Berikut Ini Fakta-Fakta Si Ketombe Nakal dan Penyebabnya!

0 138

Berikut Ini Fakta-Fakta Si Ketombe Nakal dan Penyebabnya!

Ketombe ato dikenal juga sebagai Pityriasis Simpleks Capilliti berpengaruh banget di kulit kepala dan bisa nyebabin munculnya serpihan kulit berwarna putih. Sel-sel kulit kepala kita selamanya bakal memperbarui diri mereka sendiri, jadi sel kulit mati pun mengelupas jadi kotoran dan bikin kulit kepala kerasa gatel.

Pas sel-sel kulit di kulit kepala kita diperbaharui, maka sel kulit yang lama bakal kedorong ke permukaan dan keluar dari kulit kepala. Ketombe ini umumnya terjadi karena kulit kepala sering kena suhu ekstrim.

Orang yang kulit kepalanya banyak ketombe bisa ngalamin iritasi juga dan kulit kepala jadi kemerahan. Beberapa orang bahkan ga pede karena kepalanya ketombean. Apalagi kalo lagi deketan sama doi tuh sis, kalo si doi tau kepala sista banyak ketombenya, kira-kira gimana ya ekspresinya? Hihihi… bisa-bisa ilfeel kali yah dia!

Ketombe muncul biasanya akibat kulit kepala berminyak dan sebagian kalangan bahkan sampai ngalamin ketombe parah seiring sama usianya yang makin lanjut.

Emang, apa ketombe itu?

Ketombe merupakan kondisi dimana terjadi pengelupasan sel-sel kulit mati, dan si kulit mati itu nempel dan berserakan kayak sampah di kulit kepala. Rasanya juga gatel dan kalo terlalu nafsu ngegaruknya, kulit kepala nanti bisa jadi luka akibat kena kuku.

Apa aja penyebab ketombe?

Ketombe biasanya muncul disebabin sama beberapa hal berikut:

– Kulit kepala ngalamin infeksi jamur, akibatnya kulit jadi ngelupas. Kalo dalam dunia medis biasa disebut dermatis seboroik. Faktor ini merupakan faktor terbesar yang jadi penyebab utama ketombe muncul.

– Faktor cuaca dan suhu ekstrim juga bisa ngedorong munculnya ketombe. Cuaca dan suhu yang ekstrim bisa bikin kulit kepala jadi lembap, keringetan dan gatel. Makanya orang sering garuk-garuk kepala, dan muncullah ketombe.

– Faktor yang ketiga ini berbentuk penyakit kulit yang ditandain sama kulit bersisik berwarna kemerahan diiringin rasa perih ato gatel yang disebut psosiaris. Kalo sista kena psosiaris, biasanya sering garuk-garuk kepala dan ngakibatin ketombe jadi makin banyak.

– Faktor selanjutnya adalah kulit kering. Sebenernya para pakar kecantikan udah neliti kalo kulit kering itu bukan penyebab ketombe di kepala. Dan katanya sih faktor ini cuma mitos.

– Faktor usia. Dengan semakin menuanya usia seseorang, maka ketahanan sel-sel kulit kepala bakal makin lemah dan cenderung gampang ngelupas jadi ketombe.

Gimana gejala rambut yang kena ketombe?

Gejala ketombe bisa diliat dan dirasain sendiri, gejala yang biasanya muncul diantaranya:

– Rasa gatel di kulit. Rasa gatel ini bisa makin kerasa panas kalo kulit kepala keringetan.

– Muncul serpihan-serpihan kulit mati di rambut, dan kalo sista pakai pakaian yang warnanya gelap, biasanya serpihan ketombe ini suka keliatan dan nempel di kulit.

Apa aja komplikasi yang ditimbulin sama ketombe?

Komplikasi yang timbul akibat ketombe adalah luka infeksi di kepala karena rasa gatel yang makin menjadi, biasanya orang ga tahan buat terus garuk-garuk kepalanya. Makanya kulit kepala jadi pada lecet dan infeksi. Bekas luka infeksi di kepala ga bakal bikin rambut tumbuh lagi alias pitak.

Sering sampoan apa bisa ngilangin ketombe?

Engga. Nyuci rambut pakai sampo cuma bisa ngontrol ketombe karena adanya pijetan di kepala. Pijetan ini bakal ngeganggu habitat alami ketombe dan ngendaliinnya. Meski sampoan itu penting, tapi bukan berarti nyampo terus setiap hari ya. Cuci rambut 1x tiap hari buat ngendaliin produksi ketombe berlebih.

Apa ketombe nular?

Yup, ketombe merupakan infeksi jamur superfisial malassezia dan bakal nyebar kalo barengan pakai sisir. Tapi, ketombe ga bakal nyebar kok kalo cuma duduk di sebelah orang yang ketombean.

Bener ga mitos ketombe cuma bisa nyerang kulit kepala yang kering?

Meskipun ketombe identiknya diderita orang yang kulit kepalanya kering, tapi kondisi ini juga bisa nyerang orang yang kulit kepalanya berminyak. Infeksi jamur malassezia penyebab ketombe bisa nyerang kulit kepala yang kering atopun berminyak.

Apa cuma orang dewasa yang ketombean?

Engga kok. Remaja juga bisa kena ketombe. Kelenjar keringet remaja belum full berkembang secara alami buat ngehambat segala jenis infeksi jamur di kulit kepala.

Apakah produk rambut baik buat ketombe?

Produk rambut kenyataannya ga baik buat ketombe. Penyakit rambut ato infeksi sampo anti ketombe emang bisa ngebantu, tapi produk-produk ini bisa makin memperparah masalah ketombe. Hindarin juga gel ato foam karena itu juga bisa memperburuk ketombe.

Apakah ketombe bakal berkurang kalo kepala tertutup?

Ga ada hubungannya nutupin kepala sama ketombe berkurang. Faktanya, malah bisa memperparah kondisi ketombe karena keringet ga bisa nguap.

Apa suhu dingin bisa memicu ketombe?

Bener bhangat. Karena orang cenderung ngurangin rutinitas cuci rambut akibat cuaca dingin. Makanya kepala bisa ketombean kalo jarang keramas.

Serius ketombe bisa dihapus cuma dalam 1 langkah?

Ini sama sekali hoax. Meski produk-produk sampo banyak yang ngeklaim begitu. Tapi sampai sekarang ga ada produk kosmetik modern yang bener-bener bisa ngilangin masalah ketombe cuma dalam 1 langkah.

Apakah blow dry bisa ngurangin ketombe?

Blow dry emang bisa bantu sista mempercantik rambut dalam semalam. Tapi itu sama sekali ga bakal ngurangin ketombe. Bahkan blow dry bisa ningkatin ketombe lho! Jadi ga bener itu.

Apakah ketombe disebabin sama kurangnya kebersihan?

Betul sekali. Pas rambut ga dicuci selama beberapa hari, ketombe bakal anteng berkembang biak di kepala. Makanya, jangan lupa keramas pakai sampo, ato sesekali dateng ke salon buat perawatan rambut.

Gimana cara mencegah ketombe?

Mencegah ketombe yang paling efektif adalah dengan rajin keramas pakai sampo khusus pencegah ketombe minimal 2 hari sekali.

Gimana cara ngatasin ketombe?

– Cara paling ampuh adalah keramas pakai sampo anti ketombe sesuai jenis kulit kepala. Keramasnya harus rutin minimal 2 hari sekali biar kulit kepala tetep bersih.

– Pakai bahan-bahan herbal yang bisa kita temuin di sekeliling kita, misalnya minyak jojoba buat nyeimbangin pH kulit, jadi kulit tetep lembap.

– Gosokkin jeruk nipis ke kulit kepala, tunggu beberapa menit dan bilas. Jeruk nipis mengandung asam salisilat yang berkhasiat buat ngebersihin minyak berlebih di kulit kepala.

– Mijet kepala pakai minyak kelapa murni. Kandungan anti jamur didalam minyak kelapa murni ampuh bhangat buat mencegah ketombe di kulit kepala.

– Bikin cream rambut dari kulit nanas. Caranya gosokkin rambut langsung pakai kulit nanas sebelum mandi selama 15 menitan, bilas bersih pakai sampo. Kulit nanas mengandung zat bromelain yang bermanfaat dalam ngejaga jaringan kulit kepala biar tetep sehat.

Sekian. Selamat beraktivitas 🙂

Gambar Hari Ini:

Obama Makan Mie

Obama Makan Mie

Sumber: @kimdaoblog

Berikut Ini Fakta-Fakta Si Ketombe Nakal dan Penyebabnya!