Hati-Hati Pakai Tissue Pembersih Wajah Kalo Kulit Kalian Ga Mau Rusak!

0 86

Hati-Hati Pakai Tissue Pembersih Wajah Kalo Kulit Kalian Ga Mau Rusak!

Di tengah-tengah kesibukan dan padetnya aktivitas yang kita jalanin, pastinya kita bakal milih sesuatu yang lebih praktis. Ga terkecuali soal produk perawatan kulit yang dipakai. Tissue pembersih wajah merupakan sebuah produk baru yang praktis dipakai.

Produk yang satu ini emang sering kali dipakai buat ngebersihin makeup ato riasan wajah karena barang ini dijual dengan harga murah, efektif, dan lebih cepet. Makanya ga heran kalo tissue pembersih wajah jadi salah satu barang penting didalem tas wanita yang super sibuk.

Tapi seiring melesatnya pemakaian tissue ini, ternyata pemakaian tissue basah bisa nimbulin efek buruk kalo terlalu sering dipakai di wajah. Menurut hasil penelitian para dermatologi, tissue pembersih wajah bisa nyebabin berbagai masalah kulit mulai dari noda sampai keriput. Para ahli perawatan kulit juga nyebutin bahwa tissue pembersih ini ga efektif buat ngebersihin kulit, malah kotoran dan makeup bakal ketahan di permukaan kulit. Berikut ini beberapa alesan kenapa kita harus ngebatesin pemakaian tissue pembersih wajah dan kenapa tissue ini ga baik buat kulit wajah kita.

Ga Ngebersihin Wajah

Meskipun secara kasat mata tissue pembersih wajah mampu ngilangin riasan makeup kita dan keliatan kotor setelah dipakai buat ngebersihin wajah. Tapi tissue ini nyatanya ga bisa ngilangin minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati kayak yang dilakuin dalam rutinitas harian kita (pakai pembersih, penyegar, dan pelembap wajah). Tissue ini malah bekerja sebaliknya, yaitu bikin kulit jadi kering dan iritasi karena kandungan bahan-bahannya.

Bikin Kulit Jadi Kering

Mo kalian punya kulit kering, kombinasi atopun berminyak, tissue pembersih wajah itu bukanlah produk terbaik buat kulit kita. Kebanyakan tissue pembersih wajah mengandung alkohol dan bahan-bahan yang sifatnya ngeringin. Kalo kulit kalian sensitive, sebaiknya hindarin pemakaian tissue ini. Di kulit berminyak, tissue ini bakal ngeganggu produksi sebum alami yang ngejaga keseimbangan minyak alami kulit karena efek pengeringannya.

Mengandung Bahan-bahan Kimia Berbahaya

Tissue pembersih wajah harus tetep lembap meskipun kemasannya udah terbuka. Hal ini dikarenakan tissue ini mengandung bahan pengawet yang bisa nyebabin iritasi, bahkan ruam-ruam di kulit. Kandungan yang paling berbahaya adalah methylisothiazolinone (MI) dan 2-Bromo-2-nitropropane-1,3-diol yang merupakan salah satu formalin bebas. Bahan ini udah terbukti mampu ningkatin resiko dermatitis dan alergi.

Menurut Emma Haar, seorang penulis di prevention.com, nyebutin bahwa bahan pengawet ini ga uda ga boleh dipakai dalam produk kosmetik dan perawatan kulit sejak taun 2005. Makanya, hati-hati pas beli produk pembersih wajah. Cek labelnya dan hindarin pemakaian produk tissue yang mengandung methylisothiazolinone.

Berikut ini beberapa bahan yang biasa ada didalem tisu wajah, yaitu:

– Propylene Glycol dan Dipropylene Glycol: Bahan penyebab iritasi kulit.
– Parabens: Kimia yang gampang diserep tubuh dan termasuk salah satu penyebab kanker.
– Fenoksietanol: Salah satu iritan.
– 2-Bromo-2-nitropropane 1, 3-Dio: Agen anti-mikroba ampuh yang udah masuk peringkat bahaya tertinggi, 8-10 (berdasarkan data dari Skin Deep Ingredients).

Ga Cocok Buat Ngehapus Makeup Di Area Mata

Ngegosokkin tissue pembersih wajah di area mata ga disaranin banget. Kulit di area mata itu lebih tipis dan sensitif dibanding kulit di area wajah lainnya. Pakai tissue pembersih cuma bakal mempercepat kebentuknya kerutan halus di area mata. Makanya, hindarin ngegosokkin tissue pembersih di kulit area mata biar kulit ga cepet keliatan menua.

Tissue Pembersih Wajah Ngehalangin Produk Perawatan Kulit Sehingga Ga Bekerja Secara Efektif

Kalo sista ga bener ngebersihin make up di wajah, nanti produk yang diaplikasiin setelah pakai tissue pembersih wajah kayak pelembab, serum, ato krim malam ga bakal bekerja secara efektif dan hasilnya sia-sia aja, karena kulit masih dalam keadaan kotor.

Banyak orang beranggapan kalo produk perawatan yang mereka beli ga bekerja maksimal karena harganya yang kurang mahal ato ga cocok di kulit. Padahal pendapet itu salah besar, dan bisa jadi karena diakibatin seringnya sista pakai tissue pembersih wajah.

Nyebabin Munculnya Jerawat Ato Makin Memperparah Kondisi Jerawat

Sista mungkin berpikir kalo tissue pembersih wajah bakal ngebersihin kotoran dan bakteri akibat pemakaian makeup sehingga ga nimbulin jerawat. Padahal fakta ngebuktiin, kalo tissue pembersih wajah itu ga bersihin wajah, tapi malah nyebarin jerawat ke semua permukaan kulit wajah. Makanya jangan heran kalo kondisi jerawat jadi makin parah.

Nyebabin Iritasi Di Bibir

Bibir merupakan daerah kulit yang sensitif di wajah dan lebih rentan sama ruam juga masalah lain yang disebabin sama tisu pembersih wajah. Makanya, tissue ini ga disaranin banget dipakai buat ngehapus lipstik ato area bibir, karena bisa nyebabin iritasi.

Ga Punya Daya Serap Yang Baik

Hampir semua tissue pembersih wajah 100% ga punya daya serap yang baik kayak kapas. Tissue ini emang keliatannya ngebersihin wajah kita, padahal sama sekali enggak. Terus dia juga ga bisa nyerep minyak sama kotoran di wajah, sehingga wajar banget kalo bakteri dan kuman masih nempel di permukaan kulit.

Demikian beberapa bahaya yang bisa ngancem kulit wajah kalo wajah kita terlalu sering di lap pakai tissue pembersih wajah. Tapi, kalo emang kalian kepaksa harus pakai, coba ikutin aturan-aturan dibawah ini:

– Setelah pakai tissue wajah, bilas wajah pakai air buat ngurangin efek kering dan ngebersihin bahan-bahan berbahaya yang ditinggalin tissue di wajah.
– Hindarin pemakaian tissue ini di area bibir sama mata.
– Kalo kalian jenis kulitnya kering ato kulit kombinasi, jangan lupa pakai pelembap setelah pakai tissue pembersih wajah.
– Hindarin tissue yang pakai wangi-wangian tertentu supaya ga makin memperparah iritasi kulit wajah.

Tissue pembersih wajah terdiri dari dua jenis, yakni tissue kering dan tissue basah. Tissue kering biasanya pakai air dulu sebelum dipakai, sedangkan tissue basah udah basah, makanya lebih praktis di bawa kemana-mana. Tapi ada satu hal yang perlu kita tau, bahwa kulit yang sehat itu diawalin sama wajah yang bersih. Ngelakuin hal-hal praktis itu ga salah, tapi ada baiknya kalo kita ngelakuin rutinitas perawatan wajah dengan cara yang tepat. Meskipun tissue pembersih wajah bisa mempermudah kita ngehapus riasan makeup. Tapi dia sama sekali ga bisa ngasih efek dan manfaat yang baik ke kulit.

Sekian. Pokoknya selalu hati-hati ya sis!

Gambar Hari Ini:

Foto Palsu

Hati-Hati Pakai Tissue Pembersih Wajah Kalo Kulit Kalian Ga Mau Rusak!

Sumber: @kimdaoblog

Hati-Hati Pakai Tissue Pembersih Wajah Kalo Kulit Kalian Ga Mau Rusak!