Cari Tahu Yuk Ciri-Ciri Kulit Wajah Berminyak Dibawah Ini

0 107

Cari Tahu Yuk Ciri-Ciri Kulit Wajah Berminyak Dibawah Ini

Jenis kulit wajah berminyak punya ciri-ciri khusus yaitu permukaan kulit wajah keliatan berminyak dan agak sedikit susah diilangin minyaknya sampai bersih tuntas meski udah pakai berbagai produk kosmetik ato cleanser.

Pemakaian produk kosmetik dan sabun pembersih kadang sedikit ngebantu mencerahkan kulit wajah berminyak. Tapi sayangnya, cara ini sifatnya ga permanen karena dalam itungan jam aja kulit wajah biasanya bakal berminyak lagi.

Kulit wajah berminyak, permukaan kulit wajahnya keliatan berkilau khususnya di area tengah wajah dan dahi. Lobang pori-pori kulit wajah berminyak biasanya sedikit lebih gede dibanding jenis kulit wajah lain. Kulit wajah berminyak rawan banget kena jerawat yang diakibatin sama infeksi bakteri, karena debu dan minyak di permukaan kulit wajah numpuk.

Kulit wajah yang berminyak kadang keliatan banget minyaknya merata di permukaan kulit. Tapi itu terjadi biasanya kalo kekeringan kulitnya nyerang di lapisan epidermis ato lapisan kulit bawah. Kekeringan kulit ini erat banget kaitannya sama hidrasi kulit. Dan emang jenis kulit wajah berminyak ini adalah yang paling banyak dikeluhin sama kaum wanita, karena rawan banget nimbulin jerawat.

Gimana Cara Ngenalin Jenis Kulit Kita Berminyak Ato Enggak?

Caranya yaitu dengan ngusapin tisu di wajah, kalo ada minyak di tisu maka kulit wajah kita tergolong berminyak. Ngerawat kulit wajah berminyak itu agak susah. Dan disaranin baiknya kita pilih produk kosmetik yang ga mengandung minyak. Kita juga harus konsisten pakai produk kosmetik yang berbahan dasar air buat ngurangin produksi kelenjar minyak.

Selain itu, bersihin wajah secara teratur dan pakai juga masker wajah biar jerawatnya berkurang. Hindarin makan makanan yang mengandung banyak minyak kayak gorengan, krupuk, dll.

Kenapa Kulit Wajah Berminyak Perlu Perhatian Khusus?

Kebanyakan kulit wajah berminyak itu cenderung keliatan mengkilap dan kusem. Bener ga? Yup bener banget. Kalo keadaan ini dibiarin terus dan berlangsung sampai bertaun-taun, nantinya pori-pori di kulit bisa ketutup sama minyak dan debu yang nempel dan bisa nimbulin masalah jerawat batu (Cristic Acne). Sebagian kecil orang mungkin nyepelein masalah ini. Tapi banyak orang yang ga nyaman banget dan sering ngeluhin kondisi kulit wajahnya yang berminyak.

Apa Aja Sih Penyebab Utama Kulit Wajah Berminyak?

Katanya, penyebab utama masalah kulit berminyak itu adalah faktor genetik. Tapi jangan khawatir kalo emang kalian punya riwayat kesehatan keluarga yang kulitnya berminyak, karena hal ini masih lebih baik dibanding disebabin sama iklim tropis. Faktor utama lainnya yaitu pola makan yang ga kekontrol.

Terlalu banyaknya gula, cairan dan masuknya garam ke dalam tubuh bisa nimbulin masalah kulit wajah berminyak. Dokter kulit biasanya suka nyaranin kita buat diet makan makanan yang berminyak supaya masalah kulit berminyak bisa diatasin.

Selain itu, produksi hormon juga berperan penting terhadap produksi minyak didalem tubuh khususnya di area kulit yang sensitive, yakni wajah. Faktor hormonal emang banyak diduga sebagai penyebab utama produksi minyak berlebih didalem tubuh yang ujung-ujungnya nyebabin seseorang jadi jerawatan.

Salah satu hormon penyebab kulit berminyak adalah hormon androgen. Hormon ini bisa ngedorong kulit ngehasilin minyak berlebih.

Bercampurnya sel-sel kulit mati sama minyak yang terus menerus juga ikut nyedot munculnya timbunan debu dan kotoran di area tersebut. Kalo makin lama dibiarin, timbunan ini bakal makin banyak dan jadi lengket banget sehingga akhirnya bisa nyumbat pori-pori yang ada di kulit wajah. Campuran antara debu, kotoran sama minyak suka nimbulin bintik-bintik hitam ato komedo di kulit. Dan dari sinilah jerawat tumbuh.

Hormon androgen juga cenderung ga seimbang selama masa kehamilan, dimana kulit wajah berminyak seringkali jadi masalah para wanita pas lagi hamil. Selain itu, pil KB juga bisa jadi akar penyebab kulit wajah berminyak.

Kapan Bagusnya Ngerawat Kulit Wajah Berminyak?

Kalo ditanya kapan bagusnya waktu perawatan kulit wajah berminyak, jawabannya pastinya lebih cepet lebih baik dong sis! Banyak pakar kecantikan bilang, bahwa ngerawat kulit berminyak itu prosesnya ga gampang. Karena butuh keseimbangan supaya keluarnya minyak bisa teratur sesuai kebutuhan kulit wajah kita tanpa harus nimbulin masalah baru.

Perawatan wajah yang ampuh adalah dengan cara ngurangin kadar minyak berlebih pakai bahan kimia ato sabun padet. Tapi inget sis, jangan terlalu berlebihan pakainya dan usahain bahan kimianya juga jangan terlalu banyak, supaya kadar minyak di area tertentu ga berkurang.

Tips-Tips Perawatan Kulit Wajah Berminyak.

– Diet makanan berminyak merupakan faktor paling penting dalam ngatasin masalah kulit wajah berminyak.

– Kalo pengen pakai sabun wajah yang banyak mengandung bahan kimia, lebih baik hindarin sabun yang mengandung alkohol. Malah lebih baik lagi kalo pakai sabun yang bahan dasarnya alami, misalnya minyak zaitun, almond sama alpukat. Jenis-jenis sabun alami ini punya fungsi resapan yang bagus sampai ke dalem, karena bisa bantu proses pergantian sel-sel kulit dan ngejaga kelembapannya.

– Basuh wajah pakai air anget, bukan air panas. Air panas emang bisa mempermudah sabun ngilangin minyak sama kotoran di wajah dan juga bisa mempercepat proses pengeluaran minyak di wajah. Tapi hal ini ternyata bisa nyebabin kulit jadi kering dan bersisik. Penting juga diperhatiin buat ga ngegosok-gosokin wajah secara berlebihan pakai tisu ato handuk, karena nantinya wajah bisa jadi kering.

– Jangan keseringan bersihin wajah karena bisa nyebabin terjadinya Reactive Seborhea (kekurangan kelenjar sebaceaus). Beberapa ahli skincare berpendapet, bahwa minyak yang diproduksi sama kelenjar sebaceous bermanfaat dalam ngelicinin kulit wajah sehingga kelembapan kulit wajah jadi terjaga.

Makanya kalo kita keseringan bersihin wajah, kulit bisa kehilangan sebum, dan kulit bakal berubah jadi kering, bersisik, timbul rasa gatel, dan kulit wajah jadi lebih cepet keriputan.

– Bersihin wajah cukup 2x per hari, pakai sabun wajah yang busanya lembut biar minyak berlebihan bisa hilang dan kelembapan kulit tetep kejaga.

– Pakai pelembap itu penting, makanya jangan sampai salah pilih produk pelembap ya. Perhatiin bahan yang terkandung didalem pelembap yang kita pakai. Pelembapnya sesuai ato engga sama jenis kulit kita. Kalo bisa konsultasiin juga ke ahli kecantikan.

Hati-hati pakai pelembap yang berbahan kimia ato sintetis, karena justru bisa nyebabin masalah baru di kulit wajah, diantaranya reaksi alergi, dehidrasi, bahkan jerawat. Kalo kadar kelembapannya ga sesuai sama kelembaban yang dibutuhin kulit wajah, nantinya malah nyebabin minyak berlebih makin banyak keluar.

– Setelah ngegosok-gosok wajah pakai sabun yang lembut, baiknya pakai pelembap berbahan dasar alami kayak minyaK almond, zaitun ato alpukat, dimana kesemua bahan pelembap alami ini bisa ngelindungin, ngelembapin dan bantu kulit wajah jadi keliatan cerah tanpa nimbulin efek samping.

Gambar Hari Ini:

Main Game Di Warnet Banjir

Cari Tahu Yuk Ciri-Ciri Kulit Wajah Berminyak Dibawah Ini

Sumber: @kimdaoblog

Cari Tahu Yuk Ciri-Ciri Kulit Wajah Berminyak Dibawah Ini