Ga Usah Bingung Lagi Menghilangkan Tahi Lalat, Karena Bisa Pakai Cara Ini!

0 184

Ga Usah Bingung Lagi Menghilangkan Tahi Lalat, Karena Bisa Pakai Cara Ini!

Tahi lalat ato bahasa kerennya andeng-andeng emang hampir semua orang punya di kulitnya. Tahi lalat ini ada yang udah bawaan dari lahir (faktor genetic), dan ada juga yang muncul pas seseorang udah dewasa, misalnya efek obat-obatan ato krim pemutih, makanan cepat saji, ato akibat pengaruh bahan-bahan yang mengandung logam arsen.

Rata-rata tiap orang punya 10-40 tahi lalat yang nyebar di kulit tubuhnya, misalnya di area wajah, kepala, leher, tangan, kaki, dan area kulit tubuh lain. Bahkan ada mitos yang nyebutin kalo tahi lalat yang muncul di area-area tertentu itu punya arti masing-masing. Entah itu nandain sifat, faktor keberuntungan ato nasib si empunya tahi lalat. Hihihii ada-ada aja ya!

Terlepas dari mitos tadi, orang kadang kebanyakan minder kalo punya tahi lalat di area wajah. Dan kebanyakan yang ga pede punya tahi lalat di wajah itu kaum wanita. Lho, kenapa harus malu sis? Padahal lucu tau, bisa bikin wajah jadi makin manis.:p

Emang sih mungkin ada sebagian sista yang pede-pede aja punya tahi lalat di pipi misalnya, ato di area wajah lain. Tapi ga sedikit juga yang ga pede bhangat punya tahi lalat di wajah, apalagi bentuknya gede dan nonjol jadi kayak tompel.

Sebenernya apa itu tahi lalat? Kenapa disebut tahi lalat?

Secara umum tahi lalat ukurannya emang lebih kecil dibanding tanda lahir jenis vascular atopun tanda lahir berpigmen kayak spot mongolia dan spot cafe au lait. Bentuknya ada dua, ada yang kayak titik nempel rata di kulit, terus ada juga yang nonjol yang disebut tahi lalat “hidup” yang bisa tumbuh makin gede bentuknya seiring berjalannya waktu.

Pada dasarnya, tahi lalat itu ga bahaya dan rata-rata sifatnya jinak. Tapi tahi lalat juga bisa berubah jadi ganas dan berkembang jadi kanker kulit yang dikenal dengan sebutan Melanoma Maligna.

Paparan sinar UV dan jenis kulit merupakan dua faktor yang berpengaruh bhangat di kasus Melanoma Maligna ini. Makanya, sista perlu waspada sama tahi lalat yang bentuk, warna, ukurannya berubah, dan sering kerasa gatel.

Apa tahi lalat bisa disamarin sama make up? Kalo bisa gimana caranya?

Kalo sista pengen ngilangin tahi lalat, mungkin nyamarin tahi lalat di wajah pakai make up bisa jadi alternative pilihan yang tepat buat nutupinnya. Solusi make up yang bisa dipilih yaitu dengan teknik make up concealer termasuk concealer tato. Pilih concealer yang warnanya kuning, hijau, ato ungu, sama foundation heavy duty buat ngimbangin tahi lalat.

Caranya, olesin sedikit concealer ke area tahi lalat, campurin dengan gerakan ngelingkar sampai sesuai sama warna kulit sista. Setelah itu, aplikasiin foundation di wajah dan leher pakai kuas foundation kecil biar ga kagok.

Usahain jangan pakai concealer yang warnanya terlalu terang karena bisa bikin tahi lalat jadi keliatan nonjol. Kalo sista pengen dapetin efek yang sesuai, tambahin lagi concealer, tapi jangan pakai bedak dulu. Setelah semua dirasa cukup, baru lapisin wajah pakai bedak.

Gimana cara ngilangin tahi lalat yang bener?

Kalo mo ngilangin tahi lalat, baiknya jangan sekali-kali dikorek ato ditusuk pakai jarum ya sis, karena bisa infeksi dan berkembang jadi kanker kulit. Cara cepet dan efektif buat ngilangin tahi lalat adalah dengan operasi bedah ato dengan metode laser. Cuma kekurangannya, metode ini ga murah sis.

Tapi tenang aja, masih ada cara lain kok, yakni dengan cara tradisional yang pastinya lebih aman dan ga perlu ngabisin banyak uang. Bahkan cara-cara tradisional ini udah sering dipakai sama leluhur kita dulu sebelum ditemuin metode laser.

– Ngilangin tahi lalat pakai cuka cider

Apa itu cuka cider? Cuka cider merupakan cuka yang terbuat dari bubuk apel ato bisa disebut juga cuka apel. Cuka cider emang punya banyak manfaat, salah satunya bisa ngilangin tahi lalat. Caranya, olesin cuka cider ke tahi lalat yang mo diilangin pakai kapas ato cutton buds.

Diemin sekitar 20 menitan, tunggu sampai hasil olesan tadi jadi kering. Setelah itu, bilas pakai air dingin ato kompres pakai es batu. Lakuin cara ini kira-kira 10-15 kali tiap harinya selama 1 minggu.

– Ngilangin tahi lalat pakai getah jarak

Getah jarak selain bisa dipakai buat ngobatin sakit gigi, juga bisa dimanfaatin buat ngilangin tahi lalat. Sista bisa pakai getah jaraknya langsung ato pakai minyak jarak (Castrol oil) dicampur sama baking soda. Olesin aja langsung ke tahi lalat, diemin semaleman. Cara ini bisa dengan cepet mudarin tahi lalat, apalagi kalo rutin diolesin tiap hari.

– Ngilangin tahi lalat pakai bawang putih

Kandungan sulfur yang ada didalam bawang putih ternyata efektif juga ngilangin tahi lalat sis. Caranya, halusin 1 siung bawang putih ato secukupnya. Kalo udah halus, tempelin ke tahi lalat yang pengen diilangin. Usahain supaya si bawang putih tetep nempel dengan cara diplester ato diperban. Diemin semaleman dan lakuin cara ini rutin sampai tahi lalat bener-bener hilang.

– Ngilangin tahi lalat pakai kapur sirih

Banyak orang berpendapat kalo kapur sirih itu ampuh bhangat buat ngilangin tahi lalat. Sebenernya, cara ini ga recommended sih, karena udah pakai bahan kimia. Tapi, buat sekedar tau, gpp kali ya sis kita bahas juga.

Caranya, kapur sirih dicampur sama sabun colek didalam 1 wadah. Setelah kecampur rata, olesin ke permukaan tahi lalat pakai kapas. Sista bisa lakuin cara ini pas malem sebelum tidur, karena emang butuh waktu cukup lama buat nunggu olesan jadi kering. Setelah kering, ramuan yang diolesin ke tahi lalat jangan dulu dibersihin. Biarin tetep nempel sampai tahi lalat jatoh sendiri tanpa dikelupas.

Oia, ngilangin tahi lalat dengan cara ini emang ga bakal nimbulin bekas luka. Tapi biasanya suka perih dan panas di area tahi lalat yang diolesin. Rasa perih ini muncul karena akar-akar si tahi lalat keangkat dan mati setelah kena ramuan.

Semoga tipsnya beneran ampuh ya sis, selamat mencoba :p

Gambar Hari Ini:

Jalan Anyer Panarukan

Ga Usah Bingung Lagi Menghilangkan Tahi Lalat, Karena Bisa Pakai Cara Ini!

Sumber: @kimdaoblog

Ga Usah Bingung Lagi Menghilangkan Tahi Lalat, Karena Bisa Pakai Cara Ini!