14 Cara Mengatasi Kulit Ketiak Yang Hitam Dengan Bahan Alami

0 191

14 Cara Mengatasi Kulit Ketiak Yang Hitam Dengan Bahan Alami

[dropcap]S[/dropcap]ista, pernah tidak memiliki ketiak yang hitam? Rasanya diri ini menjadi kurang percaya diri. Untuk memakai pakaian yang terbuka sedikit saja keraguannya sudah begitu tinggi. Karena takut kalau ketiak yang hitam terlihat oleh orang lain.

Ada beberapa penyebab dari ketiak yang hitam. Misalnya karena faktor genetik dari orangtua. Ketiak yang hitam bisa juga disebabkan karena deodoran yang sista gunakan. Bisa jadi kulit ketiak tidak cocok dengan deodoran sehingga membuat ketiak menjadi gelap. Mencukur ketiak pun tidak bisa sembarangan.

Karena jika sampai salah bisa terjadi kerusakan pada kulit dan membuat kulit menjadi hitam. Kulit ketiak yang hitam bisa juga disebabkan karena badan yang berkeringat sehingga ketiak selalu lembab.

Sista tidak perlu khawatir, karena berikut ini akan kita tampilkan cara-cara untuk mengatasi ketiak yang hitam.

Tips Mengatasi Ketiak yang hitam

1. Kunyit

Sista mungkin seringkali menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan. Tetapi tau tidak sis kalau kunyit ternyata bisa digunakan untuk membuat kulit ketiak. Rempah yang satu ini memang biasa digunakan sebagai obat luka luar, sekaligus untuk mengurangi iritasi pada kulit dan membuat kulit tampak menjadi lebih cerah.

2. Mengunakan Mentimun

Timun sering sekali digunakan untuk perawatan wajah. Tetapi tidak hanya dapat digunakan sebagai perawatan wajah saja, tetapi mentimun juga bisa sista gunakan untuk mengatasi kulit ketiak yang hitam. Caranya mudah saja, hanya cukup memblender mentimun lalu ditempelkan pada kulit ketiak. Mentimun selama ini dikenal dengan khasiatnya memutihkan kulit di bagian manapun.

3. Susu dan Yogurt

Masker susu dan yogurt sangat baik untuk memutihkan wajah. Tetapi kedua bahan ini tidak hanya bisa digunakan untuk memutihkan wajah saja. Pada dasarnya, susu mampu menghilangkan flek hitam akibat iritasi. Termasuk juga untuk kulit ketiak.

Tidak hanya membuat ketiak menjadi putih, kandungan dalam yogurt dan susu juga mampu menjaga kulit menjadi lebih lembut dan kenyal.

4. Menggunakan Lemon dan Jeruk Nipis

Selain yogurt dan susu, lemon dan jeruk nipis juga sering digunakan untuk membantu proses pemutihan kulit. Tidak hanya ampuh untuk kulit wajah tetapi juga untuk kulit ketiak yang hitam. Caranya mudah sekali, tinggal oleskan saja pada bagian ketiak yang hitam. Jika dilakukan secara rutin maka ketiak yang putih pun bisa didapatkan.

5. Pasta Gigi

Mungkin bahan berikut yang digunakan untuk mengatasi ketiak yang hitam agak aneh, yaitu pasta gigi. Selama ini pasta gigi digunakan untuk membersihkan gigi. Tapi siapa yang menyangka bahwa pasta gigi alias odol bisa digunakan untuk memutihkan juga. Sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Caranya mudah saja, cukup oleskan pasta gigi pada bagian ketiak lalu diamkan sebentar. Setelah itu jangan lupa bilas dengan menggunakan air. Sensasi yang sista rasakan nanti cukup unik. Sista akan merasa dingin sekaligus panas di ketiak. Cara unik yang patut dicoba.

6. Menggunakan Baking Soda

Mengatasi ketiak yang hitam ternyata benar-benar bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Contohnya saja seperti baking soda. Selama ini baking soda digunakan untuk mengembangkan kue. Tetapi siapa yang menyangka bahan yang satu ini ternyata memiliki manfaat lebih dari itu.

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk memerahkan bibir sekaligus memutihkan gigi dan ketiak. Caranya hanya dengan mencampur baking soda dengan sedikit air. Kemudian oleskan pada bagian ketiak yang hitam.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang mampu memutihkan kulit. Untuk mengatasi ketiak yang hitam, sista bisa mengoleskan minyak kelapa di bagian ketiak lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah dilakukan secara rutin, maka kulit ketiak pun akan terlihat lebih cerah.

8. Menggunakan Kentang

Sista, sesekali cobalah untuk memarut kentang lalu diletakkan di ketiak yang hitam selama beberapa menit. Kentang dipercaya mampu membasmi noda dan flek. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

ketiak

9. Pepaya

Ternyata buah yang satu ini tidak hanya bisa melancarkan pencernaan. Pepaya juga bisa digunakan untuk memutihkan bagian ketiak yang hitam. Caranya mudah, pepaya bisa ditumbuk atau diblender. Setelah itu ditempelkan pada bagian kulit yang menghitam. Lakukan dengan rutin agar kulit ketiak bisa tampak lebih cerah.

10. Menggunakan Cendana

Sista mungkin sudah familiar dengan nama cendana. Tetapi kali ini cendana bukan merujuk pada salah satu keluarga di Indonesia. Cendana yang dimaksud adalah salah satu bahan yang biasa digunakan untuk memasak. Tidak disangka ternyata cendana bisa digunakan untuk mengatasi ketiak yang hitam. Sebaiknya gunakan cendana yang sudah berbentuk bubuk. Sehingga lebih praktis.

11. Kulit Jeruk

Banyak produk kecantikan yang mengandung vitamin C. Pasalnya zat yang satu ini memang berguna untuk memutihkan kulit. Vitamin C bisa didapatkan dimana saja. Tapi kali ini bahan yang akan digunakan adalah kulit jeruk yang seringkali disebut sebagai limbah. Sista tinggal menggosokkan kulit jeruk pada bagian ketiak yang berwarna hitam.

12. Menggunakan Batu Tawas

Tahukah sista apa itu batu tawas? Biasanya batu tawas bisa ditemukan di pasar. Batu tawas ternyata dapat digunakan untuk mencerahkan kulit yang mengalami iritasi. Dan ternyata batu tawas juga bisa mengembalikan ketiak yang hitam menjadi lebih cerah.

Cara penggunaannya, rendam dahulu batu tawas di dalam air hangat. Setelah itu diamkan hingga batu tawas menghilang dan tercampur dengan air. Kemudian oleskan air tersebut pada bagian ketiak yang hitam. Tidak hanya memutihkan ketiak, batu tawas juga dapat berguna untuk mengurangi bau ketiak.

13. Tepung Beras

Ternyata kandungan asam sitrat mampu mengangkat noda hitam yang ada pada kulit. Sehingga kulit pun bisa nampak lebih cerah. Sista bisa mencampur tepung beras dengan cuka lalu dijadikan sebagai scrub untuk ketiak yang hitam. Dengan begitu sel-sel kulit mati bisa terkelupas dan membuat ketiak nampak lebih putih.

14. Menggunakan Minyak Zaitun

Selama ini minyak zaitun memang sudah sering sekali menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan pada kulit. Minyak zaitun pun bisa mengatasi masalah sista yang memiliki ketiak yang hitam. Cukup mudah caranya, oleskan minyak zaitun pada ketiak secara rutin. Karena keampuhannya ini, tidak salah jika minyak zaitun seringkali menjadi bahan utama dari kosmetik.

Itulah 14 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketiak yang hitam. Tentunya masih ada cara yang sista bisa dilakukan. Misalnya dengan mengganti deodoran dengan yang cocok pada kondisi kulit ketiak, tidak mencukur bulu ketiak sembarangan, atau rajin membersihkan kulit ketiak setiap kali mandi.

Membersihkan kulit ketiak harus sabar dan pelan-pelan. Jika digosok justru bisa berpotensi iritasi. Demikianlah cara-cara untuk mengatasi ketiak yang hitam dengan bahan-bahan alami di sekitar kita.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

New York Salju

14 Cara Mengatasi Kulit Ketiak Yang Hitam Dengan Bahan Alami