Aneka Pilihan Cara Mencerahkan Wajah dengan Bahan Alami dan Mudah Didapat

0 183

Aneka Pilihan Cara Mencerahkan Wajah dengan Bahan Alami dan Mudah Didapat

[dropcap]L[/dropcap]adies, adalah sangat lumrah jika kalian merasa tidak nyaman dengan wajah yang tidak memancarkan kecerahan yang diinginkan. Hal ini berkaitan erat dengan rasa kepercayaan diri dan akibatnya bisa terasa secara langsung dalam hal interaksi sosial.

Kulit yang kusam sangat tidak enak untuk dilihat dan ada beberapa faktor yang berkemungkinan besar berperan dalam hal ini. Usia bisa menjadi satu penyebab. Akan tetapi, kulit terlihat menua dan kusam di usia yang terbilang muda, gaya hidup yang ladies pilih mungkin merupakan pencetus.

Aktivitas dan mobilitas tinggi membuat individu yang sibuk melupakan kewajiban mendasar dalam menjaga kulit tetap bersih.

Tidur yang kurang, wajah (dan badan secara umum) yang tidak rajin dibersihkan, olahraga yang tidak teratur, semua bisa berkontribusi dalam membuat kulit kusam dan tidak sehat. Asupan makanan yang dikonsumsi pun berperan.

Makanan berlemak tinggi dan pola konsumsi yang rendah serat membuat kulit wajah kotor dan berminyak (yang akhirnya akan mengundang kotoran menumpuk lebih banyak. Selain itu, faktor eksternal seperti lingkungan juga menjadi satu hal yang perlu diperhatikan.

Kebiasaan melakukan aktivitas dalam jangka waktu lama di tempat yang penuh debu, misalnya ladies, disadari atau tidak akan lama-kelamaan membuat kulit wajah yang terekspos menjadi tidak lagi cerah dan menarik. Debu yang memiliki ukuran partikel kecil bisa membuat pori-pori terhalang dan ujung-ujungnya akan menimbulkan jerawat.

Dan tidak ada yang menarik dari kulit yang berjerawat, ladies. Kemudian, ada faktor kekurangan cairan yang menyebabkan kulit kusam. Cairan (terutama air putih) berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Kulit yang dehidrasi akan terlihat kering dan kulit kering cenderung memaksa produksi minyak berlebihan untuk mengimbangi kelembapan.

Kosmetik yang tidak tepat pun bisa berimbas ke kulit yang terlihat menua dan kehilangan kemudaannya.

Dari begitu banyak faktor yang bisa dijadikan penyebab, tentu bisa disimpulkan bahwa langkah pertama dan yang paling sederhana dalam mengatasi masalah kulit adalah menghilangkan penyebab itu sendiri. Dengan memperbaiki apa yang salah dalam gaya hidup, misalnya, bisa saja kulit kembali mendapatkan keremajaannya kembali tanpa kita melakukan apapun secara khusus, ladies.

Tetapi, selalu ada cara untuk mempercepat proses mencerahkan wajah. Ada banyak pusat perawatan kulit yang menyediakan pilihan perawatan kulit kusam. Akan tetapi, tanpa perlu mengeluarkan uang banyak dan harus mengalokasikan waktu khusus untuk mengunjungi klinik semacam itu, wajah juga dapat dirawat dengan menggunakan bahan alami dan kebanyakan tersedia secara luas di sekitar kita.

Mungkin ada pikiran bahwa mengambil paket perawatan yang ada di klinik kecantikan adalah pilihan yang mudah, memberi hasil dengan cepat, dan tanpa harus repot mengolah bahan terlebih dahulu. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa ada baiknya kita menghindari pemaparan kulit terhadap bahan-bahan kimia artifisial yang jika salah penggunaannya malah akan memperburuk keadaan.

Mencerahkan wajah dengan memanfaatkan bahan alami yang diolah sendiri di rumah mungkin hanya akan memberi dampak berarti setelah penggunaan dalam jangka waktu lama.

Tetapi, memilih perawatan berbasis bahan kimia artifisial dan aditif akan berisiko mengekspos tubuh kepada zat yang sekalipun berefek baik terhadap kecerahan kulit tapi tidak terlalu berfungsi untuk tubuh secara umum. Akibatnya apa? Tubuh bekerja ekstra untuk membuang sampah dan bukan tidak mungkin ini berimbas kepada kulit wajah kembali.

Nah, ladies,apa sajayang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah?

– Pisang

Jangan memandang pisang sebagai hal sepele. Kandungan nutrisi di dalam buah ini cukup untuk menyuplai energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Hal yang sama membuat pisang cocok dijadikan masker untuk menyegarkan kulit.

Caranya: lumat pisang hingga halus lalu campurkan dengan minyak zaitun. Balurkan ke wajah dan diamkan selama 10 menit untuk hasil maksimal. Pilih pisang susu untuk penggunaan ini.

– Es batu

Siapa sangka hal sesederhana es batu bisa bermanfat bagi kulit. Logika di balik efektivitas es batu terletak pada suhunya yang dingin. Diusapkan langsung ke kulit, es bisa memperkecil ukuran pori-pori sehingga mencegahnya tersumbat partikel debu.

Suhu dingin juga bisa membuat kulit terlihat lebih merona pasca-pengaplikasian es batu karena tubuh akan merespons dengan cara mengalirkan darah untuk menetralkannya. Aliran darah yang kaya nutrisi akan membuat kulit lebih cerah.

– Tomat

Hancurkan tomat hingga halus, gunakan sebagai masker ke wajah. Biarkan selama 10 sampai 15 menit lalu basuh dengan air hangat. Untuk cara yang lebih mudah, belah tomat lalu gunakan langsung ke wajah selama 10 menit. Basuh wajah dengan air hangat. Tomat kaya akan antioksidan yang membantu tubuh mengusir radikal bebas.

– Labu

Senyawa zinc dalam labu pun berkhasiat mencerahkan kulit wajah. Parutlah labu dan campurkan dengan putih telur serta madu. Putih telur membantu mengencangkan kulit sementara madu menjadi agen antibiotik alami yang juga bermanfaat menghaluskan kulit.

– Alpukat

Ambil alpukat, hancurkan hingga halus, lalu balurkan ke wajah. Biarkan 15 menit lalu bersihkan. Alpukat memiliki kemampuan untuk memellihara kelembapan wajah, dan semua orang tahu kelembapan yang terjaga dan seimbang berujung kepada kulit yang bersih dan cerah.

– Putih telur

Ambillah sebutir telur, pecahkan, lalu pisahkan dari kuningnya. Tanpa perlu dikocok, oleskan merata ke seluruh permukaan wajah. Kunci mendapatkan hasil maksimal dengan masker putih telur adalah dengan membiarkannya terpasang di wajah semalaman.

Maka itu ada baiknya jika ladies sekalian mengenakan masker jenis ini malam hari sebelum tidur. Masker bisa dihapus dengan air ketika bangun di pagi harinya.

memutihkan kulit tangan

– Minyak zaitun

Radikal bebas di lingkungan sekitar berpotensi besar merusak sel-sel kulit wajah yang kemudian akan berimbas kepada penampilan yang kusam dan menua. Salah satu cara menangkalnya adalah dengan menggunakan vitamin E dan minyak zaitun kaya akan vitamin ini. Tak perlu repot ketika menggunakan minyak zaitun.

Tinggal langsung oleskan ke wajah atau bisa lewat konsumsi internal dalam bentuknya sebagai bahan masakan. Penggunaan topikal pun bisa berefek pada kesembangan kelembapan kulit wajah.

– Seledri

Siapkan dua genggam daun seledri lalu potong-potong hingga berukuran kecil. Rebus potongan seledri selama 20 menit dan kemudian biarkan hingga benar-benar dingin. Ambil air rebusan daun. Usap ke wajah secara merata. Biarkan masker air ini kering dengan sendirinya baru kemudian bersihkan wajah.

– Bengkoang

Bengkoang yang berwarna putih mengandung senyawa fenolik yang merupakan zat aktif dalam menghambat pembentukan melanin di kulit wajah. Melanin membuat produksi pigmen gelap di kulit sehingga penggunaan masker bengkoang membawa manfaat mengurangi flek hitam bekas jerawat atau penggelapan warna kulit akibat sengatan sinar matahari.

Bengkoang pun kaya akan senyawa flavonoid, vitamin C, dan saponin yang terbukti melawan radikal bebas.

Ladies, pilihan cara mencerahkan wajah secara alami memang banyak. Tetapi kunci keberhasilan dalam melakukannya adalah kesabaran dan pemahaman bahwa hasil sempurna harus pula didukung oleh perubahan gaya hidup secara menyeluruh.

Konsumsi makanan bergizi baik bagi kulit wajah dan perbanyak asupan serat untuk membantu tubuh membuang racun dan kotoran yang berbahaya bagi kecerahan kulit.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Kucing Melihat Keyboard Menyala

Aneka Pilihan Cara Mencerahkan Wajah dengan Bahan Alami dan Mudah Didapat