Cari Tau Penyebab Rambut Ubanan Di Usia Muda Plus Pencegahannya

0 118

Cari Tau Penyebab Rambut Ubanan Di Usia Muda Plus Pencegahannya

Apa ada sista yang udah ubanan rambutnya?
Hhmm pasti ga pede banget ya, kayak udah nenek-nenek aja 🙂

Kira-kira apa sih penyebab rambut beruban di usia muda sama pencegahannya?

Sista, yang perlu kita semua tahu, rambut beruban adalah hasil dari proses penuaan yang wajar dialamin sama setiap orang seiring sama nambahnya usia. Waktu tumbuhnya rambut beruban juga beda-beda setiap orang, tergantung dari faktor keturunannya.

Emang, uban yang tumbuh di rambut kita apa lagi di usia muda kayak sekarang ini bikin kita minder banget. Dan faktanya emang begitu, sekarang banyak anak remaja khususnya cewek yang udah putih-putih rambutnya alias ubanan. Terus rambut yang beruban ini juga bisa bikin kita stress, kenapa?

Yaialah, karena jadi bikin penampilan kita keliatan lebih tua. Dan normalnya, rambut beruban itu harusnya tumbuh pas usia udah nginjek 35 taun ke atas.

Rambut beruban disebabkan oleh kurangnya produksi melanin di folikel rambut. Melanin adalah pigmen yang ngasih warna rambut sekaligus bikin rambut lembut. Melanin ini nih sis yang nentuin tingkat kegelapan warna rambut. So… Kalo melanin berkurang, rambut bisa jadi kehilangan warna dan berubah deh jadi putih.

Penyebab Rambut Beruban Di Usia Dini

– Kurang nutrisi: Kalo mo diet harus perhatiin asupan nutrisinya juga, karena kurangnya nutrisi bisa jadi penyebab ubanan. Khususnya kalo kurang zat besi, vitamin B, yodium sama zat tembaga, bisa-bisa ubanan terus rambutnya.

– Stress: Stress berlebih bisa bikin rambut ubanan akibat produksi pigmen berkurang.

– Keturunan: Faktor keturunan juga bisa jadi penyebab utama ubanan. Kalo kakek nenek ato kedua orang tua udah tumbuh uban pas usia muda, bisa jadi sista juga kena deh tuh!

– Kondisi medis: Misalnya tiroid yang ga seimbang, vitiligo, kurang vitamin B12 ato anemia, bisa jadi faktor utama rambut beruban.

– Rambut kena panas berlebih: Hati-hati ya sis kalo nyuci rambut pake air panas ato ngeringin rambut pake hair dryer. Karena efeknya buruk ke rambut dan bisa ubanan.

– Kulit kepala kotor: Kotornya kulit kepala bisa ngakibatin akar rambut jadi lemah. Hal ini bisa ngehambat supply darah ke batang rambut dan bikin rambut beruban.

Gejala Rambut Beruban Di Usia Dini

– Rambut ngalamin penipisan
– Pudarnya warna rambut asli
– Kerontokan rambut

Pencegahan Rambut Beruban

– Diet sehat bisa nyegah dan nahan rambut beruban tumbuh di usia dini. Sista harus banyak makan buah ma sayur yang banyak mengandung mineral dan vitamin biar rambut tetep sehat.

– Pilih perawatan rambut yang tepat biar tekstur rambut tetep kejaga, terus akar rambut juga jadi tetep sehat sama kuat.

– Pake sampo sama kondisioner yang sesuai sama jenis rambut.

– Hati-hati, jangan cuci rambut pake air panas lho!

– Kalo bisa jangan ngewarnain rambut, karena kandungan bahan kimianya bisa ngerusak pigmen rambut dan bikin rambut jadi beruban.

– Jaga kulit kepala biar ga ketombean, karena ketombe juga katanya bisa bikin rambut beruban. Sista yang ketombean bisa rutin pake sampo anti ketombe ato air perasan jeruk lemon sebagai alternatif pilihan alami buat ngebasmi ketombe.

– Pijet rambut. Sering-sering pijet rambut pake kemiri ato minyak kelapa biar rambut tetep kuat. Jangan lupa pijet rambut dibarengin juga sama pijet kulit kepala biar kulit kepala tetep nyaman dan sirkulasi darah di kepala tetep lancar.

– Lakuin perawatan rambut secara teratur buat ngehindarin penuaan dini.

Selain beberapa hal diatas, ada juga beberapa hal nih yang perlu dilakuin biar rambut beruban ga muncul lebih banyak:

– Mencegah stress. Tadi kan udah dijelasin kalo stress bisa ngurangin pigmen rambut dan bikin rambut ubanan. Makanya, sista ga boleh stress, rileks aja ga usah terlalu dibikin stress ngadepin apapun.

– Tidur cukup. Kulit kepala juga butuh istirahat biar sel-sel rambut bisa beregenerasi. Jadi, kurangin kebiasaan begadang tiap malem ya biar uban ga cepet tumbuh.

– Ngatur pola makan. Malnutrisi itu salah satu penyebab penuaan dini rambut. Diet berlebih bisa ngakibatin rambut jadi beruban sebelum waktunya. Jadi, atur sebaik mungkin pola makan yang seimbang.

– Banyak ngonsumsi mineral yang cukup. Mineral essensial yang baik buat rambut diantaranya, zinc, zat besi sama cooper. Biasanya mineral ini banyak terkandung di dalem daging, sayuran, ayam, biji-bijian, telur sama seafood.

– Ngonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Kurang zat besi bisa bikin rambut jadi ubanan. Zat besi ini yang memproduksi melanin yang fungsinya buat ngewarnain rambut. Makanya, perbanyak ngonsumsi makanan yang kaya zat besi kayak bayam, lemon, seafood, jamur, dll.

Kalo si uban udah terlanjur nongol di rambut, sista bisa nih pake beberapa cara pengobatannya dibawah ini:

– Daun kari adalah salah satu obat terbaik buat rambut beruban di usia muda. Manfaatnya, bisa ngejaga kekuatan akar sama vitalitas rambut. Daun kari bisa dimasukkin ke dalem menu diet harian ato dicampur minyak kelapa buat diolesin ke kulit kepala. Daun kari sama minyak kelapa cukup dididihin aja terus didinginin, baru dioles.

– Labu punya manfaat buat ngembaliin pigmen rambut yang rusak. Jemur beberapa potong labu dibawah sinar matahari sampe kering, terus rendem pake minyak kelapa kurang lebih 3-4 jam. Sehabis direndem, rebus residu sampe item, biarin dingin. Pijet kulit kepala pake residu tadi.

– Jus ekstrak sayur bayem. Daun bayem yang masih seger udah kebukti bisa ngebantu pertahanan rambut sama ngejaga pertumbuhan rambut baru. Jusnya tapi jangan diminum ya, cukup diolesin aja ke kulit kepala.

Bahan-bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Beruban:

– Yoghurt pahit. Campurin 1 gram kopi bubuk ato lada item sama 100 gram yoghurt non pemanis. Terus lumurin ke kulit kepala sama rambut sekitar 1 jam, bersihin pake air hangat juga sampo. Lakuin hal ini rutin ya sis, supaya uban ga tumbuh dan rambut tetep bercahaya. Karena lada hitam dipercaya bisa ngejaga warna hitam rambut, sedangkan kopi bisa ngejaga warna rambut.

– Minyak kelapa. Usapin campuran minyak kelapa+air jeruk nipis ke rambut. Remes-remes dan biarin selama 15 menit terus bilas.

– Biji Pepaya. Konon, biji pepaya udah sering dipake sama raja-raja zaman dulu buat ngejaga warna rambut. Caranya, biji pepaya disangrai, ditumbuk sampe bener-bener halus, terus dicampur minyak kelapa. Olesin ke semua sisi rambut. Perawatan pake biji pepaya ini harus rutin dilakuin minimal seminggu sekali.

– Minyak kemiri. Sangrai kemiri terus tumbuk sampe ngeluarin minyak. Lulurin ke rambut, diemin 15 menitan sebelum dibilas.

– Daun teh. Saring teh terus campurin daun teh+1 sendok teh garam. Taburin ke rambut juga kulit kepala kurang lebih 1 jam, bersihin pake air. Lakuin setiap hari selama 10 hari biar rambut bebas dari uban.

– Olesan jus jambu. Campuran jus jambu sama minyak zaitun ato minyak wijen bisa bikin rambut sehat bercahaya dan ga tipis.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Cari Tau Penyebab Rambut Ubanan Di Usia Muda Plus Pencegahannya

Bayi Kucing

Cari Tau Penyebab Rambut Ubanan Di Usia Muda Plus Pencegahannya