Jangan Lupa Coba Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah Berikut!

0 313

Jangan Lupa Coba Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah Berikut!

[dropcap]M[/dropcap]emutihkan wajah secara alami adalah upaya memutihkan kulit wajah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti buah, sayur, maupun tanaman herbal lain. Selain mudah dan murah, menggunakan bahan-bahan alami ini juga jauh lebih aman ketimbang dengan menggunakan produk kosmetika yang belum tentu cocok dengan kulit kita.

Bahkan kita juga tidak tahu persis, bahan apa yang sebenarnya terkandung didalam kosmetik tersebut.

Apalagi kalau produknya illegal dan tidak jelas komposisinya. Ditambah lagi harganya relatif murah dengan iming-iming janji akan cepat putih. Jadi, tidak aneh kalau ada saja sebagian orang yang percaya dan mau membelinya tanpa memikirkan bagaimana efek samping ke depannya.

Tapi, meski mungkin tidak semua produk kosmetik buatan itu berbahaya, kita harus tetap selektif dan hati-hati. Jangan mudah terpincut dengan iklannya!

Mengapa lebih baik menggunakan masker alami untuk memutihkan wajah?

Masker alami meski harganya mumer alias murah meriah dan efeknya tidak langsung terlihat, tapi penggunannya jauh lebih aman sis. Selain itu, masker alami ini cocok digunakan oleh siapa saja, mau orang dewasa atau anak-anak sekalipun. Bahannya juga mudah kita temukan dimana saja dan cara pengaplikasiannya sangat praktis dan bisa dikerjakan sendiri di rumah.

Yang terpenting dalam perawatan dengan masker alami untuk memutihkan wajah ini yaitu harus dilakukan secara rutin kapan saja minimal 2x sehari. Tapi disarankan bagusnya malam hari sebelum kita tidur, supaya pori-pori kulit bebas dari debu, kotoran, bakteri, dan sisa make-up. Jadi ketika bangun pagi, wajah jadi lebih kencang.

So, bagi sista yang tidak mau terancam dengan bahaya produk kecantikan dan mau kulitnya sehat alami. Mending beralih mulai dari sekarang yuk!

Bahan-bahan masker alami untuk memutihkan wajah:

1. Memutihkan Wajah Dengan Masker Tomat

Kandungan vitamin C dan air didalam buah tomat sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Selain itu, tomat juga bisa menjaga kulit supaya terhindar dari kerusakan, seperti kulit kering, kusam, dan timbulnya jerawat. Masker tomat juga bisa membuat kulit terlihat halus, karena tomat mampu membuat pori-pori kulit mengecil.

Cara Pengaplikasiannya: Bersihkan wajah sampai bersih. Siapkan 1 buah tomat matang dan cuci hingga bersih. Kemudian belah tomat menjadi 2 bagian, lalu gosok pelan ke area kulit wajah. Diamkan sekitar 15-20 menit dan terakhir bilas dengan air dingin.

2. Memutihkan Wajah Dengan Masker Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk membersihkan sel kulit mati. Sedangkan asam amino glutaminnya dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet, polusi, dan efek buruk lainnya. Jadi, kalau sista rajin pakai masker alpukat, kulit bisa jadi lembab terus.

Cara Pengaplikasiannya: Bersihkan wajah dengan air hangat lalu oleskan daging buah alpukat di kulit wajah. Daging buahnya terserah mau dipotong-potong aja atau dihancurkan jadi krim buat maskernya. Diamkan kurang lebih 25 menit saja, bilas pakai air dingin.

3. Memutihkan Wajah Dengan Masker Buah Pisang+Madu

Bahan alami selanjutnya adalah masker campuran buah pisang dan madu. Pisang mengandung vitamin B, C, B6, kalsium, fosfor, magnesium, dan besi. Kandungan vitamin C nya bermanfaat sekali untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Cara Pengaplikasiannya: Bersihkan wajah, buah pisang yang matang dibuang dari kulitnya lalu dihaluskan dan campurkan 1-2 sendok madu. Oleskan masker ke seluruh wajah, diamkan hingga mengering. Bilas dengan air dingin.

4. Memutihkan Wajah Dengan Masker Putih Telur

Sudah bukan rahasia lagi kalau didalam dunia kecantikan putih telur sering digunakan untuk perawatan kulit. Salah satunya adalah untuk mengencangkan dan memutihkan kulit.

Cara Pengaplikasiannya: Seperti biasa wajah dibersihkan terlebih dahulu. Siapkan 1 butir telur (usahakan telur ayam kampong). Pecahkan telur dan ambil putihnya saja, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan ± 15-30 menit hingga mengering. Kemudian bilas bersih.

5. Memutihkan Wajah Dengan Masker Yoghurt+Madu

Yoghurt dapat membantu proses peremajaan kulit melalui pengelupasan kulit.
Cara Pengaplikasiannya: Bersihkan wajah dengan air hangat. Siapkan yoghurt secukupnya saja lalu campurkan dengan madu. Oleskan masker ke seluruh area kulit wajah, diamkan 15 menit. Bilas dengan air dingin.

6. Memutihkan Wajah Dengan Masker Air Beras

Kandungan antioksidan dalam beras yang bernama asam ferulic allantoin, sangat bermanfaat untuk mencerahkan dan melindungi kulit dari berbagai kerusakan karena sifat anti inflamasinya.

Cara Pengaplikasiannya: Siapkan wadah dan masukan 4 sendok makan beras lalu campur dengan air dingin. Kocok wadah yang berisi campuran tadi hingga airnya berwarna putih susu. Ambil kapas lalu celupkan ke dalam air beras tadi. Letakkan kapas ke seluruh permukaan kulit wajah dan diamkan maksimal 30 menit. Basuh dengan air dingin.

menjaga kulit wajah

7. Memutihkan Wajah Dengan Masker Bengkoang

Bengkoang paling sering dimanfaatkan sebagai masker alami untuk memutihkan wajah karena kandungan vitamin C dan B1 nya yang sangat baik dan bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Bukan hanya dimanfaatkan sebagai masker tradisional alami saja, tapi bengkoang juga banyak dijadikan sebagai bahan utama produk-produk kecantikan yang dijual di pasaran.

Cara Pengaplikasiannya: Siapkan bengkoang lalu kupas kulitnya dan cuci dengan air. Kemudian haluskan bengkoang (boleh diblender atau diparut). Setelah wajah dibersihkan, oleskan saja langsung masker bengkoang yang sudah halus tadi ke wajah.

Biarkan selama beberapa menit hingga mengering, lalu bilas wajah dengan air dingin setelahnya.

Selain dengan memanfaatkan bahan-bahan alami diatas untuk memutihkan kulit, kita juga harus teratur menjalani pola hidup sehat sista. Berikut ini penjelasannya.

1. Menjalankan pola hidup dan pola makan sehat

Salah satu penyebab kenapa kulit jadi kusam dan hitam adalah karena pola hidup yang tidak teratur. Yang mandi, makan dan tidurnya tidak teratur, jangan harap kalau kalian bisa memiliki kulit putih bersih dan sehat. Maka dari itu, mulailah belajar merubah pola hidup sehat yang teratur dari sekarang!

2. Cukupi asupan mineral untuk tubuh

Air putih mempunya segudang manfaat buat tubuh kita. Kalau kita kurang minum, biasanya nanti sista bisa terkena dehidrasi. Dehidrasi ini efeknya juga cukup buruk, karena bisa membuat kulit jadi kusam dan kering. Makanya, meski hal ini terlihat sepele, tapi jangan abaikan kebutuhan asupan mineral buat tubuh kita. Perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari.

3. Jauhi Asap Rokok

Asap rokok bisa mempercepat proses keriput di kulit dan membuat kulit menjadi rusak. Kalau sista merokok atau sering dekat dengan orang yang merokok, sebaiknya berhenti merokok atau jauhi orang merokok tersebut. Karena, selain bisa merusak kulit, rokok juga bisa memicu resiko penyakit berbahaya lain.

4. Jangan Stress

Apa hubungannya ya stress sama kulit wajah?

Jangan salah lho sis, stress itu bisa mengganggu kesehatan kulit juga, salah satunya menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi, usahakan sista jangan stress dan hindari diri selalu dari hal-hal yang bisa memicu stress. Seringlah refreshing kalau pas lagi ada waktu luang supaya tidak stress!

Semoga bermanfaat. Salam cantik.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Kapal Setengah Tenggelam

Jangan Lupa Coba Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah Berikut!