Bosen Sama Masker Yang Bahannya Itu-itu Aja? Mending Cobain Yuk Ke Masker Cokelat!

0 124

Bosen Sama Masker Yang Bahannya Itu-itu Aja? Mending Cobain Yuk Ke Masker Cokelat!

[dropcap]S[/dropcap]ista yang seneng ngerawat wajah pake masker, mungkin agak bosen sama bahan masker yang itu-itu aja. Kalo ga bengkoang, ya alpuket ato yang bahan dasarnya susu.

Itupun kebanyakan sista ga bikin sendiri, tapi beli masker buatan di toko kecantikan. Iya kan?

Haduh, daripada beli masker buatan terus yang efeknya bisa ngebahayain kulit. Mending cobain yuk sis pake bahan alami!

Sista pada suka cokelat kan pastinya?? Yup, so pasti dong! Sista cobain deh maskeran pake cokelat.

What?? cokelat jadi masker?? Emoh ah, ntar takut dikerubung semut ni muka. Hahaa…

Tenang sist, karena cokelat yang dipake adalah cokelat hitam non pemanis. Jadi dijamin aman. Kalo sista pake cokelat yang udah dicampur sama pemanis, nantinya kulit wajah bisa iritasi dan jerawatan.

Sista, cokelat emang identik dijadiin macem-macem bahan penganan baik makanan ato minuman kayak kue kering, kue ultah, cake, es krim, minuman cokelat panas, permen ato disajiin dalam bentuk batangan kaya yang dijual di toko-toko. Tapi sebenernya, cokelat ini juga berkhasiat buat kecantikan kulit, terutama kulit wajah. Dan yang paling sering dimanfaatin itu jadi masker.

Biar hasilnya maksimal, disaranin mending cokelat dikombinasiin sama bahan-bahan alami yang lain juga. Terus jangan lupa, cokelat hitam yang dipake harus cokelat tawar yang mengandung 70% kakao (bisa dicek di kemasannya).

Cara ngeraciknya juga gampang banget, sista bisa aplikasiin kapan aja dimana aja. Meski super sibuk sama aktivitas seperti kuliah dan kerja. Tapi dijamin tips yang satu ini ga ngeribetin deh, dan ga butuh waktu lama buat bikinnya.

Nih, langsung simak aja yuk penjelasan soal manfaat dan cara ngeracik masker cokelat!

Manfaat Cokelat Buat Kulit Wajah

1. Menyehatkan Kulit Wajah

Semua nutrisi yang ada didalem coklat ternyata dipercaya ampuh banget buat ngejaga kesehatan kulit wajah. Kalo kulit pengen langsung keliataan kinclong dan sehat, maskerannya harus rutin dan pastinya sesuai aturan tapi yaa..

2. Kaya Antioksidan

Cokelat ternyata juga kaya antioksidan, khususnya cokelat hitam yang bisa ngelindungin kulit wajah dari serangan racun ataupun kuman yang sering nempel di kulit wajah. Terus sista bisa keliatan selalu awet muda, karena cokelat bisa mencegah nongolnya keriput, garis-garis, kerutan dll.

Bahkan menurut hasil penelitian para pakar kecantikan, antioksidan didalem cokelat hitam bisa ngelindungin tubuh hampir 100 kali lebih efektif dibanding vitamin C, dan 25 kali lebih ampuh dari vitamin E.

3. Menutrisi Kulit Wajah

Manfaat masker cokelat yang lain yakni bisa menutrisi kulit wajah. Kayak yang udah dijelasin tadi, kalo cokelat ini punya kandungan alami yang bisa menutrisi wajah. Kandungan didalem cokelat juga banyak banget, diantaranya mengandung vitamin A, B1, C, D, E, dan kaya mineral juga kayak kalsium, zat besi, magnesium, dll.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Maskeran pake cokelat bisa bikin kulit wajah jadi makin cerah, biasanya bisa dipaduin sama susu murni secukupnya.

5. Melembapkan Kulit Wajah

Biar kulit wajah semakin lembap, masker cokelat bisa dicampur sama susu dan madu murni secukupnya.

6. Sebagai Detoksifikasi

Masker coklat juga bisa dimanfaatin buat detoksifikasi lho sist. Jadi dijamin ampuh buat ngatasin racun di kulit, kaya iritasi kulit sama alergi. Sista bisa kombinasiin cokelat sama kafein.

7. Ngelindungin Kulit Dari Sinar UVA dan UVB

Flavonoid tinggi didalem cokelat efektif banget buat mencegah pancaran buruk sinar ultraviolet. Bukan cuma itu, kandungan anti inflamasinya juga ampuh ngatasin peradangan akibat pengaruh berlebih dari sinar ultraviolet.

pemutih yang bagus
Lanjut…
Setelah kita tahu soal manfaat masker cokelat diatas tadi. Sekarang kita bahas soal cara ngeracik masker cokelatnya. Berikut cara-caranya:

1. Masker cokelat + Oatmeals

Oatmeals cocok banget dijadiin kombinasi bahan masker cokelat. Kenapa? Karena oatmeals bisa jadi scrub yang pas buat ngebantu sel-sel di permukaan kulit biar gampang mengelupas.

Cara ngeraciknya:

– Siapin dark chocolate (cokelat tawar) secukupnya + 3 sendok oatmeals (bisa disesuaiin sama kebutuhan).
– Campurin kedua bahan tadi jadi satu, terus supaya jadi berbentuk kayak pasta, sista bisa tambahin sedikit air putih mateng. Aduk sampe merata.
– Sebelum masker dipake, sebaiknya bersihin dulu wajah pake air anget. Supaya pori-pori bersih dari kotoran dan bisa langsung nyerap nutrisi dari cokelat.
– Olesin masker ke wajah. Olesinnya dikit-dikit aja tapi ya sist! Boleh sambil dipijat lembut supaya sel kulit mati pada terkelupas).
– Diemin masker cokelat sampe bener-bener ngeresap sekitar 1 jam. Terakhir, bilas pake air dingin sampe bersih total.

2. Masker cokelat + Strawberry

Selain sebagai pemerah bibir alami yang bagus, strawberry juga ternyata efektif buat ngerawat kulit karena banyak mengandung antioksidan.

Cara ngeraciknya:

– Siapin cokelat tawar secukupnya+1 buah strawberry segar.
– Strawberry dihalusin terus dicampur sama cokelat. Pastiin campurannya berbentuk pasta ato krim. Soalnya kalo encer, nanti masker susah diaplikasiinnya.
– Setelah wajah dibersihin, olesin masker cokelat tadi ke seluruh area wajah. Ingat, jangan olesin masker di area mata dan bibir ya sis!
– Supaya meresap sempurna, diemin masker sampe terasa kaku sekitar 1 jam. Terus basuh sama air dingin.

3. Masker cokelat + Bubuk Kopi Hitam

Kayak yang udah dibahas tadi, kalo kafein bisa ngebantu proses detoksifikasi racun di dalem kulit. Dan kafein ini banyak terkandung didalem kopi, khususnya kopi hitam.

Cara ngeraciknya:

– Siapin 2 sendok makan bubuk kopi hitam+coklat tawar.
– Lumatin coklat dan campur sama bubuk kopinya. Kalo sulit menyatu, sista bisa tambahin air sedikit sampe terbentuk kayak pasta.
– Bersihin dulu wajah, terus olesin deh pelan-pelan maskernya sambil dipijat lembut selama 15 menit, supaya hasilnya maksimal.
– Terakhir, bilas masker pake air hangat sampe bersih. Penggunaan air hangat ini buat ngelarutin racun dari wajah.

4. Masker cokelat + Madu

Cokelat+madu, emmm… mending buat cemilan aja. Heheh.. Selain lezat buat dikonsumsi, ternyata kedua campuran ini mantep banget dijadiin masker buat kulit wajah. Karena madu dipercaya bisa bikin kulit keliatan cerah plus ngatasin jerawat juga.

Cara ngeraciknya:

– Siapin cokelat+madu tawar secukupnya.
– Campur kedua bahan tadi sampe berbentuk kayak pasta ato krim. Diemin selama 20 menit.
– Olesin masker ke area wajah yang udah dibersihin sebelumnya.
– Diemin masker sampe bener-bener meresap kira-kira 30 menitan. Terus bilas deh sampe bersih pake air dingin.

Nah, gimana sist? Mo coba yang mana? Apa tertarik mo coba semua caranya?

Hihihi.. kalo mo coba, satu-satu dulu aja jangan diborong. Tapi kalo mo coba satu persatu buat ngerasain mana yang cocok, silahkan aja.. hehee.. yang penting jangan terlalu sering, cukup seminggu 2x aja.

Oia, tips tambahan, sambil maskeran sista bisa manfaatin potongan buah mentimun dan ditempel di bagian mata. Biar pas abis maskeran, bukan cuma wajah aja yang jadi seger nan kinclong, tapi mata juga jadi lebih seger dan bening. Semoga berhasil.

like
Suka dengan artikel ini? Jangan lupa tekan Like di bawah ya 🙂

Gambar Hari Ini:

Iceland Vesturhorn

Bosen Sama Masker Yang Bahannya Itu-itu Aja? Mending Cobain Yuk Ke Masker Cokelat!