Racikan Ampuh Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami

0 1,083

Racikan Ampuh Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami

[dropcap]S[/dropcap]etiap wanita pasti menginginkan kulit tubuh yang putih bercahaya. Tidak hanya wanita, pria pun banyak yang menginginkan kulit tubuh yang bersih dan putih. Di era modern sekarang ini, sudah banyak orang memutihkan kulit dengan teknologi tinggi seperti laser, obat-obatan, sampai ke operasi plastik.

Tapi tentunya memutihkan kulit dengan cara modern seperti itu akan memakan biaya yang cukup besar.

Disamping itu, resiko efek samping obat-obatan ataupun kegagalan operasi akan menjadi pertimbangan tersendiri. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang lebih memilih cara memutihkan kulit tubuh secara alami.

Sebelum menjelaskan beberapa cara alami memutihkan kulit, ada baiknya kita mengetahui apa saja penyebab kulit hitam atau kusam.

– Kurangnya kadar air dalam tubuh

Tubuh akan mengeluarkan banyak keringat saat beraktifitas, akibatnya kadar air dalam tubuh berkurang. Kekurangan kadar air dapat merusak elastisitas kulit dan kulit akan berubah menjadi gelap dan kusam.

– Kurang menjaga kebersihan kulit

Kotoran, debu, dan sel-sel kulit mati yang menempel di kulit badan harus dibersihkan dengan benar. Pembersihan dapat dilakukan saat mandi pagi dan sore. Pastikan pembersihan kulit badan dapat mengangkat kotoran-kotaran, debu, dan pelepaskan ikatan-ikatan sel kulit mati untuk regenerasi kulit baru. Rutin membersihkan badan dengan benar akan menyehatkan kulit.

– Kekurangan asupan nutrisi

Memberikan asupan nutrisi untuk kulit dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dari dalam dan dari luar. Asupan dari dalam maksudnya adalah semua nutrisi yang terkandung dalam makanan yang kita makan, sedangkan dari luar adalah asupan nutrisi dengan perawatan yang langsung bersentuhan dengan kulit.

Konsumsi makanan dengan serat tinggi yang berasal dari sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk kesehatan kulit.

– Kulit tidak dilindungi

Terpaan panas matahari sangat tinggi di wilayah tropis seperti di Indonesia. Panas matahari sangat cepat membuat kulit hitam dan kusam jika tidak dilindungi. Selain menggunakan baju yang sesuai, perlindungan kulit akan panas matahari juga dapat menggunakan krim atau lotion yang mengandung SPF.

Setelah mengetahui penyebab kulit kusam dan gelap, kita dapat melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan tubuh, minum air yang cukup, makan makanan dengan serat tinggi, perlindungan dengan pakaian dan lotion saat keluar rumah, serta memenuhi asupan nutrisi untuk kulit.

Seperti yang sudah dibahas diatas, ada dua cara memberikan nutrisi untuk kulit, yaitu dari dalam dan dari luar. Berikut beberapa cara memutihkan kulit tubuh secara Alami dari luar, yakni dengan lulur buah dan bahan-bahan kaya vitamin.

– Lulur Aloe Vera

Aloe vera berkhasiat melembabkan kulit, meningkatkan kadar oksigen, dan mengencangkan kulit sehingga tampak lebih muda. Untuk membuat lulur tradisional, aloevera dapat dicampur dengan tepung gandum, minyak zaitun, dan air secukupnya.

– Lulur Alpukat

Vitamin E dan Omega 3 yang terkandung dalam buah alpukat adalah antioksidan yang bagus untuk mencegah penuaan dini dan juga melembabkan kulit. Sehingga sangat cocok untuk kulit kering akibat terlalu sering berada diruangan ber-AC.

Alpukat juga mempunya fungsi anti inflamasi sehingga dapat mendinginkan kulit. Lulur buah alpukat dapat dibuat sendiri dengan mencampur buah alpukat dengan minyak zaitun dan tepung beras merah.

– Lulur bengkuang

Bengkuang mempunyai sifat kimiawi fermakologis yang manis dan sejuk sehingga dapat mendinginkan kulit. Bengkoang juga dapat mengurangi gatal-gatal pada kulit karena memiliki kandungan antiseptik.

Lulur bengkoang juga dapat mengencangkan kulit sehingga menjaga kekenyalan kulit. Bengkoang dapat dikombinasikan dengan olive oil, tepung gandum, jeruk nipis, air mineral, dan minyak zaitun.

– Lulur wortel

Wortel kaya akan betacarotein dan vitamin A yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, mengurangi keriput akibat penuaan dini, mengangkat sel kulit mati, mempercepat regernerasi sel kulit baru, dan mencerahkan kulit, sehingga kulit akan terasa lebih segar dan kenyal. Wortel dapat dicampur dengan minyak zaitun, tepung gandum, dan air.

tips kulit cantik

– Lulur Cokelat

Katekin (catechin) yang terkandung dalam cokelat dapat mencegah keriput akibat polusi. Karena zat katekin berfungsi sebagai antioksidan. Kulit akan lebih bercahaya dan awet muda. Cokelat dapat dicampur dengan tepung bengkoang, tepung gandum, minyak zaitun dan air.

– Lulur Kopi

Bubuk Kopi yang agak kasar dapat digunakan sebagai scrub. Dan jika digosok akan mengeluarkan minyak yang dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. selain itu dapat memperbaiki oksigen dan peredaran darah tepi. Scrub kopi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Kopi dicampur dengan tepung gandum dan minyak zaitun serta air secukupnya.

– Lulur teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polyphenols, vitamin E, dan C yang dapat menutrisi kulit, menyegarkan, mencegah penuaan dini, dan melancarkan darah tepi. Teh hijau juga mencegah jerawat ataupun mengurangi flek-flek hitam bekas jerawat. Wangi teh hijau juga dapat menjadi aroma terapi yang membuat tubuh lebih rileks. Teh hijau dapat dicampur dengan tepung beras, tepung kacang kedelai, tepung kacang hijau, minyak zaitun, dan sari bunga melati.

– Mandi susu

Susu dapat dikombinasikan dengan lulur dan berguna untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Zat asam betahydroxy alami dapat mengikis kotoran dan sel-sel kulit mati sehingga menghilangkan kulit bersisik dan akan terasa lebih halus.

Protein yang tekandung dalam susu dapat melembabkan sekaligus melapisi kulit agar lebih kenyal dan halus. Tidak heran mandi susu terkenal berkhasiat mencerahkan kulit.

– Lulur pepaya

Pepaya mengandung banyak jenis enzim, mineral, dan vitamin. Enzim-enzim itu antara lain enzim Papain, Psudokarpaina, Alkaloid Kaspaino, Kasposid, Saponin, Glikosid, Levulosa, Sakarosa, Dekstrosa, serta Vitamin A, B, C, dan Vitamin E.

Semua kandungan tersebut dapat mengangkat sel kulit mati dan ampuh mengobati jerawat, meremajakan kulit, dan menangkal radikal bebas. Kulit akan terasa lebih muda.

– Masker buah pisang

Buah pisang dapat dicampur dengan madu asli dan sedikit gula. Balur ke seluruh tubuh sambil dipijat dengan lembut. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan kulit yang putih dan cerah.

– Lulur beras putih

Beras putih yang dihaluskan dicampur dengan minyak zaitun. Lulur beras putih dapat mencerahkan kulit jika digunakan secara teratur. Rebusan air beras atau biasa disebut air tajin juga dapat digunakan sebagai pemutih kulit terutama di area wajah.

– Lulur madu murni

Rutin menggunakan lulur madu murni juga dapat memutihkan kulit. Lakukan secara teratur maka kulit putih bukan lagi menjadi impian.

Itulah beberapa cara memutihkan kulit tubuh secara alami yang dapat diracik sendiri dirumah dengan bahan-bahan yang sederhana. Tanpa efek samping dan relatif murah. Lakukan secara rutin, teratur, dan dikombinasikan dengan asupan makanan yang baik.

Jalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan serat tinggi, minum air putih, dan cukup istirahat. Hindari junk food, radikal bebas seperti rokok dan asap kendaraan. Hindari terpaan panas matahari secara langsung dalam waktu yang lama tanpa lotion anti sinar UV.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Kucing Di Dashboard Mobil

Racikan Ampuh Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami