Putihkan Wajah Secara Alami

0 115

Putihkan Wajah Secara Alami

[dropcap]S[/dropcap]iapa yang tidak ingin wajahnya terlihat putih berseri? Bila ditanya satu-persatu, para ladies semua pasti ingin wajahnya tampak putih dan bercahaya.

Kalau anak muda sekarang bilangnya kinclong. Hal tersebut sudah lumrah, sebab para wanita memang ‘dianugerahi watak’ untuk selalu ingin terlihat cantik dan indah. Dan salah satu bentuk keindahan itu ada pada wajah yang putih dan berseri.

Lalu adakah cara memutihkan wajah dengan alami? Ada, berikut ulasan singkatnya!

Beberapa Cara Alami Memutihkan Wajah

Sebetulnya, kebiasaan memutihkan wajah telah menjadi tradisi turun-temurun di Nusantara. Dari dulu, para orang tua selalu menganjurkan anak gadisnya memakai bedak alami dari tepung beras. Ada juga cream alami yang terbuat dari ramuan jamu yang ditumbuk halus lalu dioleskan ke wajah.

Yang jelas, masing-masing daerah di Indonesia memiliki caranya sendiri untuk urusan pemutihan wajah tersebut.

Cara memutihkan wajah alami yang diajarkan dari dulu ternyata masih sering dipraktikkan saat ini. Bagi para ladies yang ingin tahu obat-obatan alami pemutih wajah tradisional tersebut, berikut ulasannya.

1. Masker putih telur dan jeruk nipis

Putih telur kaya akan protein. Di dalam dunia kedokteran, segala hal yang menyangkut protein umumnya dikenal bewarna putih, seperti daging ikan, telor, beras, daging ayam daging buah manggis, bawang putih, susu, serta daging rambutan.

Khusus untuk zat pemutih wajah, para ladies semua dapat menggunakan campuran putih telor dengan air perasan jeruk nipis. Perpaduan keduanya akan menjadi masker untuk wajah yang besar efeknya. Ramuan ini tidak akan berbau amis, sebab bau anyir pada putih telor telah dinetralkan oleh air jeruk nipis.

Jadi, bila para ladies mengoleskannya ke wajah, tidak akan menimbulkan bau tidak sedap.

2. Pemutihan susu

Banyak obat pemutih modern yang dijual di toko-toko baik berupa cream dan sabun mandi memasukkan unsur susu di dalamnya. Hal ini terbilang wajar karena susu merupakan zat berprotein tinggi yang dapat membantu pemutihan pada wajah.

Cara memutihkan wajah dengan susu dapat dilakukan dengan menggunakan susu alami maupun susu bubuk. Namun sedapat mungkin hindari penggunaan susu kaleng karena susu tersebut telah dicampur glukosa dalam jumlah besar. Ingat, bila gula terlalu banyak menempel pada kulit, akan menimbulkan warna gelap pada permukaan kulit.

Hal ini tentu kontraproduktif dengan upaya pemutihan kulit.

Susu yang paling baik digunakan adalah susu perah asli. Teknis penggunaannya cukup dengan membilas wajah dengan kain yang telah dituangkan 3-4 sendok susu cair. Lakukan pengolesan tersebut secara teratur selama 3 minggu berturut-turut. Rasakan hasilnya.

3. Khasiat Bengkoang dan Alpukat

Buah Bengkoang memiliki banyak manfaat. Selain mengandung serat dan kadar air yang tinggi, buah mengkoang dapat membantu memutihkan wajah. Caranya penggunaannya sangat mudah. Para ladies cukup memarut 1 atau 2 buah mengkoang hingga halus, setelah itu oleskan ke wajah selama 30 menit setiap hari. Hasilnya akan sangat terasa bila dilakukan secara rutin. Ingat, buah mengkoang adalah bahan dasar pembuatan berbagai cream wajah yang banyak diiklankan di TV.

Selain buah mengkoang, ternyata buah alpukat juga dapat memutihkan wajah lho. Alpukat sangat cocok digunakan sebagai pemutih kulit khususnya bagi yang kulitnya kering. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung zat yang dapat melembabkan kulit.

4. Pengobatan dengan madu

Pernahkah para ladies melihat madu dipanaskan hingga mendidih? Ya, madu yang dipanaskan akan mengeluarkan gelembung-gelembung putih.

Gelembung tersebut adalah protein tingkat tinggi yang terisi udara. Bila madu tersebut dioleskan ke wajah, maka mekanisme yang sama juga akan terjadi. Pori-pori kulit pada wajah akan terisi protein yang dimiliki madu, dan kandungan zat pemutih di dalam madu akan ke luar seiring akitvitas dan metabolisme tubuh.

Ingat, madu memiliki zat antibiotik dan punya kandungan protein yang tinggi. Pengobatan dengan madu cukup dilakukan sekali seminggu, misalnya di akhir pekan selama 30 menit saja. Lakukan secara teratur selama satu bulan penuh. Percaya atau tidak, kulit wajah kalian akan tampak lebih segar dan lebih putih dari biasanya.

wajah alami

Perlakuan Aktivitas Tubuh

Memiliki kulit wajah bewarna putih dan berseri tidak selalu harus diperoleh dengan asupan makanan. Beberapa pakar kosmetik dan ahli kulit justru menyarankan para wanita untuk menerapkan pola hidup sehat guna memperoleh kulit yang putih, kencang dan sehat. Adapun beberapa pola hidup tersebut seperti tertera pada uraian berikut.

1. Biasakan tidur di awal malam

Meski terdengar sepele, tapi perlakuan sederhana ini besar artinya bagi kesehatan kulit. Tubuh yang mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat akan memberikan dampak besar pada kondisi kulit. Hal ini dikarenakan, tubuh dapat melakukan metabolisme gula, protein dan lemak secara seimbang, dengan catatan bila istirahat dirasa cukup.

Bagi kulit, pigmen kulit akan menjadi putih selama proses detoksifikasi tubuh berlangsung. Jadi, para ladies jangan membiasakan pola hidup bergadang ya!

2. Biasakan bangun beberapa saat sebelum subuh

Percaya atau tidak, orang yang selalu bangun di awal subuh, akan terlihat lebih segar wajahnya di siang hari, sesibuk apapun dia. Hal ini disebabkan oleh suasana subuh yang lebih segar bagi pori-pori kulit. Peredaran darah akan lebih lancar saat subuh karena didukung asupan oksigen yang lebih banyak.

3. Biasakan berjemur minimal 20 menit di pagi hari

Sinar alami ultraviolet mampu mengencangkan kulit dan membantu pembentukan pigmen putih pada kulit. Adapun waktu yang dirasa tepat untuk berjemur adalah antara jam 07.00- 09.00 WIB. Pada saat itu, cahaya matahari belum terlalu panas.

4. Jangan merokok dan jauhi makanan/minuman beralkohol

Tahukan kalian bahwa merokok dapat menghitamkan kulit? Begini! Asap rokok yang dihirup setiap hari akan berkumpul di dinding paru-paru. Tahu paru-paru fungsinya buat apa? Ya, paru-paru adalah organ yang menyuplai darah bersih ke seluruh tubuh. Darah yang bersih hanya akan diperoleh bila paru-paru kayak dengan oksigen, bukan dengan karbondioksida ala asap rokok.

Nah, bila para ladies merokok maka darah yang mengalir ke wajah pun sudah pasti bukan darah yang bersih, karena berasal dari paru-paru yang kotor. Itulah mengapa para perokok umumnya memiliki wajah yang terlihat kusam, hitam dan kadang kumal. Hal itu dikarenakan faktor darah yang bewarna hitam berada di bawah kulitnya.

Sejalan dengan efek rokok, minuman/makanan beralkohol pun punya proses yang hampir sama. Perbedaannya adalah bila rokok lebih mempengaruhi paru-paru, maka alkohol akan mempengaruhi hati. Hati adalah organ yang bertujuan membersihkan darah dan menghancurkan lemak.

Bila hati dipenuhi zat alkohol yang cenderung merusak sel, maka bisa dipastikan darah yang ke luar-masuk hati adalah darah kotor. Bila darah ini mengalir ke bagian wajah, maka wajah akan terlihat kusam, hitam dan tidak bercahaya. Itulah mengapa, orang yang terserang penyakit liver, wajahnya akan terlihat hitam pada bagian bawah pipi, bawah kelopak mata dan di sekitar bibir.

So, hati-hati ya dengan pola hidup tidak sehat ini!

Itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui seputar kesehatan wajah. Memiliki wajah yang putih dan sehat tentu impian kalian semua, paraladies. Oleh sebab itu, melakukan tindakan positif dan mengetahui cara memutihkan wajah dengan alami adalah kunci utama untuk mewujudkan impian tersebut.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Gaun Fiber Optic

Putihkan Wajah Secara Alami