Temukan Cara Alami Memutihkan Kulit Disini!

0 99

kulit putih mulus

[dropcap]H[/dropcap]alo Ladies, membicarakan masalah kulit sepertinya tak akan pernah selesai bagi kaum perempuan ya, terutama ketika kita ingin mengetahui cara alami memutihkan kulit. Hal ini tentu normal karena setiap perempuan pasti menginginkan kulit yang putih, sehat dan bercahaya.

Namun, berbagai factor dapat menghambat pembentukan kulit cantik yang kita idam-idamkan loh Ladies. Padahal, kulit cantik dan sehat adalah aset yang dapat mendorong rasa percaya diri setiap perempuan. Seiring bertambahnya usia, perempuan juga akan mendapatkan berbagai masalah kulit.

Dimulai sejak remaja, aktivitas hormon yang memicu pertumbuhan juga berpengaruh terhadap kulit, seperti tumbuhnya jerawat dan flek-flek hitam. Di samping itu, ada beberapa hal yang dapat membuat kulit perempuan bermasalah, antara lain:

1. Makanan

Tak dapat dipungkiri, makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat memicu masalah pada kulit. Ladies pasti pernah merasakan efek samping seperti alergi setelah mengonsumsi makanan tertentu. Dalam hal ini, makanan yang sering dijadikan ‘tersangka’ pada masalah kulit adalah seafood.

Seafood memang sering mengakibatkan gatal-gatal. Tak hanya itu, berbagai jenis makanan juga dapat mengakibatkan permasalahan kulit seperti flek hitam munculnya jerawat pasir.

2. Stress

Ladies pasti pernah mengalami pertumbuhan jerawat yang tak diundang di saat mengerjakan Tugas Akhir atau lembur pekerjaan. Ya, jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat umum dirasakan oleh perempuan saat mengalami stress.

Di kala stress, perempuan juga lebih terfokus pada masalahnya sehingga tidak mencurahkan perhatian pada kondisi kulitnya. Padahal, kondisi kulit bisa jadi semakin buruk apabila tidak tertangani.

3. Panas matahari

Kulit yang gelap pasti membuat perempuan jengkel, betul kan Ladies? Kulit cerah yang menggelap bukan hanya tak sedap dipandang, namun juga memberikan kesan kusam yang tidak menyenangkan. Bahkan, kulit yang menggelap juga dapat membuat penampilan tidak segar.

Oleh karenanya, banyak perempuan yang mencari cara alami memutihkan kulit guna menghindari penggelapan pada kulitnya.

4. Kosmetik

Disadari atau tidak, perempuan dapat mengalami masalah kulit dari kosmetika yang digunakannya.

Sebagai contoh adalah penggunaan foundation dengan formula yang tidak sesuai dengan jenis dan kondisi kulit dapat memicu beberapa masalah seperti kesan oxidized pada kulit dimana warna kulit terlihat abu-abu saat menggunakan foundation, jerawat, rasa panas membakar serta penggelapan pada bagian-bagian tertentu dari wajah. Wah, mengerikan bukan? Dalam permasalahan ini, cara alami memutihkan kulit adalah solusi terbaik.

Penanganan terhadap beberapa masalah kulit yang telah disebutkan di atas tentu tidak bisa main-main Ladies. Tentu kita tidak ingin mendapatkan masalah lebih jauh apabila kita salah menangani kulit kita, bukan?

Oleh karenanya, bertahan dengan cara alami memutihkan kulit yang digunakan oleh nenek moyang tentu akan memberikan hasil yang lebih baik. Jadi, apa saja langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit cerah nan sehat?

1. Kenali kondisi kulit

Mengenali kondisi kulit tak hanya berguna saat kita menangani masalah kulit loh Ladies. Mengenali kondisi dan jenis kulit yang dimiliki akan membantu kita dalam memilih produk kecantikan yang akan digunakan.

Contohnya adalah ketika breakout, mengenali kondisi kulit saat breakout yang cenderung sensitive dapat membantu kita dalam memilih skincare yang lembut bagi kulit. Kulit yang menggelap juga harus dikenali jenisnya. Kulit sensitive yang menggelap perlu penanganan khusus agar tak memperburuk keadaan.

wajah cantik

2. Gunakan masker jeruk nipis

Penggunaan jeruk nipis dan lemon tengah menuai kontroversi dalam dunia kecantikan. Pasalnya, zat asam yang terkandung dalam jeruk nipis dan lemon justru dapat merusak kulit. Namun, tentu tak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya. Campurkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis dengan madu.

Buatlah campuran sekedarnya saja, secukupnya untuk wajah Anda. Ini adalah salah satu cara alami memutihkan wajah yang sudah diwariskan turun-temurun loh, Ladies!

3. Gunakan masker kunyit dan kayu manis

Bagi Ladies yang mengalami masalah penggelapan kulit disertai jerawat, tentu sangat tidak nyaman apabila menggunakan masker jeruk nipis yang akan terasa membakar titik-titik jerawat. Oleh karenanya, ada cara alami memutihkan kulit lain yang dapat Ladies gunakan.

Campurkan kunyit bubuk, kayu manis bubuk, tepung beras dan madu. Aduk sampai menjadi pasta berwarna cokelat tua. Gunakan selama lima belas menit lalu bilas dengan air atau waslap hangat. Kunyit berguna untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan rona kemerahan dari jerawat.

Sementara itu, kayu manis merupakan agen pengering jerawat yang cukup manjur. Tepung beras akan membantu mencerahkan wajah Anda. Madu dapat melembapkan dan menutrisi wajah yang tengah bermasalah.

4. Masker bengkuang

Bengkuang tentu tak asing lagi bagi Anda. Pasalnya, bengkuang merupakan salah satu resep nenek moyang sebagai cara alami memutihkan kulit. Parutan bengkuang dapat digunakan sebagai masker yang dapat mencerahkan wajah.

Di samping itu, Anda juga akan merasakan sensasi dingin saat cairan dari bengkuang meresap ke kulit Anda. Wah, mudah sekali bukan Ladies?

5. Bersikan wajah secara menyeluruh

Walaupun sepele, ritual membersihkan wajah secara menyeluruh merupakan salah satu kunci dari kulit sehat dan bercahaya. Setelah selesai beraktivitas, gunakan lotion pembersih dan penyegar untuk mengangkat debu dan sisa makeup.

Pilihlah lotion pembersih dan penyegar yang terbuat dari bahan alami tanpa mengandung alkohol atau ethanol. Alkohol merupakan bahan yang jahat bagi kulit karena akan membuat kulit terasa kering dan justru memproduksi lebih banyak minyak untuk mengatasi kekeringannya. Apabila merasa tak nyaman dengan lotion yang ada di pasaran, gunakan grape seed oil atau olive oil sebagai gantinya.

6. Konsumsi vitamin E dan C

Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi bagi kulit sangatlah penting. Konsumsi vitamin E dan C dapat membantu Anda dalam mengembalikan kulit yang cantik dan sehat loh Ladies. Vitamin E berguna untuk meremajakan kulit, menghindarkan kulit dari penuaan dini serta mencegah flek hitam.

Sementara itu, kulit juga akan mendapatkan nutrisi dari vitamin C yang dapat mencerahkan kulit secara menyeluruh. Tapi ingat ya Ladies, konsumsi vitamin tetap harus sesuai dengan dosis yang disarankan.

7. Minum air putih

Air putih merupakan minuman terbaik yang sangat penting bagi manusia. Tak hanya bagi kesehatan tubuh dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi, air putih juga berfungsi untuk membuang racun dari dalam tubuh. Konsumsi air putih sebanyak delapan gelas per hari akan membuat kulit menjadi lembab dan bersih.

Bahkan, saat ini ada air putih dengan pH yang sudah disesuaikan loh Ladies. Tak ayal, air putih meruakan cara alami memutihkan kulit yang sudah terbukti.

Penggelapan kulit dapat terjadi karena banyak faktor. Walaupun tidak selalu berbahaya, Ladies juga harus mewaspadai kulit yang menggelap dengan tiba-tiba dan tidak dapat dikembalikan kondisinya dengan perawatan alami maupun dengan perawatan standar kosmetika yang dijual bebas di pasaran. Ada baiknya Ladies berkonsultasi ke dokter spesialis kulit apabila cara alami memutihkan kulit telah gagal di kulit Anda.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Taman Merah

Temukan Cara Alami Memutihkan Kulit Disini!