Berikut Khasiat Vaseline Petroleum Jelly Buat Rambut, Wajah, Bibir & Alis!

0 611

Berikut Khasiat Vaseline Petroleum Jelly Buat Rambut, Wajah, Bibir & Alis!

Nama Vaseline mungkin lebih dikenal daripada Petroleum Jelly. Tapi tau ga sis, sebenernya Vaseline itu adalah salah satu merk produk Petrolem Jelly lho, dan udah dikenal dari zaman dulu.

Vaseline sendiri merupakan perpaduan antara hidrokarbon yang jumlah karbonnya lebih tinggi dari 25%. Produk semi padat ini dipasarin sebagai obat salep dan dipakai sebagai kosmetik buat perawatan kecantikan. Khasiatnya juga udah diakuin sama U.S. Food And Drug Administration sebagai protektan kulit.

Produk ini terdiri dari kombinasi antara mineral oil, paraffin, dan lilin micro crystalline yang dilebur jadi satu dalam bentuk gel halus berwarna off white bening. Awalnya, Vaseline dirancang cuma buat kepentingan medis, yaitu sebagai salep buat ngobatin luka bakar, goresan, juga luka-luka lain. Menurut hasil study, udah dibuktiin juga kalo produk ini ga nimbulin efek buruk dan ga keserap ke dalam kulit karena perannya cuma sebagai obat luka aja.

Di dunia kedokteran, Vaseline ato Petroleum Jelly cuma bekerja sebatas sebagai penyembuh luka aja, tapi lain halnya buat perawatan kecantikan. Banyak bhangat deh pokoknya manfaat yang bisa didapetin dari Petroleum Jelly.

Di Indonesia sendiri ada dua macem Petroleum Jelly yang beredar luas dijualin sama supplier, toko-toko kecantikan, dan salon. Dipasarinnya ada yang online dan ada yang offline. Harganya dibanderol mulai dari kisaran Rp 30.000 ke atas tergantung jenis produk dan lokasinya.

Khasiat Vaseline Petroleum Jelly

Banyak khasiat yang bisa kita dapetin dari Petroleum Jelly, khususnya dalam ngatasin berbagai masalah kecantikan. Dan berikut ini ada beberapa khasiat Vaseline Petroleum Jelly buat kecantikan:

– Base Eyeshadow

Banyaknya kegiatan ga ngehalangin wanita bisa tampil cantik dan menarik. Misalnya, dengan manfaatin Petroleum Jelly yang bisa dipakai sebagai alas dasar riasan mata. Caranya juga gampang, Petroleum Jelly dioles tipis-tipis ke kelopak mata, dan biarin ngering. Selain itu, bisa diaplikasiin juga jadi eyeshadow yang hasilnya lebih bagus dan nyata.

– Jadi Scrub Bibir

Masalah yang terjadi di bibir, misalnya bibir pecah-pecah, kering, juga kusam bakal jadi masalah yang serius kalo ga diatasin sesegera mungkin. Cara ngatasinnya juga cukup gampang, Petroleum Jelly secukupnya dicampur sama sedikit garam dapur, aduk rata, terus usapin ke bibir pelan-pelan sampai kulit matinya terkelupas. Supaya hasilnya maksimal, perawatan ini harus dilakuin rutin 3x seminggu.

– Bantu Ngilangin Bekas Luka

Bekas luka yang susah hilang bakal keliatan jelek, apalagi kalo lukanya ada di area wajah. Biasanya luka yang berbekas itu adalah luka yang lumayan parah dan sembuhnya lama, misalnya luka akibat jatoh ato luka bakar.

Tapi sista ga perlu khawatir, karena Petroleum Jelly bisa bantu ngatasin masalah bekas luka ini. Caranya, olesin Petroleum Jelly secukupnya di bekas luka sebelum tidur dan biarin semaleman. Lakuin perawatan ini rutin tiap hari sampai bekas luka bener-bener kering.

– Bikin Bulu Mata Jadi Makin Lentik

Bulu mata yang keliatan lebih lentik bakal nambah penampilan riasan wajah sista jadi lebih menarik. Sista juga bisa manfaatin Petroleum Jelly buat ngelentikkin bulu mata. Caranya, olesin sedikit Petroleum Jelly ke bulu mata secara horizontal mulai dari akar sampai ujungnya.

Lakuin hal ini rutin sebelum tidur, dan biarin semaleman juga. Sista harus sabar tapi ya, karena hasilnya ga langsung keliatan dalam semalem. Makanya perawatannya harus rutin tiap hari.

– Bikin Wangi Parfum Jadi Lebih Tahan Lama

Petroleum Jelly bisa mertahanin aroma parfum jadi lebih tahan lama. Caranya, Petroleum Jelly tinggal diolesin aja di area tengkuk, belakang pergelangan tangan, lipatan siku, dan di belakang kuping sebelum nyemprotin parfum.

– Buat Ngelindungin Cat Kuku

Supaya cat kuku ga gampang mengelupas, sista bisa ngelindunginnya dengan cara ngolesin Petroleum Jelly di atas cat kuku.

– Mencegah Munculnya Stretch Mark

Stretch Mark ato guratan putih di kulit perut biasanya bakal muncul setelah proses persalinan. Nah, stretch mark ini bisa diatasin dengan bantuan Petroleum Jelly sis. Caranya, Petroleum Jelly diolesin di area kulit yang ada stretch marknya tiap sebelum tidur dan setelah mandi. Lakuin perawatan ini tiap hari secara teratur biar stretch mark cepet hilang.

– Ngatasin Masalah Rambut Bercabang

Rambut bercabang terjadi akibat kurangnya asupan nutrisi yang masuk dari akar sampai ujung rambut, yang akhirnya bikin rambut jadi kering juga bercabang. Kalo hal ini melanda, coba atasin dengan ngolesin Petroleum Jelly di ujung-ujung rambut yang kering dan bercabang.

Petroleum Jelly juga bisa dipakai sebagai obat pencegah rambut rusak akibat proses styling dengan suhu tinggi, yaitu dengan ngaplikasiinnya sebelum rambut di styling.

– Ngilangin Iritasi

Iritasi di kulit bisa disebabin sama beberapa hal, diantaranya kulit sensitive sama salah satu bahan kosmetik, ruam kemerahan di kulit akibat gesekan celana ato perhiasan, dan lecet akibat pemakaian sepatu baru. Tapi semua ini bisa diatasin cuma dengan ngolesin Petroleum Jelly ke area yang kena iritasi.

– Jadi Lip Gloss

Kalo sista ngerasa salah satu lipsticknya udah ga cocok dipakai karena warnanya yang ga terlalu mencolok ato terlalu gelap. Coba beralih deh dengan manfaatin Petroleum Jelly sebagai lip gloss biar lipstick ga terbuang cuma-cuma. Tapi sebelum, ada beberapa alat yang harus disiapin buat bikin lip gloss Petroleum Jelly ini, diantaranya lipstick, Vaselin Petroleum Jelly, wadah lip gloss, dan spatula.

Cara bikin lipgloss:

Campur sedikit potongan lipstik sama Vaseline petroleum jelly di dalam wadah, terus aduk sampai warnanya merata pakai spatula. Sista bisa milih lipstick yang pengen dicampurin biar warnanya sesuai keinginan. Kalo ukurannya dirasa kurang pas, bisa tambahin lagi petroleum jelly atau lipstiknya.

– Ngejaga Kelembapan Rambut

Keramas bisa ngilangin minyak alami rambut, jadi kelembapan rambut juga otomatis bakal berkurang. Nah sebelum keramas makanya pakai aja Petroleum Jelly sis. Petroleum Jellynya ga perlu diaplikasiin ke semua bagian rambut, cukup diaplikasiin di bagian tengah sampai ujung aja. Karena Petroleum Jelly yang kena kulit kepala bisa memicu timbulnya ketombe.

– Alternatif Pengganti Maskara

Mascara yang dipakai terlalu lama bisa ngakibatin bulu mata jadi rontok. Daripada rontok terus, mending pakai alternative lain aja, yaitu dengan manfaatin Petroleum Jelly. Sebelum Petroleum Jelly ini diaplikasiin, bulu mata dijepit dulu pakai eyelashes curlier, baru dah gitu diolesin Petroleum Jelly. Dijamin deh bulu mata sista bakal lentik natural.

– Buat Eksfoliasi Bibir

Kulit mati yang ada di bibir kalo ga cepet-cepet dibersihin nantinya bakal numpuk dan bikin bibir jadi keliatan ngegumpal. Jadi, eksfoliasi bibir diperluin bhangat buat ngehindarin hal ini. Nah, sista pakai Petroleum Jelly aja buat ngatasinnya.

Caranya, siapin sikat gigi yang bulunya halus (bukan sikat buat gosok gigi sehari-hari ya!) dan kasih sedikit Petroleum Jelly di bulu-bulu sikatnya. Gosokkin langsung ke bibir secara vertical dan horizontal, terus bersihin pakai tisu dan bilas. Lakuin perawatan ini rutin 3x seminggu.

– Jadi Make Up Remover

Make up remover itu bahan kimianya banyak bhangat sis, beda sama Petroleum Jelly yang terbukti aman. Sista coba beralih juga deh yuk ke Petroleum Jelly buat bersihin make up tiap hari. Jangan pakai make up remover terus.

– Mempermudah Pemakaian Anting

Kalo sista susah pakai anting karena mungkin lobang antingnya bermasalah. Pakai aja Petroleum Jelly dengan cara diolesin ke lobang antingnya. Belom pernah nyoba sih, tapi katanya ga bakal bikin sakit kok, dan si anting bisa lebih gampang masuk ke lobang antingnya.

Well.. setelah dijelasin satu-satu, ternyata banyak juga ya manfaat Vaselin Petroleum Jelly ini. Makanya jangan lupa siapin terus produk multifunction ini di meja rias kalian ya sis. ^_^

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Berikut Khasiat Vaseline Petroleum Jelly Buat Rambut, Wajah, Bibir & Alis!

Kucing Mandi

Berikut Khasiat Vaseline Petroleum Jelly Buat Rambut, Wajah, Bibir & Alis!