Tips Sederhana untuk Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Alternatif Cara Membuat Wajah Tampak Lebih Putih

0 147

Tips Sederhana untuk Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Alternatif Cara Membuat Wajah Tampak Lebih Putih

[dropcap]M[/dropcap]emiliki kulit wajah yang putih berseri merupakan sebuah kualitas yang menjadi dambaan semua kaum hawa. Tapi, sis, banyak sekali yang melupakan hal mendasar yang diperlukan untuk membuat kulit wajah tampak lebih putih tanpa bantuan rias wajah: menjaga area tersebut tetap higienis.

Ketika pun seseorang telah melakukan segala sesuatu untuk merawat wajah, banyak juga yang tidak mengerti bahwa pemilihan produk perawatan harus menyesuaikan diri dengan tipe kulit yang dimiliki. Kesalahan dalam penerapan malah bisa mengakibatkan kulit semakin menderita kerusakan dan pada akhirnya, terlihat kusam dan tua.

Perawatan kulit tidak hanya bermanfaat secara estetis tetapi juga fisiologis. Ini berarti, jika sista semua mau meluangkan waktu sejenak untuk peduli pada kualitas kulit wajah, sista tidak hanya akan mendapatkan kulit putih bersemi yang cemerlang tetapi juga kulit sehat yang mampu menjalankan fungsi mendasarnya sebagai pelindung tubuh pertama terhadap lingkungan luar.

Percuma sista semua mempunyai kulit yang putih tetapi rentan terhadap serangan bakteri, misalnya. Intinya, kulit yang sehat akan serta-merta membawa efek kecerahan tersendiri, tinggal bagaimana cara membuat wajah putih agar nilai kecantikan sista bertambah.

Banyak yang kemudian beralih kepada penggunaan obat dan terapi tertentu yang disediakan klinik-klinik kecantikan. Ini bukan sesuatu yang salah tentunya—selama obat dan metode terapi yang dimaksud tidak membahayakan jiwa.

Akan tetapi, alangkah lebih baik jika usaha yang dilakukan untuk memutihkan wajah tidak melibatkan bahan kimia tambahan yang tidak diperlukan tubuh atau malah justru berbahaya jika dikonsumsi reguler. Dan bukan tidak mungkin berbagai metode pemutihan kulit malah membuat kulit menderita stres berlebih dan kemudian menimbulkan masalah lebih jauh lagi.

Jadi solusinya apa?

Biasanya hanya dengan melakukan perawatan mendasar secara reguler sudah cukup menangkal efek kusam dan penuaan dini pada wajah. Tentunya hal ini memerlukan ketekunan agar membuahkan hasil. Kebersihan adalah yang utama. Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sista semua sentuh dengan tangan, disadari atau tidak.

Dan tangan biasanya dipenuhi kuman sebagai efek samping fungsi utamanya. Maka itu, rajin mencuci tangan berakibat pada wajah yang terhindar dari risiko terpapar bakteri atau virus. Setiap kali hendak mencuci muka, usahakan agar air yang digunakan adalah air mengalir.

Air diam (seperti yang ada di dalam bak mandi) memiliki risiko kontaminasi lebih tinggi sehingga ketika digunakan untuk mencuci muka, air tersebut akan berkontribusi menambah jumlah bakteri yang mungkin menempel di kulit.

Sambil mencuci muka, biasakan memijat wajah agar asupan darah meningkat. Semakin lancar peredaran darah, semakin mudah bagi tubuh untuk menyuplai gizi ke kulit dan mengangkut kotoran dari sana. Pemijatan juga sebaiknya diberikan setiap kali hendak tidur.

Hal ini bermanfaat untuk melepaskan stres yang dialami kulit setelah seharian beraktivitas dan pada akhirnya akan menjaga rona kulit wajah yang alami. Untuk rangkaian produk pembersih dan penyegar wajah, selalu gunakan yang cocok untuk tipe kulit yang sista miliki.

Jika perlu, konsultasikan dengan dokter spesialis terlebih dahulu untuk lebih meyakinkan. Aplikasikan produk secara reguler di pagi dan malam hari, serta aplikasikan pula setiap kali sista hendak bepergian ke luar rumah.

Jangan lupakan pelembap dan tentunya gunakan yang sesuai dengan tipe kulit. Pelembap membantu menjaga keseimbangan kondisi kulit dari luar dan ini penting karena berkaitan erat dengan elastisitas kulit.

Untuk sista yang aktivitasnya mayoritas berada di luar rumah, gunakan pelembap yang mengandung SPF dan PA++ untuk menangkal efek buruk paparan UVA dan UVB—yang bisa mengakibatkan flek hitam timbul.

Jagalah kekencangan kulit dengan cara berolahraga teratur serta konsumsi vitamin E untuk menangkal radikal bebas dari dalam. Sebosan apapun, sis, jangan pernah tinggalkan air putih. Air putih membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit dari dalam serta menjaga konsistensi kekenyalan kulit.

wajah gadis cantik

Air putih pun bisa mengusir racun dari dalam tubuh sehingga kulit terlihat lebih putih dan cerah. Aplikasikan masker wajah secara teratur, paling tidak 2 kali dalam satu minggu. Fungsinya adalah untuk membersihkan wajah dari kotoran secara lebih menyeluruh dan memberikan nutrisi kepada kulit wajah dari luar.

Sangat disarankan bagi sista semua untuk memilih bahan masker wajah yang sepenuhnya bersifat alami. Memang untuk meraciknya diperlukan waktu, belum lagi faktor kelelahan pasa-beraktivitas seharian. Tetapi selalu luangkan waktu dan energi untuk ini agar wajah tidak semakin kusam dan sista pun bisa menghemat lebih banyak biaya.

Vitamin C dan B1 dalam bengkoang merupakan senyawa ampuh untuk membuat wajah tampak lebih putih. Bekas jerawat yang menghitam pun bisa dihilangkan dengan bengkoang. Caranya, kupas bengkoang lalu cuci bersih. Parut halus bengkoang lalu peras airnya.

Diamkan air perasan itu selama setengah jam maka akan timbul endapan di dasar wadah. Endapan inilah yang akan digunakan sebagai masker untuk diaplikasikan ke wajah. Biarkan 15 menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat dan diakhiri dengan air dingin.

Jeruk nipis yang kaya vitamin C dan antioksidan juga bisa, sis, dijadikan cara membuat wajah putih. Keduanya bekerja untuk memberikan pori-pori yang tampak mengecil, rona kulit yang cerah, serta membuat kulit lebih halus. Ambil jeruk nipis secukupnya lalu peras airnya. Oleskan ke wajah lalu biarkan selama 20 menit. Cuci wajah dengan air hangat dan kemudian dingin.

Kolagen dan lastin dalam buah apel berkhasiat dalam mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Kupas apel, haluskan dengan blender tanpa air, lalu balurkan lumatan apel langsung ke wajah secara merata. Biarkan 30 menit lalu cuci denganair hangat-dingin.

Tomat sebagai buah kaya antioksidan dipercaya mampu memerangi radikal bebas agar kulit lebih sehat. Tomat mampu memerangi efek buruk paparan sinar matahari dan mengurangi komedo. Haluskan satu buah tomat lalu campur dengan madu. Aplikasikan ke wajah dan biarkan 15 menit. Cuci wajah dan dapatkan kulit yang cerah.

Sista juga dapat menghaluskan daging buah alpukat dan menggunakannya sebagai masker wajah. Biarkan 15 menit dan bersihkan. Alpukat kaya akan vitamin C dan E yang bermanfaat mengatur kelembapan kulit wajah dan memberinya nutrisi yang dibutuhkan.

Teratai juga bisa dijadikan alternatif cara membuat wajah putih, sis. Sista hanya perlu mengambil kelopak bunga teratai untuk dihaluskan dengan cara ditumbuk. Tambahkan madu dan susu sehingga membentuk konsistensi pasta lalu oleskan ke wajah. Gunakan sekali seminggu secara rutin.

Hancurkan buah stroberi secukupnya untuk dijadikan maker. Balurkan lumatan stroberti ini langsung ke kulit wajah secara merata. Biarkan 10 menit lalu bersihkan dengan air mawar untuk hasil maksimal.

Madu memiliki propert antibiotik dan antibakteri yang bermanfaat menghambat infeksi kuman pada kulit. Madu pun dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang membuat kulit terlihat awet muda. Tanpa dicampur apapun, oleskan madu ke area wajah dan leher. Setelah kering, bersihkan dengan air mengalir.

Kulit yang segar dan cerah juga bisa didapatkan melalui masker mentimun. Lumatkan mentimun lalu tambahkan madu murni secukupnya. Oleskan ke wajah dan leher lalu bersihkan setelah 15 menit. Gunakan racikan ini secara rutin setidaknya sekali seminggu untuk hasil yang sempurna.

Usahakan untuk selalu menggunakan air hangat dan air dingin guna membersihkan produk masker dari wajah. Air hangat berfungsi membuka pori sehingga dapat mudah membantu pengeluaran kotoran atau sisa bahan masker secara mendalam. Sementara itu air dingin akan membantu menutup pori kembali untuk menyegel kelembapan dan sehingga penyerapan nutrisi dari masker terjadi lebih menyeluruh.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Leo Kate James Cameron

Tips Sederhana untuk Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Alternatif Cara Membuat Wajah Tampak Lebih Putih