Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dan Sehat tanpa Risiko Besar dan Biaya Lebih

0 150

Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dan Sehat tanpa Risiko Besar dan Biaya Lebih

[dropcap]D[/dropcap]alam usaha untuk mendapatkan kulit wajah yang putih, sista mungkin akan selalu mengandalkan produk obat atau pergi ke pusat perawatan kulit demi hasil yang cepat. Sejatinya ini bukanlah pilihan yang salah selagi tidak membuat sista mengalami gangguan secara kesehatan dalam jangka waktu yang akan datang.

Akan tetapi, pilihan ini tetap menghadirkan dilema tersendiri. Produk pemutih wajah yang banyak dijual di pasaran biasanya disedakan dengan harga yang tidak murah. Dan paket perawatan yang ditawarkan klinik kecantikan, selain tidak murah, juga kemungkinan melibatkan zat kimia tertentu yang bisa jadi ketimbang memperbaiki kualitas wajah malah menambah persoalan.

Tentunya ini hanya asumsi yang sista semua tidak perlu jadikan alasan untuk menjadi paranoid. Banyak hal yang menyebabkan pilihan memutihkan wajah dengan cara instan tidak bekerja dan mungkin tidak semuanya merupakan kesalahan metode atau zat yang digunakan.

Secanggih apapun proses pemutihan wajah yang ladies pilih, jika gaya hidup yang dijalani sangat sehat, efek yang diharapkan hanya akan timbul dalam waktu lama, jika bukan tidak ada sama sekali.

Girls, memperbaiki kualitas kulit dari hal sederhana yang mendasar bisa menunjang semua metode pencerahan wajah. Jikapun zat yang dilibatkan dalam terapi pemutih wajah tidak dapat digunakan tubuh, sisanya bisa dibuang dari tubuh dengan pola diet yang tepat sehingga keberadaannya tidak menimbulkan efek buruk di kemudian hari.

Dan alangkah lebih baik apabila sista memilih beralih menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita karena kandungan organiknya akan lebih mudah dicerna dan dievakuasi keluar dari badan.

Dengan mengambil cara memutihkan kulit wajah secara alami, kemungkinan kulit semakin stres dan semakin kusam akan bisa dihindarkan sebab tidak ada proses kimia berbahaya yang terjadi dalam proses pemutihan kulit wajah.

Berikut daftar bahan yang sista bisa pilih dalam merawat kulit wajah.

1. Lemon

Secara natural, lemon mengandung sejumlah besar vitamin C yang aktif menghapus pigmentasi berlebihan pada kulit. Sifatnya yang kaya akan kandungan vitamin inilah yang menjadikan lemon sebagai salah satu bahan utama yang digunakan dalam produk pemutih wajah.

Vitamin C pun dikenal memiliki kemampuan anti-radikal bebas sehingga bisa melindungi kulit dari efek buruk lingkungan sekitar. Jika digunakan setiap hari, dalam waktu dua minggu, hasil memuaskan sudah bisa didapatkan. Tentunya sista harus rajin dan tekun serta sabar karena prosesnya memerlukan waktu.

2. Bengkoang

Leluhur kita mewariskan pengetahuan mengenai khasiat bengkoang untuk perannya dalam menjaga kecantikan wajah dan tubuh secara umum. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa warisan tersebut memiliki basis yang logis dengan kenyataan bahwa senyawa pachyrhizon dan rotenon dalam bengkoang, serta vitamin C dan B1, bisa membantu tubuh memerangi jerawat dan flek hitam yang ditimbulkannya.

Hal ini juga yang mendasari banyak produk kecantikan yang menyertakan bengkoang sebagai salah satu kandungan bahannya.

3. Susu

Salah satu bahan lain dengan khasiat yang dikenal sejak bergenerasi-generasi, susu mampu mengikis noda hitam pada wajah. Membersihkan wajah dengan susu menurunkan jumlah bintik hitam di wajah yang berujung pada penampilan kulit yang putih, bersih, dan merona.

4. Pepaya

Buah pepaya kaya akan enzim papain, senyawa yang memberikan produk berbahan dasar pepaya dipercaya memercepat proses pengangkatan sel kulit mati. Semakin menurun jumlahh tumpukan sel kulit mati, semakin cerah kulit terlihat.

5. Tahu putih

Penggunaan tahu putih untuk wajah yang lebih putih mungkin lebih ditekankan kepada perannya sebagai bahan pangan ketimbang bahan masker wajah. Tahu sangat kaya akan protein untuk membantu pembentukan sel baru (tidak hanya sel kulit wajah), kalsium, lemak baik, antioksidan untuk menangkal radikal bebas, serta berbagai macam mineral untuk menjaga kesehatan badan.

6. Nasi merah

Satu lagi bahan pangan yang bisa membuat kulit lebih cerah, nasi merah memiliki kandungan glukosa lebih rendah daripada nasi putih. Kadar gula darah yang tinggi berdampak mempengaruhi tampilan kulit wajah yang kusam. Nasi merah pun terkenal kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin B, menjadikannya bahan yang disarankan untuk dikonsumsi dan membantu kulit memperbaharui diri.

7. Air

Dikonsumsi secara oral maupun sebagai media pembersih, air adalah senjata bagi para sista untuk membuat kulit sehat dan cerah. Air, terutama air mengalir, membawa kotoran lepas dari permukaan kulit. Air minum yang dikonsumsi cukup mampu melarutkan racun dan kotoran dalam tubuh dan membawanya keluar.

Air putih menghindarkan kulit dari dehidrasi sehingga kelembapan terjaga.

8. Kacang-kacangan

Aggapan awam yang ada selama ini adalah kacang membuat jerawat timbul di wajah. Ini anggapan salah. Jerawat timbul dengan alasan hormonal dan kebersihan. Kacang justru mengandung zinc dan selenium—dua mineral yang malah membantu kerja vitamin E dalam memperbaiki kulit wajah, terutama dalam hal menyembuhkan jerawat pada wajah.

Sekadar pertimbangan, sekalipun kacang adalah bahan makanan sehat, cara pengolahannya bisa mempengaruhi kandungan lemak baik di dalamnya. Untuk itu pilih kacang yang diproses dengan oven daripada yang digoreng.

9. Bawang putih

Bukan rahasia lagi jika banyak yang menghindari bawang putih karena baunya yang tajam. Tetapi tahukah sista bahwa bawang putih mengandung zat antibkteri dalam jumlah besar? Hal ini membuat bawang putih memiliki potensi untuk membantu kulit melawan kuman penyebab jerawat.

Bagi sista yang toleransinya rendah terhadap aroma bawang putih bisa mengonsumsinya dengan cara dicampurkan ke dalam salad, sambal, atau masakan lain. Tetapi cara konsumsi paling sehat untuk mendapatkan hasil maksimal adalah memakannya mentah-mentah.

pemutih muka tradisional

10. Ubi jalar

Dikenal juga sebagai ketela rambat, konsumsi bahan pangan yang satu ini bisa melancarkan dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah serta memperbaiki suasana hati. Mood yang stabil dapat mengurangi stres yang berakibat pada kult yang terlihat lebih segar.

11. Minyak zaitun

Minyak zaitun berfungsi menjaga kelembapan kulit sehingga terhindar dari kekeringan. Oleskan minyak zaitun langsung pada kulit wajah, biarkan selama 15 menit, lalu cuci besih dengan air hangat yang diikuti air dingin.

12. Air beras

Ada 8 macam asam amino esensial yang terdapat dalam air beras. Air beras berfungsi baik dalam membantu mempercepat regenerasi baik sel kulit maupun sel otot.

13. Lidah buaya dan jeruk nipis

Masker yang dibuat dari campuran kedua bahan ini bisa membuat kulit tampak putih dan sehat. Racikan yang sama juga ampuh mengatasi peradangan jerawat serta mengikis noda hitam bekas jerawat di wajah.

14. Tomat dan jeruk nipis

Keduanya mengandung antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas serta vitamin C yang mampu meremajakan kulit wajah.

15. Madu dan lemon

Lemon mampu membersihkan wajah sambil meningkatkan kadar kesegaran kulit dengan cara mengangkat kelebihan minyak, sementara madu akan memelihara kelembapan dan kelembutan kulit wajah.

16. Apel dan jeruk nipis

Campur parutan buah apel dengan jeruk nipis, oleskan ke permukaan wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit sebelum dibersihkan dengan air.

17. Masker wajah berbahan dasar kunyit

Properti antibiotik dan antibakteri dalam kunyit bisa dimanfaatkan untuk mencegah kuman yang berakibat jerawat timbul, yang akhirnya akan mampu mencegah kemunculan noda hitam pada wajah sista. Variasi campuran bisa meliputi susu bubuk putih, madu, air mawar, dan oatmeal.

Pilih salah satu untuk mendapatkan hasil maksimal. Campuran kunyit-susu akan memberi nutrisi pada kulit wajah dan memutihkannya. Campuran kunyit-madu bermanfaat melembapkan kulit dan mencerahkannya.

Sementara kunyit-air mawar bisa membuat kulit lebih kenyal dan rileks serta memberikan rona segar pada wajah. Kunyit-oatmeal akanmembentuk butiran scrub yang bisa digunakan untuk melepaskan sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih bersih dan bersinar.

Nah, ladies, demikian pemaparan bahan yang bisa digunakan untuk cara memutihkan kulit wajah secara alami. Semua mudah didapatkan, bukan? Sekarang sista semua tidak perlu lagi harus menyisihkan waktu untuk berkunjung ke klinik kecantikan atau menganggarkan dana lebih untuk produk pemutih wajah.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Kucing Menutup Mata

Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dan Sehat tanpa Risiko Besar dan Biaya Lebih