Hati-Hati, Smoothing Ternyata Bahaya Buat Ibu Hamil!

0 277

Hati-Hati, Smoothing Ternyata Bahaya Buat Ibu Hamil!

Smoothing adalah salah satu perawatan kecantikan rambut dari Brazil yang banyak digandrungin sama kaum wanita termasuk Indonesia. Perawatan smoothing biasanya dilakuin secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Smoothing emang hampir mirip sama rebonding, meskipun sebenernya beda. Perbedaannya:

– Rebonding adalah perawatan yang fokus cuma ke pelurusan rambut aja. Jadi hasilnya lebih permanen dan rambut kesannya jatoh lurus ke bawah.
– Smoothing adalah perawatan yang fokus ke pelemasan dan pelembutan rambut. Jadi hasilnya ga begitu permanen dan masih bisa dirubah tatanannya meskipun ga keliatan terlalu lurus.

Sama halnya kayak rebonding, smoothing pastinya punya dampak buruh yang bisa ngebahayain rambut. Mulai dari bahaya kesehatan rambut sampe ke kesehatan tubuh.

Berikut ini dampak buruk smoothing rambut yang bisa ngebahayain ibu hamil, meski sebenernya ga semuanya berbahaya ke janin kalo bahan-bahannya aman.

1. Kerusakan rambut

Salah satu bahaya yang bisa timbul akibat perawatan rambut smoothing yaitu rambut jadi rusak. Kerusakan ini bisa timbul akibat beberapa faktor, misalnya kerontokan yang bisa bikin rambut rusak dan jadi bercabang. Hal ini biasanya terjadi akibat aliran energy panas dari catokan rambut yang bikin pertumbuhan rambut jadi ga seimbang. Ditambah lagi kandungan kimia lain misalnya cat rambut juga bisa ngerusak akar rambut.

2. Pendarahan di hidung

Berdasarkan tes kesehatan yang udah teruji, nunjukkin bahwa obat yang dipakai di perawatan rambut smoothing itu kebukti termasuk obat berbahaya. Hal ini karena bahan kimia yang ada dalam obat smoothing mengandung racun yang bisa ngakibatin pemakainya jadi terkena pendarahan di hidung. Buat bumil, kondisi pendarahan hidung ini pastinya bakal berdampak ke kesehatan janin yang dikandung meskipun ga secara langsug bisa keliatan efeknya.

3. Alergi

Bahaya lain yang bisa timbul karena smoothing adalah alergi di kulit kepala. Alergi yang muncul, contohnya yaitu ketombe, iritasi kulit, ruam, gatel-gatel, dll. Alergi ini juga bisa disebabin sama kandungan bahan kimia dari obat smoothingnya.

4. Rambut jadi kering dan kusam

Salah satu efek negatif smooting yang kebanyakan muncul dan keliatan adalah rambut jadi kering dan kusam. Efek ini juga biasanya bisa terjadi setelah rebonding. Hal ini merupakan efek kandungan kimia yang panas dari obat-obatan smoothing. Keringnya rambut juga nunjukkin kalo rambut udah kehilangan kelembapan alaminya.

5. Rambut jadi kasar

Efek lain kandungan bahan kimia dari obat smoothing adalah rambut jadi kasar. Rambut yang kasar nandain kalo rambut juga udah kehilangan tekstur sama bentuk alaminya. Apalagi kalo nutrisi rambut dari luar sama dalam kurang.

6. Memicu penyakit kanker

Bener ga sih kalo smoothing rambut juga bisa memicu kanker?

Kanker bisa aja muncul kalo sista keseringan ngelakuin smoothing rambut. Sebenernya, hal ini udah bisa dipastiin, karena menurut penelitian ilmiah, didalam bahan kimia smoothing itu ada kandungan formalinnya juga.

Dan dengan adanya bukti ini, berarti jelas dong kalo smoothing emang bisa memicu kanker? Selain itu, ada juga bahan lain yaitu glycol, formaldehyde, methylene oxide, paraform, oxomethane, metahanl, dan oxymethlene yang ga kalah bahayanya.

Buat wanita hamil, mungkin gejala awal ini emang berdampak ke diri sendiri. Tapi lama kelamaan pasti bakalan nyebar dan berpengaruh sampe ke janin. Makanya, kalo bumil ngalamin gejala-gejala berbahaya kayak yang udah dijelasin tadi, lebih baik cepet cek up ke dokter supaya kesehatan si janin bisa terkontrol terus dan kalo terjadi apa-apa bisa cepet ketolong.

Penelitian Tentang Bahaya Smoothing Penyebab Kanker

Mata merah, batuk dan iritasi, biasanya merupakan efek samping awal yang terjadi setelah dilakuin perawatan smoothing. Jadi kalo rambut keseringan di smoothing, dikhawatirin bahan kimia dari obatnya bisa ngendap di dalam tubuh dan sewaktu-waktu bisa aja micu munculnya kanker.

Penelitian dan penyelidikan terhadap bahan kimia obat-obatan smoothing juga masih lanjut sampe sekarang, sebagaimana diteliti sama tim dari Badan Obat dan Makanan Amerika Serikat. Bahkan di Kanada, pemerintahnya udah ngeluarin himbauan sama peringatan soal bahaya perawatan smoothing.

Tapi, gimana di Indonesia? Kenapa smoothing masih banyak dipakai buat perawatan rambut?

Faktanya, meski di Indonesia sendiri belom ada peringatan soal bahaya smoothing, tapi mungkin pasti udah ada sebagian kalangan yang kena efeknya. Apalagi seiring sama trend yang makin menjamur sekarang ini, smoothing rambut itu udah jadi salah satu kebutuhan rutin juga yang wajib dibudgetin sama kaum wanita Indonesia buat nambah penampilan.

Jadi kesimpulannya, meskipun di Indonesia belom ada upaya penelitian dan penyelidikan lebih lanjut soal bahaya perawatan ini. Kita sebagai orang yang udah tau fakta efek sampingnya gimana, baiknya lebih berhati-hati pas ngelakuin perawatan kecantikan.

Ga cuma perawatan rambut aja, kita juga baiknya wajib tau efek samping perawatan kecantikan lain, supaya kehindar dari efek fatal yang bisa berujung kematian.

Oia, bahaya ini ga Cuma buat smoothing aja yah. Rebonding juga punya bahaya yang sama. Apalagi bahan kimia sama metode perawatannya juga sama.

Demikian beberapa bahaya-bahaya akibat perawatan smoothing rambut buat ibu hamil. Kalo bumil ato sista emang pengen ngerawat kecantikan rambut dengan smoothing ato rebonding ya sah-sah aja, yang penting bahan-bahannya aman. Bahkan disaranin mending dari bahan alami biar ga nimbulin efek berbahaya.

Jangan lupa tips ini disebarin ke keluarga, kerabat juga temen-temennya ya sis 🙂

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Hati-Hati, Smoothing Ternyata Bahaya Buat Ibu Hamil!

Kucing

Hati-Hati, Smoothing Ternyata Bahaya Buat Ibu Hamil!