Rambut Kutuan? Coba Pilih Cara-Cara Ampuh Ini Buat Ngebasminya!

0 94

Rambut Kutuan? Coba Pilih Cara-Cara Ampuh Ini Buat Ngebasminya!

Rambut kutuan merupakan masalah rambut yang ga nyaman dan bikin menderita bhangat. Gimana engga coba, kulit kepala rasanya super gatel dan bawaannya pengen digaruk-garuk mulu, apalagi pas si kutu lagi ngisep darah. Hadeuhhh… ga mo lagi deh! Sista juga pasti sama kan ada yang pernah ngalamin rambut kutuan?

Kalo ga cepet-cepet ditanganin, nanti si kutu betina suka makin banyak bertelor sis. Sehari aja kutu betina bisa bertelor sampai 6 butir dan telor-telornya netes setelah 8 hari. Bisa dibayangin kan? Nunda sehari aja kutunya banyak, apalagi kalo didiemin sampai beberapa hari, seminggu, sebulan, ato setaun? Oh noooo!!!!!

Jangan anggap sepele masalah kutu di kepala lho sis! Karena kutu itu bisa loncat-loncat dan pindah dari rambut ke rambut.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut

Munculnya kutu rambut dan telornya di rambut bukan semata-mata muncul gitu aja. Tapi si kutu muncul disebabin sama berbagai macam faktor, diantaranya:

– Penggunaan sisir. Kalo sista pakai sisir bekas orang yang kepalanya kutuan, bisa jadi kepala sista juga ikut ketular telor kutunya. Dalam waktu seminggu aja rambut sista bakal gatel-gatel digerayangin ama anak-anak kutu, dan mereka beranak pinak terus juga nantinya. Ihhhh….

– Penggunaan handuk. Meski kebanyakan handuk dipakai buat badan, tapi kalo sista handuknya joinan sama yang rambutnya kutuan, bisa jadi rambut sista ikut ketepaan juga.

– Jarang ngerawat rambut. Kurangnya ngejaga kebersihan rambut kayak keramas dan perawatan rambut lain juga bisa nyebabin munculnya kutu.

Cara Ampuh Dan Cepet Ngebasmi Kutu dan Telornya

Sebenernya cara ngebasmi kutu rambut itu gampang, cuma cara ngilangin telor kutunya itu yang susah. Tapi sista ga usah khawatir, karena sista bisa coba bahan-bahan alami berikut ini buat ngebasmi kutu dan telor-telornya juga.

1. Almond

Almond merupakan bahan alami yang cukup ampuh buat ngilangin kutu dan telornya di rambut secara alami. Ga cuma bantu ngebasmi kutu aja, tapi almond emang bagus dipakai buat perawatan rambut.

Caranya:
– Rendem 10 biji almond ke dalam air semaleman.
– Besok paginya, kupas biji-biji almond, tumbuk ato ancurin pakai blender sampai berbentuk kayak krim ato pasta.
– Setelah itu, tambahin sedikit perasan lemon ato jeruk nipis, aduk rata.
– Oles kirm almond merata ke semua bagian kulit kepala.
– Pijet kulit kepala dan diemin 2 jam.
– Bilas (bisa sekalian keramas) pakai air dingin sampai bersih.

Aturan: Lakuin perawatannya rutin 1x seminggu aja, dijamin kutu dalam 2 bulan bakal mati dan hilang dengan sendirinya.

2. Alkohol

Alcohol mengandung senyawa isopropyl ato alcohol absolut sebanyak 70% lebih. Kandungan ini efektif bhangat buat ngebasmi kutu di rambut sekaligus telor-telornya, tergantung tingkat keberanian sista pakai alcohol.

Caranya:
– Siapin wadah ato baskom.
– Tuang alcohol secukupnya ke wadah.
– Pakai jari-jari sista buat ngolesin alcohol ke bagian kulit kepala secara merata.
– Jangan langsung dibilas. Diemin dulu setengah jam, terus sisir rambut pakai sisir khusus kutu.
– Biasanya kutu bakal mati. Bilas alcohol tadi pakai air dingin bersih.

Aturan: Pakai alkoholnya maksimal 1x seminggu selama 2 bulan. Hindarin penggunaan alcohol berlebihan karena kulit rambut bisa iritasi.

3. Jus Lemon

Lemon merupakan bahan alami yang punya sifat asam cukup tinggi. Kandungan asam di lemon inilah yang bermanfaat buat ngebasmi kutu rambut dengan cepet.

Caranya:
– Siapin 1 buah lemon yang masih seger sama cuka.
– Peres lemon di satu wadah, basuh secara merata ke kulit kepala.
– Pijet lembut kulit kepala.
– Diemin 40 menit, bilas pakai campuran air hangat sama cuka sampai bersih.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun emang punya banyak manfaat yang bagus buat kecantikan kita. Selain bisa bantu ngerawat kulit secara alami, minyak zaitun ternyata juga mujarab buat ngebasmi masalah kutu rambut.

Caranya:
– Sebelum minyak zaitun diolesin, bersihin dulu rambut.
– Pas sebelum tidur, olesin minyak zaitun ini secara merata ke seluruh bagian kulit kepala sama rambut.
– Supaya bisa nyeresep dengan cepet, pijet-pijet lembut kulit kepalanya.
– Tutup kulit kepala pakai shower cap, terus tiduran sambil celentang.
– Pas pagi harinya, bersihin minyak zaitun pakai air dingin, bisa sambil keramas juga.

5. Bawang Merah

Biasanya bawang merah sering kita manfaatin buat masak, tapi siapa sangka kalo kandungan sulfur putihnya ternyata efektif bhangat buat ngebasmi kutu rambut.

Caranya:
– Siapin 4-5 bawang merah, blender sampai halus.
– Kalo udah berbentuk pasta, peres bawang merah yang udah halus tadi dengan cara dimasukkin ke dalam kain.
– Olesin minyak bawang merah merata ke seluruh bagian rambut, pijet kurang lebih 10 menitan.
– Tutup rambut pakai handuk basah hangat selama 2 jam.
– Sisir rambut pakai sisir khusus kutu. Kutu bakalan mati dan rontok dengan sendirinya.

6. Mayonnaise

Mayonnaise katanya sih cukup ampuh juga buat ngebasmi kutu secara alami sis.

Caranya:
– Balurin mayonnaise secara merata ke seluruh bagian kulit kepala sama rambut.
– Tutup rambut pakai shower cap ato plastic, kalo perlu lapisin juga pakai handuk basah hangat.
– Biarin mayonnaise bekerja ngebasmi kutu selama 5-6 jam.
– Setelah itu, bilas mayonnaise dengan keramas sampai bersih.
– Sisirin rambut pakai sisir khusus kutu.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga ampuh buat ngebasmi kutu sekaligus telor-telornya.

Caranya:
– Oles minyak kelapa ke rambut secara merata.
– Pijet kulit kepala sekitar 10-15 menit biar nyeresep.
– Tutup rambut yang udah diolesin tadi pakai shower cap semaleman.
– Besok paginya, cuci rambut pakai sampo sampai bersih.
– Sisir rambut pakai sisir khusus kutu.

8. Minyak Kayu Putih Sama Jeruk Nipis

Minyak kayu putih selain bisa kita pakai sebagai penghangat badan pas lagi demam, flu, dll. Kombinasi antara minyak kayu putih sama jeruk nipis ternyata cukup ampuh buat ngatasin masalah kutu juga.

Caranya:
– Peres 2 buah jeruk nipis di mangkok terus tambahin 6 sendok minyak kayu putih.
– Aduk-aduk campuran bahan tadi sampai merata.
– Oles campurannya ke seluruh bagian rambut. Biar cepet nyeresep, pijet lembut dan diemin 2 jam.
– Bilas pakai air hangat sambil keramas.

9. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Aloe vera emang berkhasiat bhangat buat ngerawat rambut mulai dari ngatasin masalah rambut rontok, bercabang, ketombe, sampai masalah rambut kutuan.

Caranya:
– Ambil aloe vera yang udah berwarna hijau tua.
– Cuci bersih aloe veranya terus belah jadi 2 bagian.
– Masing-masing bagian tadi diolesin merata ke seluruh kulit kepala.
– Pijet lembut selama 5 menit, diemin sampai nyeresep selama 2-3 jam.
– Keramas dan bersihin.

10. Daun sirsak

Daun sirsak ternyata mengandung senyawa antibacterial yang cukup tinggi buat ngebasmi kutu-kutu membandel dan telor-telornya di kulit kepala dengan cepet.

Caranya:
– Siapin dan rebus daun sirsak sebanyak 10 lembar.
– Setelah mendidih, biarin sampai dingin. Olesin merata di bagian rambut.
– Supaya daun sirsak secara maksimal, diemin rebusan daun sirsak biar sampai nyeresep selama 2-3 jam.
– Keramas pakai sampo dan bilas sampai bersih.

Gimana sis, gampang bukan?

Gambar Hari Ini:

Pohon Calon Legislatif

Pohon Calon Legislatif

Sumber: @kimdaoblog

Rambut Kutuan? Coba Pilih Cara-Cara Ampuh Ini Buat Ngebasminya!