Ini Dia Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Yang Bisa Ngerusak Kulit Wajah Kamu (Wajib Dihindarin)!

0 97

Ini Dia Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Yang Bisa Ngerusak Kulit Wajah Kamu (Wajib Dihindarin)!

Punya kulit wajah yang sehat dan cantik pastinya idaman setiap kaum wanita. Makanya, ga sedikit orang bahkan rela ngeluarin banyak biaya cuma buat pergi ke salon ato klinik-klinik kecantikan, dan beli produk-produk perawatan mahal. Tapi sayang, usaha-usaha yang dilakuin ini ga selalu dapetin hasil yang maksimal.

Kalo sista termasuk salah seorang yang ngalamin juga, baiknya perhatiin dulu gaya hidup sehari-hari. Mungkin tanpa disadarin ada banyak kebiasaan buruk yang bisa ngerusak kulit wajah. Efeknya mulai dari nimbulin masalah-masalah wajah yang umum kayak jerawat, komedo, sampai masalah serius lain, misalnya kerutan, penuaan dini sampai penyakit kanker kulit. Haduh jangan sampai deh!

Makanya nih ada kebiasaan-kebiasaan yang perlu kita tau, karena bisa jadi kebiasaan inilah yang bikin wajah kita jadi rusak. Kalo sista ternyata sering ngelakuin rentetan kebiasaan ini, stop dan hindarin!

Ngerokok

Ngerokok merupakan kebiasaan buruk yang harus kita hindarin kalo pengen punya kulit sehat dan cantik. Karena ngerokok bisa ngebentuk enzim matrix metalloproteinases yang ngerusak kolagen. Akibatnya, meski masih muda, tapi wajahnya suka udah keriputan, ada bintik-bintik hitam, dan garis-garis halus gampang nongol.

Parahnya lagi, kebiasaan ini bisa ningkatin resiko kena kanker kulit dan masalah-masalah kulit lainnya juga.

Minum Alkhohol

Kebanyakan minum alcohol bisa bikin kulit dehidrasi dan kehilangan minyak alaminya. Jadi, kesegaran kulit pun bakal berkurang dan garis-garis halus sama keriput rentan muncul. Alcohol juga bisa nyebabin pelebaran pembuluh darah, jadinya kulit wajah keliatan kemerahan dan gampang jerawatan. Ga cuma itu, minum alcohol juga bisa makin memperparah penyakit kulit, misalnya eksim, rosacea, dan psosiaris.

Kurang Minum Air Putih

Kulit ngebutuhin cairan yang cukup buat mertahanin keremajaan kulit dan elastisitasnya. Kulit biasanya suka kusam dan kering kalo kurang asupan cairan. Dengan rutin minum air putih, toksin-toksin didalam tubuh lebih gampang keluar, dan kulit pun keliatan lebih seger.

Kurang Tidur

Tidur merupakan waktu yang penting bhangat bagi sel-sel kulit buat merbaikin diri dari kerusakan. Pas tidur, hormone perbaikan sel-sel bakalan diproduksi lebih banyak. Kalo kurang tidur, proses regenerasi ga bisa berjalan optimal dan lapisan kulit jadi makin lemah.

Kurang tidur bisa nyebabin sista gampang kena stress, makanya orang stress kulitnya keliatan kusam dan bisa makin memperparah eksim, jerawat, atopun psosiaris.

Tidur Tanpa Ngebersihin Make Up

Tidur tanpa ngebersihin make up bisa bikin pori-pori wajah jadi kesumbat dan nimbulin jerawat. Ditambah lagi, pas kita tidur, temperature tubuh sedikit ningkat, jadi kulit bisa lebih cepet nyerep sisa-sisa make up dan kotoran.

Males Ngeganti Sarung Sprei Sama Bantal

Ga cuma kebersihan wajah, kebersihan tempat tidur juga perlu diperhatiin. Keringet, minyak, sel-sel kulit mati, bakteri, dan sisa-sisa make up sering bhangat nempel di bantal yang akhirnya nyerep ke kulit pas kita lagi tidur. Makanya jangan males ngeganti sarung sprei sama bantal.

Kalo bisa, ganti sarung sprei sama bantal kita yang berbahan katun ke bahan lain yang lebih lembut, misalnya sutra, satin, ato katun Mesir. Karena sarung bantal yang kasar bisa bikin wajah jadi keriput.

Males Nyuci Spons Sama Kuas Make Up

Alat-alat make up seringkali kita ga perhatiin kebersihannya. Padahal, bakteri bisa numpuk di kuas sama spons make up yang ga pernah dibersihin lho! Akibatnya, jerawat, komedo, ato infeksi bakteri jadi gampang muncul.

Bersihin spons sama kuas make up secara teratur pakai brush cleaner ato sampo lembut minimal seminggu sekali, terus keringin semaleman. Hindarin pemakaian alat make up berbarengan sama orang lain biar wajah ga kena infeksi.

Ngebersihin Wajah Pakai Air Panas

Banyak orang seneng pakai air panas buat ngebersihin wajah karena dianggap bisa ngebuka pori-pori. Padahal ini sama sekali ga bener sis. Air panas justru bisa ngilangin minyak alami di wajah dan ngakibatin kulit jadi kering, kemerahan, dan gatel-gatel. Cara terbaiknya yaitu dengan steam wajah pakai air hangat (anget-hangat kuku) buat bersihin wajah. Dengan begini, wajah jadi aman dan ga bakal rusak.

Terlalu Sering Ngebersihin Wajah Dan Ngelakuin Exfoliating

Ngebersihin wajah dan ngelakuin exfoliating ato pengelupasan kulit emang penting. Tapi kalo keseringan justru bisa bikin kulit jadi kering, merah bahkan iritasi. Wajah dicuci 2x sehari aja. Ngelakuin exfoliatingnya juga cukup 1x seminggu kalo kulit sista kering, dan 2x seminggu kalo kulitnya berminyak. Hindarin exfoliator ato scrub yang teksturnya terlalu kasar, karena bisa ngakibatin peradangan.

Salah Pakai Produk

Para wanita biasanya gampang terbuai sama iklan produk-produk kosmetik ato produk pembersih yang nawarin hasil bagus. Padahal, produk itu ga selalu cocok sama jenis kulit kita. Baiknya kalo emang beli produk pembersih, buat tipe kulit kering pilih yang berbahan dasar minyak.

Biasanya kalo produknya ga cocok sama kulit, suka muncul rasa gatel, kering dan iritasi. Ga boleh didiemin ya sis, cepet-cepet deh pergi ke dokter biar dikasih solusinya!

Males Pakai Tabir Surya

Pemakaian tabir surya masih sering disepelein sama banyak wanita. Padahal, tabir surya penting bhangat buat ngelindungin kulit sista dari kerusakan akibat sinar ultra violet. Paparan sinar matahari yang berlebih bisa nyebabin kerusakan kulit yang serius, termasuk kanker kulit melanoma.

Biasain sebelum mulai beraktivitas di luar ruangan, pakai tabir surya yang mengandung SPF minimal 30. Dan inget, tabir surya ini ga bisa bertahan lama sepanjang hari, jadi usahain olesin ulang tiap beberapa jam sekali.

Hobi Mencetin Jerawat Dan Megangin Wajah

Sista mungkin suka gatel bhangat pengen ngeluarin bintil putih dari dalam jerawat kan? Emm mendingan tahan deh! Karena kalo tangannya kotor, bisa-bisa nanti bekas luka dari mencet jerawat tadi jadi susah hilang. Terus kurangin juga kebiasaan ngegaruk-garuk dan megangin wajah biar kotoran di tangan ga nempel ke wajah.

Nempelin Ponsel Ke Wajah

Baru-baru ini sebuah penelitian baru ngungkapin, kalo ponsel punya bakteri yang lebih banyak dari dudukan toilet. Sista ga mo kan bakteri-bakteri dari ponsel nempel di wajah? Makanya, jangan nempelin ponsel ke wajah pas nelfon.

Usahain pakai speaker aja, jangan pakai headset ato earphone juga, kasian kupingnya takut terlalu keteken. Oia, penting juga sis bersihin ponsel pakai tisu anti bakteri secara rutin.

Ngewaxing Wajah

Sebagian kaum wanita mungkin seringkali kurang pede sama kumis ato bulu-bulu halus yang nempel di area wajah. Sampai akhirnya jalan satu-satunya adalah dengan ngewaxing si bulu-bulu tadi biar ga tumbuh lagi. Padahal ini bahaya lho sis, apalagi di area wajah.

Para pakar kecantikan juga sering bilang klo ngewax wajah itu bisa ngerusak kulit wajah dan nimbulin keriput, infeksi, bahkan peradangan yang susah diobatin. Kalo mo tetep diilangin bulu-bulunya, pilih metode laser aja yang lebih aman. Eitss, tapi tetep konsultasiin dulu juga ke ahli kecantikan ato dokter kulit ya sebelum ngambil keputusan!

Nah, itu dia tadi apa aja kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa ngakibatin kerusakan wajah. Semoga bermanfaat.

Gambar Hari Ini:

Taman Es

Taman Es

Sumber: @kimdaoblog

Ini Dia Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Yang Bisa Ngerusak Kulit Wajah Kamu (Wajib Dihindarin)!