Ini Dia Cara Efektif Mengatasi Wajah Yang Iritasi Akibat Kosmetik

0 73

Ini Dia Cara Efektif Mengatasi Wajah Yang Iritasi Akibat Kosmetik

Kulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang paling rentan dibanding kulit tubuh lainnya. Apalagi kalo kulitnya sensitive, salah perawatan dikit aja, bisa-bisa timbul banyak masalah kayak iritasi, jerawat, kulit jadi kemerahan, gatel-gatel, luka, muncul ruam, juga masalah lain.

Makanya nih, kalo sista punya tipe kulit wajah yang sensitive, bersihin kulitnya harus bener-bener ekstra hati-hati dan pinter milih kosmetik supaya kulit wajah jadi ga iritasi. Apalagi sekarang ini makin banyak aja kasus kulit wajahnya jadi iritasi dan rusak akibat pakai kosmetik sembarangan yang dijual bebas di pasar.

Kalo kulit wajah udah rusak akibat iritasi, kulit biasanya jadi tipis, muncul luka di lapisan epidermis kulit, kerasa perih, dan kulit jadi kemerah-merahan.

Gimana sih cara milih kosmetik yang baik supaya ga nimbulin iritasi di kulit wajah?

Biar ga salah milih produk kosmetik perawatan kulit, sista baiknya kenalin dulu jenis kulitnya. Karena biasanya tiap produk itu dikhususin cuma buat jenis kulit tertentu aja.

Sebelum beli produk kosmetik, cari tau juga komposisi bahan-bahan dasar yang dipakai dalam produk kosmetik itu. Baca yang teliti soal kandungan bahannya apa yang biasanya udah tercantum di kemasannya. Jangan sampai nantinya malah nyalahin produsen kosmetiknya kalo terjadi apa-apa. Karena si produsen udah ngasih peringatan di kemasan.

Kalo teliti, sista bakal kehindar dari bahan-bahan kosmetik berbahaya kayak hydroquinone sama merkuri. Oia, sedikit info, produk kosmetik yang paling sering pakai bahan berbahaya kayak tadi itu biasanya produk pemutih dan pencerah kulit (produk wallet). Meski sebenernya penggunaan kedua bahan berbahaya ini udah dilarang, tapi ga menutup kemungkinan kalo masih ada beberapa produk yang pakai bahan ini.

Kenapa merkuri sama hydroquinone dilarang?

Karena cara kerja kedua bahan ini yakni ngelupas kulit secara “paksa”, dan bisa ngebunuh sel-sel melanin yang berguna buat ngejaga kulit dari sinar matahari. Pokoknya bisa dipastiin deh, kulit sista bisa rusak kalo pakai kosmetik yang mengandung merkuri sama hydroquinone.

Kalo udah tau apa aja komposisi bahannya, jangan lupa cek tanggal expired si kosmetik kapan? Karena kalo kosmetik yang udah expired tetep dipakai, kulit juga bisa iritasi sis. Ato biar lebih aman, sista bisa minta pendapat orang-orang terdekat yang udah pernah pakai produk kosmetik itu.

Tapi tetep hati-hati ya, belom tentu di kulit sista juga cocok kayak di kulit temen ato sodara yang udah pernah pakai.

Gimana buat mencegah iritasi itu?

Kayak yang udah dibahas tadi di awal, hal pertama yang harus dilakuin adalah dengan pinter-pinter milih produk kosmetik yang aman dan sesuai sama jenis kulit. Terus baru deh perhatiin hal-hal ini juga biar terhindar dari iritasi:

– Jaga kebersihan kulit wajah dan rajin bersihin pakai facial wash yang bagus dan aman. Ato bisa juga bersihin wajah pakai kain lembut yang udah direndem pakai air hangat. Yang penting inget, jangan sampai lupa bersihin kosmetik sebelum tidur!

– Perbanyak minum air mineral ato air putih minimal 8 gelas tiap harinya. Racun bisa kenetralisir dan iritan ato allergen yang diserap sama kulit bisa keluar dengan rutin minum air putih. Karena bahaya bhangat kalo racun-racun dan allergen jahat itu sampai beredar sama aliran darah dan nyebar ke seluruh tubuh.

– Perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E. Vitamin-vitamin ini bisa ngedetoksifikasi racun-racun didalam tubuh. Selain itu juga ampuh buat ningkatin produksi kolagen dan pembentukan jaringan kulit baru.

– Hindarin paparan sinar matahari langsung juga debu yang bisa makin memperburuk kondisi kulit wajah yang teriritasi.

Gambar Hari Ini:

Google Street View

Ini Dia Cara Efektif Mengatasi Wajah Yang Iritasi Akibat Kosmetik

Sumber: @kimdaoblog

Ini Dia Cara Efektif Mengatasi Wajah Yang Iritasi Akibat Kosmetik