Leher Belakang Hitam? Coba Tips-Tips Berikut Yuk!

0 427

Leher Belakang Hitam? Coba Tips-Tips Berikut Yuk!

Banyak orang sering ngalamin masalah leher belakang hitam sehingga penampilan mereka jadi kurang nyaman dan percaya diri. Meski sebagian besar cowok yang ngalamin, tapi para sista khususnya yang ga berhijab ada juga pasti deh yang ngalamin hal ini.

Leher hitam merupakan gangguan kulit umum yang biasa disebut acanthosis nigricans. Meski ngerisihin dan ganggu bhangat, tapi tenang aja karena ini bukan infeksi dan ga bakal nular. Yaa sama kayak jerawatlah, ga bahaya cuma bikin malunya itu lho!

Penyebab Leher Belakang Hitam

Nambahnya usia dan sengatan sinar matahari jadi penyebab utama warna kulit di belakang leher kita jadi gelap. Penyebab lainnya antara lain kelainan genetic, diabetes, perilaku sehari-hari yang jorok, dan bertambah ato berkurangnya berat badan secara drastis.

Kondisi ini bisa diatasin dengan cara dibersihin, digosok, sama dilembapin pakai beragam pilihan bahan tradisional.

Gejalanya biasanya adalah keliatan warna kehitaman ato gelap dan kulit jadi lebih tebel di bagian tengkuk sama leher, kayak daki yang numpuk.

Dalam beberapa kasus langka, bahkan rasa gatel yang digaruk bisa bikin leher belakang jadi hitam. Perubahan warna ini bakal terjadi selama berbulan-bulan dan nyebar selama beberapa taun.

Dibawah ini ada beberapa cara ngilangin masalah leher belakang hitam dengan tips tradisional yang bisa sista coba sendiri di rumah.

Almond

Kacang almond mengandung vitamin yang penting dan bermanfaat bhangat buat kesehatan kulit. Almond juga punya kandungan yang bisa ngerawat kulit dan ngatasin masalah perubahan warna kulit yang ga merata.

Ada 3 cara yang bisa sista coba, diantaranya:

– Bikin pasta dari 1/2 sendok teh almond bubuk, 1 sendok teh masing-masing buat madu sama susu bubuk. Olesin bahan yang udah dicampur rata tadi ke bagian leher yang bermasalah, biarin selama 1 1/2 jam. Bilas pakai air sampai bersih. Lakuin rutin 4x seminggu.

– Panasin minyak almond dan pijat lembut bagian leher yang hitam. Lakuin hal ini sebulan sekali buat ngelancarin peredaran darah di area leher. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap dan bisa bantu mencerahkan kulit.

– Rendem 4-5 buah kacang almond didalam air selama semaleman. Pagi harinya, blender almond sampai halus. Olesin ke area leher, terus gosok pelan-pelan selama beberapa menit. Bilas pakai air dingin.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa mencerahkan kulit sekaligus ngelembapinnya. Selain itu, bisa ngurangin bercak-bercak di kulit dan ngatasin warna kulit yang ga merata. Lidah buaya yang kaya akan antioksidan bisa merbaikin dan ngeproduksi sel-sel kulit baru.

Caranya:

– Siapin getah lidah buaya yang diambil langsung dari daunnya.
– Olesin langsung getahnya ke kulit sambil dipijit.
– Biarin selama 20 menitan.
– Bilas pakai air bersih.
– Ulangin tiap hari biar hasilnya lebih cepet.

Timun

Timun ternyata juga ampuh dipakai buat bersihin leher belakang yang hitam. Timun bisa ngedinginin kulit, bantu merbaikin sel-sel kulit, ganti sel kulit mati, dan mencerahkan warna kulit.

Caranya ada 2, antara lain:

– Olesin timun yang udah diblender ke bagian leher yang hitam, gosok lembut sekitar 10 menit. Bilas pakai air dingin ato air mawar (kalo ada). Lakuin tiap hari biar kulit leher jadi lebih putih cerah.

– Campur jus mentimun sama air perasan jeruk lemon dalam takaran yang sama, yaitu 1:1. Olesin ke area leher pakai bola kapas. Biarin selama 10 menit terus bilas pakai air dingin. Lakuin perawatan ini tiap hari.

Jeruk Lemon

Kandungan asam sitrat yang tinggi didalam lemon merupakan elemen penting yang bisa mencerahkan sekaligus mutihin kulit secara alami. Dan konon katanya jeruk lemon ini emang ampuh ngatasin masalah daki membandel di leher. Vitamin C nya yang cukup banyak juga bisa ngeregenerasi sel-sel kulit mati. Makanya, lemon cocok bhangat buat ngatasin warna gelap di area belakang leher.

Caranya ada 2, antara lain:

– Olesin air jeruk lemon di area kulit yang hitam pakai bola kapas. Kalo kulit sista cenderung sensitive, campur sama sedikit air. Biarin selama 20 menit terus bilas pakai air dingin. Pastiin kulit jangan langsung kepapar sama sinar matahari setelah pakai air jeruk lemon ini.

– Campur air jeruk lemon sama air mawar sebanyak 1:1. Olesin ke leher yang hitam sebelum tidur di malam hari. Lakuin hal ini rutin setiap hari selama sebulan biar hasilnya maksimal.

Oatmeal

Gandum bekerja baik dalam ngangkat sel-sel kulit mati. Makanya, gandum efektif buat ngurangin warna gelap yang muncul di leher kita sis.

Caranya ada 2 juga, diantaranya:

– Ambil 2 sendok teh oatmeal mentah yang udah dihalusin pakai blender dengan ditambah sedikit tomat yang udah diblender, campur rata. Olesin campuran ini di leher dan biarin selama 20 menit. Gosok leher pelan-pelan. Bersihin pakai air dingin dan pakai pelembap. Lakuin cara ini rutin 2-3 kali seminggu.

– Campur bubuk oatmeal sama susu dan madu. Olesin ke leher. Biarin selama 20-30 menit sampai bersih pakai air hangat. Lakuin cukup 2x seminggu.

Baking soda

Baking soda emang bagus buat pengelupasan ato exfoliant alami kulit, terus bisa ngebersihin warna kulit yang gelap dan ga merata. Kombinasi dari baking soda sama air udah terbukti cukup efektif dalam ngatasin masalah hyper pigmentation yang terjadi di sekitar leher.

Caranya:
– Campur 3 bagian baking soda dan air secukupnya buat ngentelin.
– Olesin ke area belakang leher dan biarin ngering.
– Bilas setelah 15 menit.
– Lakuin hal ini rutin seminggu 2x biar warna kulit yang hitam bisa cepet teratasi.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun ato olive oil bisa bantu ngelembapin kulit sekaligus ngerawatnya, makanya minyak ini jadi salah satu bahan buat perawatan kecantikan di rumah yang bisa kita coba sis.

Caranya:
– Campur minyak zaitun sama jus lemon.
– Olesin ke area leher yang hitam.
– Biarin selama kurang lebih 20 menit supaya warna hitam leher berkurang.

Sekian. Selamat mencoba, semoga cepet keliatan hasilnya ya sis..

Gambar Hari Ini:

Tongkat Ratu Inggris

Leher Belakang Hitam? Coba Tips-Tips Berikut Yuk!

Sumber: @kimdaoblog

Leher Belakang Hitam? Coba Tips-Tips Berikut Yuk!