dan langsung olesin ke bagian wajah ato kulit yang kebakar buat ngilangin rasa sakit. Cocoa butter emang dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan kulit yang luka dan karakternya yang gampang cair di kulit tubuh kita, bisa bikin cocoa butter ini langsung nyerep ke pori-pori dan ngelembapin kulit.

Vitamin E

Antioksidan yang terkandung di dalam vitamin E bisa bantu ngurangin iritasi akibat sengatan sinar matahari. Caranya, 1 buah kapsul vitamin E ato lebih di buka dan diambil minyaknya. Olesin minyak dari kapsul vitamin E ini di bagian yang luka dan biarin sampe ngeresap. Konsumsi kapsul vitamin E rutin biar kulit bisa kerawat maksimal dari dalam dan luar.

Cold Creams

Kulit wajah yang kebakar, bakal butuh banyak perawatan pelembap biar kulit yang kering bisa cepet ngelupas. Dan di waktu yang sama, penggunaan krim pelembap dalam jumlah banyak ini bisa ngasih rasa nyaman di wajah setelah kebakar. Selain pelembap, baby lotion juga bagus buat ngedinginin kulit yang kebakar. Cara pakainya, olesin merata krim ke wajah. Tapi pastiin tangan udah dicuci bersih sebelumnya.

Pemakaian Sunblock

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sista sering denger kan pepatah ini? Nah, makanya pastiin sista selalu pakai sunblock dan pakaian yang nutupin permukaan kulit biar ga langsung kepapar sinar matahari. Tapi jangan langsung pakai bahan-bahan tadi ya kalo kulit udah ngelepuh dan rusak. Karena kulit ngelepuh butuh waktu bernafas buat sembuh, kalo langsung pakai bahan tadi malah bakal ngehambat prosesnya.

Lindungin Kulit Setelahnya

Setelah kulit kebakar sinar matahari, kulit wajib dilindungin. Caranya bisa dengan pakai tutup kepala dan hindarin paparan sinar matahari langsung.

Pencegahan alami emang cara terbaik yang aman dan minim efek samping. Tapi kalo sista udah mulai kerasa demam setelah tersengat kulitnya. Lebih baik cepet ke dokter biar diperiksa lebih lanjut.

Gambar Hari Ini:

Pohon Tumbuh Baru

Ini Dia Solusi Memutihkan Wajah Buat Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Sumber: @kimdaoblog

Ini Dia Solusi Memutihkan Wajah Buat Kulit Belang Akibat Sinar Matahari