Bingung Milih Perawatan Rambut Buat Hijabers? Cek Yuk Tips-Tipsnya!

0 86

Bingung Milih Perawatan Rambut Buat Hijabers? Cek Yuk Tips-Tipsnya!

Meski ketutup sama hijab, kesehatan sama kecantikan rambut itu tetep harus dijaga. Emang sih, ngerawat rambut yang ketutup kain hijab itu ga mudah. Sista yang ga berhijab aja kewalahan ngerawat rambutnya, apalagi yang engga. Tapi sebenernya kalo sista tau perawatannya yang tepat, sista ga bakal kerepotan lagi kok ngerawat rambutnya.

Nah makanya simak yuk tips-tips perawatan rambut hijabers berikut ini, supaya rambut sista tetep sehat!

– Ngejaga kebersihan kulit kepala

Ngejaga kebersihan kulit kepala jadi hal paling penting yang harus sista lakuin buat ngejaga rambut sista yang dibalut hijab tetep sehat. Selama rambut sama kulit kepala bersih, bakteri penyebab kerusakan rambut juga ga bakal berani ngedeketin. Buat ngejaga kebersihan kepala, usahain keramas 1x setiap hari, ato minimal 3x seminggu.

Oia jangan lupa buat ngasih nutrisi rambut pake conditioner sama vitamin juga ya! Tapi perlu diinget, ga semua jenis produk perawatan rambut itu cucok sama semua jenis rambut. Makanya, pilih produk perawatannya harus sesuai sama jenis rambut. Apalagi sekarang udah banyak jenis produk perawatan rambut yang dibuat khusus buat semua masing-masing jenis rambut mulai dari rambut kering, ketombean sampe rambut rontok.

– Pilih model hijab yang praktis

Supaya rambut lebih nafas, pilih model hijab yang praktis misalnya bergo. Karena selain rambut bebas nafas, model hijab kayak gini juga ga ngerepotin. Sista ga usah lama-lama pake hijab dan pemakaiannya cuma butuh 5 detik aja, tinggal jleb terus pake peniti. Praktis banget kan?

Tapi buat sista yang mo pake hijab instan model lain juga bisa, misal khimar, hoodie, sampe hijab instan yang bisa dimodifikasi lainnya.

– Pilih hijab yang bahannya nyaman sama lembut

Bahan hijab yang sista pake punya peran penting dalam ngejaga kesehatan sama kecantikan rambut. Meski ketutup hijab, rambut sama kulit kepala harus ada nafasnya juga. Dan salah satu caranya yakni dengan milih hijab yang bahannya ga terlalu tebebl dan gampang nyerap keringet kayak katun, kaos sama sutra.

– Istirahatin rambut

Pas lagi di rumah terutama tidur, jangan lupa istirahatin rambut juga dengan ngebiarin rambut terurai. Hindarin nguncir rambut pas ga pake hijab buat ngurangin lembab di kepala yang bisa ngakibatin ketombean sama rambut bau. Pas lagi tidur rambut ga boleh basah karena malah bikin jadi tambah lembab.

– Makan makanan bernutrisi

Perawatan dari luar aja ga cukup, sista juga perlu ngerawat rambut dari dalem. Ga perlu banyak nguras dompet kok. Makanan yang bernutrisi buat rambut bisa didapetin dimana aja, yang penting kaya protein, vitamin C, E, B6, B12 misalnya sayuran, buah sama kacang-kacangan.

Selain tips-tips perawatan rambut diatas tadi, sekarang kita beralih ke kesalahan-kesalahan yang bakal bikin rambut sista rusak.

– Model hijab bertumpuk

Haduhh kesalahan ini nih yang sering banyak dilakuin sama hijabers. Buat sista yang sering pake model hijab begini disaranin jangan keseringan kalo bisa. Karena pemakaian hijab bertumpuk apalagi lebih dari 3 lapis bakal ngehambat sirkulasi udara di kulit kepala sama rambut.

Kehambatnya sirkulasi udara ini bisa ningkatin kelembaban yang akhirnya bikin bakteri penyebab kerusakan rambut berkembang subur di kulit kepala.

– Nyisir dari garis belahan rambut

Nyisir rambut jadi ritual yang wajib sista lakuin sebelum sama setelah pake hijab. Tapi biasanya sista suka ga sadar kalo sering kali nyisir dari garis belahan rambut yang justru bakal micu timbulnya rontok. Apalagi sisirnya itu rapet banget, ga aneh jadinya kalo rambut jadi pada rontok. Makanya nih sis, pilih sisirnya yang jarang supaya lebih gampang nyisir rambut dan rambut jadi ga kusut dan ngehindarin rontok.

– Pake hijab pas rambut lagi basah

Ini juga jadi salah satu kesalahan yang sering dilakuin sama hijabers nih. Tau ga kalo tiap hari berhijab dengan kondisi rambut basah, nantinya kulit kepala bisa bau dan banyak ketombenya. Jadi rambut mendingan dibiarin kering dulu sis sebelum pake hijab. Kalo ngeringinnya pake hair dryer, jangan lupa pake vitamin rambut dulu supaya rambut ga rusak.

– Nguncir rambut terlalu kenceng

Nguncir rambut terlalu kenceng bisa nyebabin rambut rontok, gampang patah, sampe rusaknya pori-pori kulit kepala. Maka dari itu, usahain buat ga nguncir rambut terlalu kenceng ya.. Terus pilih iketan rambutnya yang terbuat dari kain lembut juga, jangan dari karet gelang ato kawat.

– Milih hijab warna gelap

Hijab warna gelap wajib dihindarin, terutama pas musim panas. Karena warna gelap contohnya hitam itu cenderung gampang nyerap sinar matahari yang akhirnya bikin kulit kepala jadi lembab. Jadi lebih baik pilih warna yang kalem aja yah sis biar cahaya bisa mantul dan sista jadi keliatan lebih ceria juga, misalnya warna-warna pastel.

Sista, rambut itu kan mahkota wanita yang harus selalu dijaga dan dirawat kecantikan sama kesehatannya. So.. harus selalu diperhatiin ya, jangan males ato jorok kalo rambutnya mo tetep indah! Semoga ngebantu.. 🙂

Gambar Hari Ini:

The Trouble Is You Think You Have Time

Bingung Milih Perawatan Rambut Buat Hijabers? Cek Yuk Tips-Tipsnya!

Sumber: @kimdaoblog

Bingung Milih Perawatan Rambut Buat Hijabers? Cek Yuk Tips-Tipsnya!