Coba Yuk Tips Biar Rambut Keliatan Basah Dan Kinclong Terus!

0 428

Coba Yuk Tips Biar Rambut Keliatan Basah Dan Kinclong Terus!

Rambut sehat biasanya keliatan lembap, lembut dan halus pas disentuh. Jadi, kalo rambut sista terlalu kering, rapuh juga kusam pastinya kurang sehat dong! Penyebab rambut kurang sehat ini sendiri yaitu karena kandungan minyak alami rambut rendah bhangat sis.

Dimana minyak alami ini fungsinya adalah buat ngejaga kelembapan, jadi pas kadar minyak di rambut berkurang, rambut suka keliatan kering, kusam, gampang rapuh, dan ga lembut lagi. Sebaliknya, kalo kadar minyak alaminya cukup kan rambut juga bakalan sehat alami dan keliatan lembap terus tiap hari.

Terus gimana dong cara bikin rambut supaya tetep keliatan basah dan lembap tiap hari?

Sista, ngerawat dan ngejaga kelembutan rambut itu sebenernya gampang kok. Ga perlu nyalon juga, karena udah banyak cara-cara alami buat ngejaga rambut biar tetep keliatan sehat, lembap, dan basah. Simak langsung yuk penjelasannya dibawah ini!

Perawatan Rambut Yang Bener Dan Tepat

1. Pertama, sista harus lakuin penanganan yang tepat buat rambut, diantaranya:

– Jangan keramas tiap hari. Folikel rambut secara rutin ngeproduksi lipid (minyak alami) yang bisa bikin rambut keliatan lebih berkilau dan lembap. Kalo keseringan keramas tiap hari pakai sampo, nantinya minyak alami ini bakal kekikis dan jadi hilang kelembapannya. Makanya, keramas minimal 2x seminggu aja, kecuali kalo rambut kotor dan kena debu ato kotoran lain.

– Hindarin penggunaan cat rambut. Pewarna kimia didalem cat rambut bisa ngerusak folikel rambut, karena kandungan ammoniak si cat rambut itu bisa ngurangin kekuatan helai rambut. Keseringan pakai pewarna rambut bisa ngakibatin rambut rapuh, rusak, dan pastinya jadi hilang kelembapannya.

– Hindarin penggunaan pemanas rambut. Kalo rambut mo cepet kering, mending biarin rambut kering sendiri, jangan pakai alat-alat pengering rambut kayak hair dryer, curly iron, ato flat iron. Karena rangsangan panas yang dihasilin dari alat-alat ini bisa ngerusak dan ngebunuh sel di tiap helai rambut. Jadi rambut rentan bhangat ngalamin kerusakan.

– Usahain rutin motong ujung rambut. Kerusakan rambut itu biasanya dimulai di ujung rambut, jadi rambut harus rutin dipotong biar kerusakan ga makin ngejalar ke badan rambut. Lakuin pemotongan rutin di ujung rambut minimal 1x tiap 3 ato 4 bulan.

2. Pakai aloe vera ato lidah buaya

Aloe vera ato lidah buaya emang bahan yang paling terkenal bagus dipakai buat perawatan rambut. Hal ini pastinya karena kandungan aloe vera yang komplit bisa bikin rambut sehat. Makanya ga aneh kalo tanaman ini dipercaya berkhasiat bhangat buat ningkatin kilau rambut, dan bisa bikin rambut keliatan lembap juga basah sepanjang hari.

Cara penggunaannya gampang bhangat, ambil gel aloe vera, balurin ke seluruh badan rambut dari ujung sampai pangkal. Kulit kepala dan akar rambut dipijat lembut biar bantu ngerangsang pertumbuhan rambut.

Setelah itu bungkus rambut pakai shower cap ato handuk lembap dan diemin minimal 1 jam. Bilas sekaligus keramasin rambut pakai sampo sampai bener-bener bersih, kalo mo ditambah kondisioner juga boleh setelah keramas. Coba deh lakuin perawatan ini rutin 1-2 kali tiap minggunya biar hasil lebih maksimal.

3. Rutin ngonsumsi vitamin dan suplemen

Biar rambut jadi lebih sehat berkilau dan pertumbuhannya makin terangsang, ternyata ga cukup dengan perawatan dari luar aja. Sista bisa nambah asupan nutrisi rambut dari dalam juga dengan rajin ngonsumsi vitamin dan suplemen yang banyak dijual di apotik-apotik ato di toko perawatan kecantikan.

Vitamin dan suplemen yang dibutuhin rambut antara lain vitamin E, minyak ikan fospolipid, dan minyak omega 3.

4. Perawatan rambut dengan minyak nabati

Pas malam hari menjelang tidur, balurin rambut pakai minyak nabati sampai cukup basah. Jangan lupa, kulit kepala dipijat juga sekalian. Tutupin rambut pakai shower cap ato handuk lembap, terus tidur deh. Biarin minyak nabati nyeresep di kulit kepala semaleman. Besok paginya baru rambut dikeramas dan bilas sampai bersih.

Perawatan rambut pakai minyak nabati ini bisa bantu ngejaga kadar minyak alami rambut supaya tetep kejaga kelembapannya. Cara ini juga efektif bhangat bikin rambut jadi keliatan lembap dan basah terus tiap hari.

Adapun jenis-jenis minyak nabati yang bisa dipakai buat perawatan rambut, yaitu minyak zaitun (buat rambut normal), dan minyak alpukat (buat rambut kering).

5. Hot oil treatment buat rambut

Biar rambut lembap dan basah terus, bisa juga dengan rutin ngelakuin perawatan rambut pakai hot oil treatment ato perawatan pakai minyak yang dipanasin. Ada beberapa jenis minyak nabati yang bisa dipakai dalam perawatan hot oil ini, diantaranya yaitu minyak kelapa, minyak jarak, minyak almond, minyak alpukat, ato virgin coconut oil (VCO).

Tapi cukup pilih salah satu aja ya sis minyaknya, jangan dipakai semua.

Cara perawatan hot oil ini juga lumayan gampang kok. Minyak nabati yang dipilih dipanasin 2 sendok, jangan terlalu panas, cukup sampai hangat-hangat kuku aja. Lumurin minyak ke rambut, terus pijat kulit kepala sama rambut. Pakai shower cap ato handuk hangat buat nutupin kepala, diemin beberapa jam. Kayak biasa, kalo udah tinggal keramas dan bilas sampai bersih.

Suhu hangat dari minyak yang dilumurin ke rambut dan kulit kepala, bisa bantu buka pori-pori rambut dan ngegampangin rambut buat nyerep keringet. Tapi perlu diinget, jangan keseringan lakuin cara ini, karena bisa mempercepat pertumbuhan si rambut putih alias uban. Jadi, cukup lakuin 1x aja dalam 2 minggu.

Sekian, selamat mencoba cara-cara perawatan diatas ya sis, kalo emang rambutnya pengen selalu basah dan kinclong! :p

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Coba Yuk Tips Biar Rambut Keliatan Basah Dan Kinclong Terus!

Kucing Lucu

Coba Yuk Tips Biar Rambut Keliatan Basah Dan Kinclong Terus!