Rambut Rontok Parah? Inilah Penyebab-Penyebabnya!

0 277

Rambut Rontok Parah? Inilah Penyebab-Penyebabnya!

Haduhh rambutkuu…:)
Rontok parah banget, OMG!!

Ckckckk… sista pasti ada yang pernah kan ngalamin hal kayak gini?
Masalah rambut rontok apalagi rontoknya ga kira-kira itu super nyebelin dan bikin galau banget. Lama-lama kalo dibiarin terus, rambut bisa jadi botak.

Sekarang ini emang udah banyak banget produk perawatan rambut yang ditawarin buat ngatasin masalah rambut rontok. Tapi.. kayaknya hasilnya gitu-gitu aja ya, ga terlalu signifikan.

Hhmmm…

Apa sih penyebab-penyebab rambut rontok parah itu? Terutama yang sering nyerang kaum hawa?

– Jarang keramas

Jarang keramas merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut. Karena keramas bisa bantu ngilangin kotoran di rambut. Kalo sista jarang keramas, maka nantinya kotoran di rambut dan kulit kepala bisa numpuk. Mo debu, keringet, ato kotoran lainnya bisa jadi penyebab rambut kekurangan nutrisi dan bikin rambut jadi gampang rontok.

– Penggunaan hair dryer

Penyebab lain dari kerontokan rambut yakni karena penggunaan hair dryer. Pada dasarnya, penggunaan hair dryer 1 ato 2x emang ga bakal nimbulin masalah rambut. Tapi kalo keseringan ngeringin rambut pakai hair dryer, efeknya bisa bikin rambut rusak.

– Penggunaan bahan kimia

Penggunaan produk-produk yang berbahan kimia juga bisa nyebabin rambut jadi rontok. Bahan-bahan kimia ini banyak ditemuin di produk-produk perawatan rambut.

– Pengaruh hormon

Penyebab rambut rontok parah selanjutnya yaitu karena pengaruh hormon. Hal ini bisa berpengaruh besar buat orang-orang yang usianya udah 30 taun ke atas. Perubahan hormon yang terjadi bisa jadi juga penyebab kerontokan rambut.

– Radikal bebas

Radikal bebas juga bisa jadi penyebab kerontokan rambut. Bahan kimia, sinar matahari, dan polusi adalah radikal bebas yang harus dihindarin.

– Ngiket rambut terlalu kenceng

Seringnya rambut diiket terlalu kenceng juga bisa jadi penyebab rambut jadi gampang rontok. Terlebih kalo rambut diiket kelamaan.

– Faktor genetic

Penyebab lain kerontokan rambut yaitu dipengaruhi sama faktor genetic. Beberapa orang mungkin bisa ngerawat rambutnya dengan baik, tapi tetep aja rontok. Dan hal ini bisa jadi dipengaruhin sama faktor genetic ato turunan dari orang tua.

– Pengaruh penyakit

Beberapa penyakit juga bisa nyebabin rambut jadi rontok. Meskipun ga semua penyakit bisa ngakibatin rambut rontok, tapi ada beberapa penyakit yang jadi penyebab utama rambut jadi rontok parah. Penyakit-penyakit itu antara lain, diabetes dan kanker. Kemoterapi juga kadang bisa nyebabin kerontokan rambut.

– Stress

Stress juga bisa jadi penyebab rambut rontok parah di kalangan kaum hawa yang wajib diwaspadain. Banyak wanita biasanya rambutnya jadi rontok akibat stress. Makanya sista harus kehindar dari stress. Kalo pikiran kerasa terlalu berat bebannya, coba buat refreshing ato jalan-jalan, jangan ngedekem di rumah aja. :p hehee…

– Siklus pertumbuhan rambut yang ga seimbang

Pertumbuhan rambut sekitar 1 inchi tiap bulannya. Tapi pertumbuhan rambut tiap orang itu beda-beda tergantung hormone masing-masing. Salah satu penyebab rambut rontok parah, yaitu adanya gangguan yang disebabin sama hormone androgen. Akibat proses pertumbuhan rambut yang ga normal ini, makanya rambut bisa rontok dalam jumlah banyak.

– Kehamilan dan persalinan

Waktu hamil ato pasca ngelahirin, kaum wanita sering kali rambutnya rontok, bahkan rontoknya dalam jumlah banyak. Pasca ngelahirin, sekitar 3 bulan kemudian barulah biasanya keliatan kalo rambutnya ternyata rontok cukup parah. Penyebab rontok di rambut wanita yang abis ngelahirin ini emang alamiah. Kalo udah beberapa bulan juga kondisi rambut bakal pulih dan ga rontok lagi. Ato seenggaknya jumlah kerontokannya berkurang.

– Obat-obatan

Penyebab lain terjadinya kerontokan rambut parah adalah efek dari obat-obatan. Tapi ga semua obat-obatan bisa nyebabin kerontokan. Cuma beberapa obat aja yang nimbulin efek samping dan ngakibatin rambut rontok. Kerontokan rambut ini biasanya bakal brenti kalo konsumsi obat-obatan itu distop.

Beberapa obat-obatan yang bisa nyebabin kerontokan rambut diantaranya yaitu, obat yang kebanyakan mengandung vitamin A, obat pengencer darah, obat asam urat, obat anti depresan, obat kemoterapi, dan obat kontrasepsi.

– Infeksi

Infeksi kulit kepala bisa juga bikin rambut ngalamin kerontokan. Buat ngatasin infeksi ini, biasanya sering pakai obat anti jamur kerontokan. Obat anti jamur ini emang bisa nyetop kerontokan rambut.

– Kurang nutrisi dan vitamin

Banyak orang yang ngelakuin program diet ketat buat ngurangin berat badannya. Padahal, diet terlalu ketat juga ga baik, karena bisa ngakibatin tubuh jadi kekurangan nutrisi dan vitamin. Selain itu, rambut juga bisa jadi rontok akibat diet yang terlalu ketat. Rambut yang rontok bahkan bisa banyak banget. Makanya, diet sih diet, tapi tetep harus ada asupan nutrisi dan vitamin yang cukup biar tubuh tetep sehat.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok parah yang mungkin bisa aja nanti nyerang kita semua. Buat yang belom pernah ngalamin, jangan lupa hindarin hal-hal yang dijelasin tadi. Hati-hati kalo rambut kalian mulai rontok, karena dikhawatirin malah kedepannya makin rontok dan ujung-ujungnya jadi botak. Waspada juga kalo ngelakuin perawatan rambut, salah-salah perawatan kan juga bisa ngakibatin rambut jadi rusak dan rontok.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Rambut Rontok Parah? Inilah Penyebab-Penyebabnya!

Bayi Kenyang

Rambut Rontok Parah? Inilah Penyebab-Penyebabnya!