Ini Dia Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pas Mencuci Wajah

0 71

Ini Dia Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pas Mencuci Wajah

Ritual nyuci wajah emang salah satu cara buat bikin kulit tetep bersih dan cerah. Tapi nyuci wajah justru bisa nimbulin macem-macem masalah kulit kayak kulit berminyak, kering, dan iritasi kalo ga dilakuin dengan cara yang tepat. Meski mungkin ini keliatannya sepele, nyuci wajah juga harus pakai teknik yang bener, supaya selain bersih, kesehatan kulit wajah juga jadi tetep kejaga.

Terus apa aja sih hal yang harus kita hindarin pas nyuci wajah?

– Ga cuci tangan.

Kesalahan ini mungkin kesalahan yang paling sering terjadi. Nuangin pembersih wajah ke tangan yang masih kotor terus ngusapin ke wajah itu ga bakal bikin wajah sista jadi bener-bener bersih. Pembersih wajah bakal bercampur sama bakteri dan kotoran dari tangan, terus pindah ke wajah. Makanya, jangan lupa buat selalu cuci tangan sampai bersih sebelum nyuci wajah.

– Salah pilih pembersih wajah.

Pembersih wajah yang bagus adalah pembersih wajah yang bisa ngilangin kotoran dan bekas make up di wajah tanpa ngilangin kelembapan wajah dan sel-sel kulit yang sehat, dan pastinya cock di kulit kita. Tapi, ga jarang kalo kaum wanita sering keliru pilih pembersih wajah, jadi kulit wajahnya keliatan kering, sampe iritiasi malah.

Makanya, usahain pilih pembersih wajah yang bentuknya krim dan kandungan pelembapnya tinggi. Sedangkan buat sista yang kulitnya berminyak, disaranin pakai pembersih wajah yang mengandung busa dan bentuknya gel. Selain itu, hindarin penggunaan pembersih wajah yang wangi, karena bisa memicu iritasi kulit, apalagi kalo kulitnya sensitive. Lebih baik pilih pembersih wajah yang aromanya alami.

– Nyuci wajah terlalu sering.

Kulit wajah emang bakal bersih dengan rutin bersihin wajah. Tapi jangan keseringan juga nyuci wajahnya, karena hal ini ga baik buat kesehatan kulit wajah dan bisa bikin wajah jadi kering juga iritasi. Bahkan buat yang kulit wajahnya berminyak, kulit bakal makin banyak ngeproduksi minyak kalo keseringan dicuci. Makanya, cukup 2x sehari aja ya nyucinya, tiap pagi sama malem pas mo tidur, ato 1x sehari buat yang kulitnya kering.

– Kurang bersih ngebilas wajah.

Ternyata masih banyak wanita yang kurang bersih ngebilas wajah. Mungkin kedengerannya sepele, tapi kalo kurang bersih, nanti bekas sabun yang masih tertinggal bisa bikin kulit wajah jadi kering dan iritasi. Selain itu, sisa sabun ini juga bisa nyumbat pori-pori kulit penyebab timbulnya jerawat. Jadi, pastiin kalo wajah dibilas sampai bener-bener bersih meski lagi buru-buru.

– Suhu air.

Banyak yang bilang kalo air panas bisa ngebuka pori-pori kulit, dan air dingin sebaliknya. Padahal sebenernya pendapat ini ga bener lho! Karena nyatanya pori-pori ga punya otot yang bisa bikin dia terbuka dan tertutup. Makanya, jangan pakai air yang terlalu dingin ato terlalu panas buat nyuci wajah. Air panas bakalan ngakibatin kulit jadi kering, sedangkan air dingin bisa ngerusak pembuluh darah di wajah. Suhu air yang bagus buat nyuci wajah itu adalah air hangat yang ga terlalu panas dan ga terlalu dingin juga.

– Ngegosok wajah pakai handuk.

Salah satu kesalahan yang paling sering kita lakuin adalah ngeringin dan ngegosok wajah pakai anduk setelah nyuci wajah. Kenapa begitu? Karena bisa bikin kulit jadi iritasi, keriput, dan kehilangan elastisitasnya akibat ketarik anduk.

Cara terbaiknya adalah dengan nepuk-nepuk lembut wajah pakai handuk bersih. Selain itu, hindarin juga pemakaian handuk yang sama, bedain antara buat mandi dan buat wajah. Malah lebih bagus siapin handuk khusus buat nyuci wajah.

– Ga langsung pakai pelembap.

Setelah nyuci wajah, mungkin kalian sering lupa buat langsung pakai pelembap wajah. Nah hal inilah yang jadi salah satu penyebab wajah jadi kering. Biar hasil maksimal, aplikasiin pelembap di wajah langsung setelah wajah dicuci dan dikeringin. Jangan tunggu kulit sampai bener-bener kering. Pakai pelembap langsung bisa bantu pelembap nyerap secara maksimal, dan alhasil kelembapan kulit pun tetep kejaga.

– Hindarin minyak.

Selama ini kita sering nganggap minyak sebagai salah satu penyebab masalah kulit dan bisa nyumbat pori-pori. Makanya produk-produk kosmetik yang mengandung minyak termasuk pembersih wajah sering banyak dijauhin. Tapi padahal, pembersih wajah yang mengandung minyak itu bisa ngasih nutrisi yang baik lho buat kulit wajah.

Adapun beberapa manfaatnya, antara lain ngebersihin pori-pori dari bakteri sama kotoran, dan juga bisa bantu nyeimbangin nutrisi yang ada di dalam kulit. Biar hasilnya maksimal, lebih baik pilih pembersih wajah yang terbuat dari minyak alami kayak minyak biji anggur, minyak almond, sama minyak bunga matahari yang baik buat ngejaga kesehatan kulit.

– Buru-buru ngebilas.

Setelah ngusapin pembersih wajah ke seluruh permukaan wajah, jangan buru-buru buat ngebilasnya pakai air. Lebih baik biarin dulu sebentar sampai sabun pembersih wajahnya bener-bener ngangkat semua bakteri dan kotoran di wajah. Seenggaknya tunggu sekitar 1 menitan setelah diusapin ke wajah, terus bilas pakai air bersih.

Demikian beberapa penjelasan soal kesalahan-kesalahan yang dilakuin pas nyuci wajah. Kalian pasti secara ga sadar sering ngelakuin kan? Sekarang kan udah tau, jadi inget-inget terus tuh, jangan sampai diulangin lagi kalo emang pengen punya kulit wajah yang sehat.:)

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Ini Dia Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pas Mencuci Wajah

Kucing Dan Bayi

Ini Dia Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pas Mencuci Wajah