Perhatiin Dulu Deh Jenis Kulit Kalian Sebelum Milih Perawatan!

0 100

Perhatiin Dulu Deh Jenis Kulit Kalian Sebelum Milih Perawatan!

Mungkin sebagian wanita baru sadar apa arti pentingnya kecantikan kulit setelah mereka kena masalah kulit misalnya jerawat, noda hitam, keriput, kulit kering, kulit berminyak, dll. Bahkan setelah munculnya masalah ini juga kadang orang baru nyari-nyari perawatan kulit yang cocok buat kulitnya.

Sebenernya, wajar kalo kita baru sadar betapa pentingnya kulit kita ini setelah kena masalah. Cuma, alangkah baiknya kan kalo perawatan kulit kita lakuin sedari sekarang. Apalagi kulit ini bagian tubuh paling luar yang keliatan sama banyak orang dan nunjang penampilan kita juga.

Ngerawat kulit itu harus disesuaiin sama jenisnya sis. Tak kenal maka tak sayang dong! Jangan sampai kita pakai produk perawatan kulit yang ga sesuai sama jenis kulit kita, karena hal ini bisa ngakibatin kerusakan kulit. Munculnya masalah jerawat dan kulit berminyak emang yang paling umum terjadi sebagai akibat dari salah perawatan yang ga sesuai sama jenis kulit.

Ngenalin jenis kulit bakal mempermudah kita dalam ngelakuin perawatan kulit. Terus jangan lupa kalo kita udah tau jenis kulit kita kayak gimana, pilih produk perawatannya harus sesuai juga biar kulit kehindar dari salah perawatan. Oia, jenis kulit juga bisa berubah dari waktu ke waktu tergantung sama beberapa faktor, diantaranya minyak, air, dan tingkat sensitifitas kulit.

Umumnya, kulit terbagi jadi 5 jenis, yakni kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitive, dan kulit kombinasi. Nah, biar lebih jelas, kita jelasin satu-satu aja yah jenis ato tipe kulit sekaligus cara perawatannya!

1. Kulit Normal

Kulit normal jarang banget kena masalah serius, makanya jenis kulit ini ga perlu terlalu banyak perawatan. Kulit jenis ini punya ciri-ciri yaitu ga berminyak dan ga kering juga. Kalo dipegang, jenis kulit ini kerasa lembut dan halus banget.

Kulit normal biasanya cocok sama semua produk kecantikan apa aja. Tapi meski begitu, hindarin kebiasaan gonta-ganti kosmetik ya, karena hal ini bisa nyebabin kulit jadi iritasi. Pakai masker secara rutin buat perawatannya. Maskernya bisa beli di pasaran ato bikin sendiri di rumah pakai bahan-bahan alami, misalnya masker buah-buahan kayak tomat, alpuket, sama mentimun. Meskipun kulit normal jarang kena masalah, tapi demi ngejaga kesehatannya, kita harus tetep rajin ngebersihin wajah lho!

2. Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan jenis kulit yang perlu perawatan ekstra. Kulit jenis ini bakal ngeluarin banyak minyak, sehingga rawan kena masalah kayak noda ato jerawat. Buat sista yang kulitnya berminyak, tiap milih produk kecantikan coba pilih produk yang sifatnya oil free dan bahan dasarnya air. Hal ini tujuannya supaya kadar minyak di wajah ga ningkat.

Buat kulit berminyak, disaranin banget rutin pakai masker, khususnya masker yang terbuat dari bahan-bahan alami kayak teh hijau, buah-buahan, sama madu. Cuci muka juga harus jadi kegiatan wajib orang yang kulitnya berminyak, apalagi setelah make up an. Alesannya karena biar wajah kehindar dari kotoran ato sisa-sisa make up yang masih nempel dan nyumbat pori-pori. Kalo pori-pori kesumbat, minyak jadi ga bisa keluar dan kemungkinan bakalan nimbulin jerawat. Orang yang jenis kulitnya berminyak disaranin juga buat ngurangin ngonsumsi makanan berminyak, misalnya gorengan.

3. Kulit Kering

Kulit kering ini kebalikan dari kulit berminyak. Di kulit kering, minyak yang dihasilin biasanya sedikit. Ciri-ciri kulit kering yaitu kulitnya bersisik. Pakai pelembap wajah harus jadi ritual wajib dalam perawatan kulit kering. Makanya usahain pakai pelembap wajah sebanyak 2-3 kali per hari.

Aplikasiin pelembap wajah ini sekitar 4-5 menit setelah wajah dibersihin. Dalam milih pembersih, pilih pembersih yang ga ada kandungan sabun ato detergen dan scrubnya, karena hal ini bisa bikin kondisi kulit jadi makin kering.

Kalo pengen pakai masker, pilih masker yang bisa ngejaga kelembapan kulit kayak masker yang mengandung vitamin E ato olive oil. Dalam ngejaga kelembapan kulit, kita juga harus rutin minum air putih minimal 8 gelas per harinya.

4. Kulit Sensitif

Kulit sensitive merupakan kulit yang paling susah perawatannya. Biasanya kulit sensitive bakal nolak produk kecantikan ato bahan apapun. Kulit jenis ini bakal gampang banget kena iritasi, sehingga perawatannya harus ekstra hati-hati.

Buat sista yang punya jenis kulit sensitive, hal pertama yang harus diinget yaitu jangan gonta-ganti produk kecantikan. Dalam milih produk, hindarin produk yang mengandung pewangi. Pastiin tiap abis make up an wajah harus selalu langsung dibersihin.

Kulit sensitive lebih disaranin ngelakuin perawatan pakai bahan-bahan alami aja, misalnya maskeran pakai buah-buahan. Pas wajah dicuci, pakai air dingin, jangan pakai air anget. Hal ini biar ga nimbulin iritasi.

5. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan gabungan dari beberapa jenis kulit. Makanya, jenis kulit ini perawatannya harus disesuaiin sama masing-masing jenis kulit yang udah dijelasin diatas tadi.

Oke sis, sekian, semoga bermanfaat ya

Gambar Hari Ini:

Anak-Anak Memfoto dengan Kamera Ponsel

Perhatiin Dulu Deh Jenis Kulit Kalian Sebelum Milih Perawatan!

Sumber: @kimdaoblog

Perhatiin Dulu Deh Jenis Kulit Kalian Sebelum Milih Perawatan!