Apa Aja Cara Alami Yang Efektif Mengatasi Iritasi Di Kulit Wajah?

0 144

Apa Aja Cara Alami Yang Efektif Mengatasi Iritasi Di Kulit Wajah?

Selain bisa ngeganggu penampilan, iritasi di kulit juga bisa ngeganggu aktivitas kita sehari-hari. Makanya kalo kulit wajah iritasi harus ditanganin dengan cepet dan bener. Kalo sista ngalamin iritasi wajah akibat pemakaian kosmetik, hal pertama yang harus dilakuin adalah nyetop sementara waktu pemakaian produk kosmetik itu.

Karena bisa jadi iritasi itu adalah reaksi sesaat sebagai bentuk adaptasi kulit sama penggunaan kosmetik baru. Tapi kalo iritasi tetep lanjut setelah pemakaian berikutnya, cepet-cepet stop pemakaian kosmetik itu dan jangan pernah dipakai lagi.

Buat ngobatin keluhan bengkak ato gatel di area kulit yang kena iritasi, biasanya dokter bakal nyaranin buat minum Antihistamin ato bisa juga dengan pakai krim anti iritasi Hydrocortisone.

Dibawah ini ada beberapa cara alami yang efektif bisa ngeringanin dan ngatasin gejala-gejala iritasi akibat kosmetik.

1. Pakai masker mentimun+madu

Masker mentimun berguna buat ngasih sensasi dingin ke kulit, jadi bisa ngurangin rasa perih yang timbul pas iritasi. Biar hasil lebih maksimal, sista bisa nyampur masker mentimun ini sama sedikit madu. Madu emang udah lama dikenal sebagai moisturizer dan anti inflamasi (anti peradangan) yang bisa bantu mempercepat penyembuhan iritasi yang dialamin.

2. Pakai masker bengkoang+minyak zaitun

Masker bengkoang juga bisa jadi alternative buat bantu ngurangin rasa perih pas terjadinya iritasi. Pas penggunaannya, biasanya kulit bakalan kerasa dingin sama kayak pakai masker mentimun tadi. Vitamin C yang banyak terdapat di bengkoang juga bisa bantu proses penyembuhan luka akibat iritasi. Jadi kulit bisa keliatan putih alami.

Buat ningkatin khasiatnya, masker bengkoang bisa dicampur sama minyak zaitun yang juga berperan sebagai anti inflamasi dan moisturizer alami buat kulit. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang tinggi dan berkhasiat buat bantu proses regenerasi sel-sel kulit.

Buat kulit sensitive yang kena iritasi, penggunaan vitamin E ini dibutuhin bhangat buat memperharui sel-sel kulit di area yang teriritasi. Jadi proses penyembuhan iritasinya bisa lebih cepet.

Adapun manfaat lain dari minyak zaitun, yaitu bisa buat ngehalusin wajah, ngatasin keriput, ngilangin flek hitam dan bisa ngejaga kelembapan kulit juga dengan ngemaksimalin kerja kelenjar minyak di bagian kulit bawah supaya produksi minyak alami kulit tetep kejaga.

Masih kurang puas sama dua masker alami tadi? Sista bisa juga manfaatin bahan-bahan lain, yaitu gel aloe vera, baking soda, minyak atsiri chamomile, kayu manis, dan sari apel yang udah terbukti bisa ngurangin kulit bengkak, kemerahan, sama gatel-gatel akibat iritasi.

Satu lagi, jangan lupa sambil konsultasi ke dokter juga kalo kulit ngalamin iritasi.

Gambar Hari Ini:

Cosplay Cakep

Apa Aja Cara Alami Yang Efektif Mengatasi Iritasi Di Kulit Wajah?

Sumber: @kimdaoblog

Apa Aja Cara Alami Yang Efektif Mengatasi Iritasi Di Kulit Wajah?