Bingung Cari Kosmetik Buat Wajah Jerawatan & Berminyak? Berikut Daftarnya!

0 100

Bingung Cari Kosmetik Buat Wajah Jerawatan & Berminyak? Berikut Daftarnya!

Banyak orang bilang kalo punya wajah jerawatan itu ga boleh pakai make up karena bisa bikin kondisi wajah jadi makin berminyak dan bakal nimbulin jerawat batu. Tapi kayaknya ini cuma hoax ya, karena faktanya masih dibolehin kok orang yang wajahnya jerawatan pakai make up. Yaa yang penting mah tau tips dan trik buat ngakalinnya aja, biar si jerawat ini ga makin meradang.

Berikut ini ada beberapa kosmetik recommended buat wajah jerawatan plus tips dan triknya juga.

– Pakai Pembersih Wajah Yang Mengandung Jeruk Nipis & Mentimun

Bagi orang yang wajahnya jerawatan dan berminyak, sebaiknya pilih pembersih wajah yang mengandung jeruk nipis dan mentimun. Hal ini disaranin banget, karena jeruk nipis dan mentimun selain bisa dijadiin bahan dasar alami perawatan wajah yang jerawatan dan ngatasin masalah minyak, kedua jenis tumbuhan ini juga bisa nyerep keringet berlebih yang jadi penyebab utama si jerawat nongol.

Kalo sista ga mo repot nyari bahan-bahan ini, gampang kok tinggal beli aja produk pembersih wajah yang kandungannya jeruk nipis sama mentimun di pasaran.

– Pakai Pelembap Wajah Jenis Waterbased

Pelembap jenis waterbased emang yang paling cocok dipakai buat wajah jerawatan dan berminyak. Kandungan formulanya yang baik, bikin pelembap waterbased ini jadi gampang diserep sama wajah dan ga bakal nimbulin masalah lain di kulit, misalnya peradangan jerawat.

– Pilih Foundation Yang Tepat

Pilih foundation yang berbentuk cair supaya lebih gampang dibersihin dan ga full ngelekat di kulit wajah dibanding pakai foundation padat. Pakai foundation seperlunya aja, misalnya pas lagi hadir di acara-acara khusus, kayak pernikahan ato undangan formal lain.

Tapi kalo buat sehari-hari, misalnya sekolah ato kuliah sebaiknya cukup pakai pelembap sama bedak aja. Karena makin minimalis kosmetik yang kita pakai di wajah, jerawat bakal makin sulit tumbuh lagi.

– Pakai Bedak Tabur

Pakai bedak tabur di wajah buat ngehindarin kotoran-kotoran makin numpuk di pori-pori wajah. Penggunaan bedak di wajah jerawatan dan berminyak, bisa bikin kotoran makin gampang nempel dan numpuk di wajah sista. Nantinya, kondisi wajah bisa jadi makin parah jerawatnya dan kulit jadi makin minyak.

– Penggunaan Blush On

Banyak yang takut pakai blush on karena khawatir jerawat di pipi bisa makin banyak. Padahal ga usah ragu dan khawatir, kalo blush on dipakai secukupnya, wajah dijamin ga bakal iritasi dan jerawat yang ada ga bakal makin meradang.

– Pakai Tabir Surya

Tabir surya penting banget dipakai buat sista yang kulitnya jerawatan. Kenapa harus? Ya karena kan kalo kulit kebakar, otomatis bisa micu munculnya jerawat sama garis keriput. Bahkan efek jangka panjangnya bisa ngakibatin kanker kulit. Makanya, jangan lupa pakai tabir surya juga kalo sista bepergian ke luar rumah, apalagi pas cuaca lagi terik.

Pilih tabir surya yang spectrumnya luas dengan kandungan SPF minimal 30 dan bisa ngelindungin kulit dari sinar UVA dan UVB. Dan baiknya pilih tabir surya yang berbentuk cair ato spray on buat wajah jerawatan dan berminyak. Hindarin tabir surya yang mengandung benzofenon dan PABA, karena bisa ngakibatin iritasi wajah.

– Pakai Scrub & Masker Wajah

Buat ngobatin wajah yang jerawatan dan berminyak, sista bisa pakai scrub dan masker wajah. Sebaiknya pakai bahan-bahan alami juga supaya mencegah kulit kepapar sama bahan-bahan kimia yang bisa ngakibatin iritasi wajah kalo ga cocok. Bahan-bahannya bisa bikin sendiri di rumah dari tomat ato mentimun.

Tips Memlilih Kosmetik Buat Wajah Jerawatan dan Berminyak

Ada beberapa tips penting dalam milih produk kosmetik yang cocok buat wajah jerawatan dan berminyak, diantaranya:

– Pilih kosmetik kayak blush on dan eyeshadow yang non minyak, non acnegenic, non comedogenic, dan hypoallergenic, karena bebas minyak dan ga bakal ngakibatin iritasi di wajah.
– Hindarin kosmetik yang mengandung alcohol, karena bisa nyumbat pori-pori di kulit wajah dan nimbulin jerawat.
– Cari kosmetik yang mengandung air, titanium dioksida, silica, dan oksida seng buat nyerep minyak dan nyembunyiin jerawat di wajah.
– Pilih blush on, bedak dan eye shadow sesuai warna kulit.
– Kalo kulit sista jadi kemerahan ato iritasi, stop penggunaan kosmetiknya.

Tips Penggunaan Kosmetik Di Wajah Jerawatan dan Berminyak

Buat sista yang jerawatan wajahnya, pastinya jerawat ini bikin rasa percaya diri kita nurun banget. Makanya, harus sering pakai concealer buat nyembunyiin jerawat ini. Caranya, pakai kapas ato spons buat ngaplikasiin concealer di bagian wajah yang jerawatan.

Setelah itu, pakai bedak buat ngeratain lagi riasan di wajah. Tapi sis, ternyata banyak orang yang masih belom faham betul gimana cara ngebersihin wajah yang bener. Berikut cara penggunaan pembersih wajah yang bener:

– Basahin kapas pakai toner, terus tepok-tepokin ke bagian wajah. Gerakkin kapas di wajah dari bagian bawah ke atas.
– Kalo toner berbentuk spray on, semprotin toner di wajah dengan jarak ± 30 cm.
– Lindungin bagian mata pakai kapas, karena toner bisa perih kalo kena mata.

Gimana sis cukup puas kan sama penjelasan diatas tadi? Terapin terus ya tips-tips diatas biar masalah jerawat dan kulit berminyaknya seenggaknya ga terlalu ngerepotin dan bisa berkurang. Maaf kalo masih belum lengkap :p

Gambar Hari Ini:

SD Negeri Karya Baru Kota Bau Bau

Bingung Cari Kosmetik Buat Wajah Jerawatan & Berminyak? Berikut Daftarnya!

Sumber: @kimdaoblog

Bingung Cari Kosmetik Buat Wajah Jerawatan & Berminyak? Berikut Daftarnya!