Ini Nih Tips-Tips Perawatan Kulit Wajah Kombinasi Yang Ampuh!

0 254

Ini Nih Tips-Tips Perawatan Kulit Wajah Kombinasi Yang Ampuh!

Kulit wajah kombinasi adalah kulit wajah yang berminyak di daerah-daerah tertentu aja. Para pakar kecantikan sering nyebut sebagai daerah T yang meliputi hidung, dahi, dan dagu. Di bagian pipi dan area sekitar mata kadang suka kerasa kering.

Tiap orang umumnya sering punya jenis kulit wajah kombinasi, dimana si pemilik kulit wajahnya suka kering atopun berminyak. Area dagu, tengah dahi, sama pipi semuanya punya kelenjar minyak yang lebih banyak daripada bagian lain di wajah. Makanya, area-area ini cenderung lebih berminyak dan mungkin bakalan lebih sering berjerawat dibanding area lain.

Di waktu bersamaan, area wajah yang kurang kelenjar minyaknya, biasanya kulitnya suka kering dan bersisik. Masalah di kulit wajah kombinasi bisa muncul pas kita lagi berusaha ngerawat kulit pakai krim perawatan wajah. Makanya, usahain jangan lupa perhatiin area T yang kebanyakan kelenjar minyaknya aktif.

Perawatan kulit wajah kombinasi yang ga tepat bisa ngakibatin area-area kayak pipi, mata, atopun dagu jadi lebih kering, sama halnya kayak area T yang banyak minyaknya.

Perawatan kulit wajah kombinasi ngebutuhin produk-produk kepisah dan harus diperlakuin sesuai jenis pelembap ato krimnya, sehingga kulit wajah kerasa nyaman, keliatan lebih cerah, seger dan sehat. Kulit wajah kombinasi disaranin ga boleh pakai produk perawatan wajah yang terlalu kasar, karena bisa ngiritasi kulit di area-area yang lebih kering.

Pemakaian krim yang kasar (mengandung scrub) bakal memperburuk kondisi alamiah kulit wajah kombinasi dan bikin area yang kering jadi makin kering dan nantinya permukaan kulit suka jadi kasar dan kemerahan di area yang berminyak. Selain kemerahan, kulit wajah kombinasi juga kadang timbul komedo.

Gimana Sih Tips Perawatan Kulit Wajah Kombinasi Yang Bener?

Perawatan kulit kombinasi sebaiknya pakai produk yang banyak mengandung zat penyeimbang. Tips-tips perawatannya antara lain:

– Pakai Pembersih

Pas ngebersihin wajah, kebanyakan orang cenderung suka bersihin area wajah yang berminyak aja karena kerasa lengket. Padahal hal ini bisa nimbulin masalah baru lho! Hindarin sabun pembersih yang ditujuin buat kulit berjerawat. Bersihin wajah pakai pembersih khusus wajah yang bahan dasarnya air ato pembersih busanya lembut. Jangan lupa hindarin juga pembersih yang berbentuk sabun padet karena sabun padet bisa nyumbat pori-pori di kulit wajah.

Selain itu bahan yang terkandung di dalem sabun padet bisa bikin kulit kombinasi lebih cepet kering. Kita bisa bikin cairan pembersih sederhana sendiri. Caranya, campurin 4 cangkir air mendidih dan sabun wajah yang bagus buat ngejaga kelembapan kulit. Aduk sampai sabun mencair. Tiap 2 cangkir campuran sabun, tambahin 1 sendok makan cuka apel sama 10 tetes minyak essensial, kayak lemon sama lavender.

– Pakai Masker

Tips perawatan wajah kombinasi berikutnya yaitu pakai masker. Masker bisa bantu narik kotoran dari kulit. Tapi hindarin pemakaian masker lumpur yang dicampur sama air ya, karena itu bisa bikin kulit wajah kombinasi jadi kering. Pilihan yang tepat adalah pakai masker alami yang diracik sendiri. Caranya, campur mentimun yang udah dihalusin sama gel daun lidah buaya. Tempelin ke kulit wajah dan leher selama 30 menit, terus bersihin pakai air dingin.

– Toner

Pemakaian toner disaranin banget didalam perawatan kulit wajah kombinasi, karena toner bisa bantu bersihin wajah dan nyegerin kulit wajah. Bukan cuma itu, toner juga bisa ngurangin resiko kulit pecah-pecah, bersisik dan bisa ngurangin kadar minyak di kulit. Toner alami yang paling pas dipakai di kulit wajah kombinasi adalah air mawar. Kita juga bisa bikin ramuan sendiri buat perawatan kulit wajah, yaitu pakai jus mentimun segar. Khusus di area kulit berminyak, tambahin sedikit cuka supaya pH di kulit wajah kita seimbang.

– Pelembap

Nyari pelembap yang tepat buat kulit kombinasi emang agak susah, karena pemakaian pelembap ato krim yang tepat juga penting dalam perawatan jenis kulit ini. Pelembap yang kita butuhin idealnya harus bisa bikin kulit lembap tapi ga punya bahan dasar minyak. Pas milih pelembap ato krim wajah perhatiin bahan dasarnya.

Sekarang ini udah cukup banyak produk yang dirancang khusus buat kulit wajah kombinasi, tinggal pilih yang pas aja buat kulit kita. Buat krim malamnya, pilih yang mengandung vitamin A dan vitamin C, terus formulanya cari yang berbasis air.

Apa Yang Perlu Kita Hindarin? Apa Ada Cara-cara Terbaik Buat Perawatan Kulit Wajah Kombinasi?

Yang perlu dihindarin yaitu ngebersihin wajah terlalu sering, karena bisa ngurangin jumlah produksi minyak di daerah T, sehingga kulit yang kering suka jadi makin kering. Cara terbaiknya, kita bisa nambahin masker didalam rangkaian perawatan kulit kombinasi, misalnya pakai masker alpukat sama madu.

Masker ini bagus banget ngejaga kulit yang kering supaya tetep lembap dan bisa ngontrol produksi minyak, makanya wajah jadi bebas minyak. Pas lagi beraktivitas keluar rumah, pakai toner di area kulit berminyak dan pelembap ato krim wajah di area kulit yang kering.

Demikian. Semoga bermanfaat ya sis..

Gambar Hari Ini:

Lexus Hoverboard

Ini Nih Tips-Tips Perawatan Kulit Wajah Kombinasi Yang Ampuh!

Sumber: @kimdaoblog

Ini Nih Tips-Tips Perawatan Kulit Wajah Kombinasi Yang Ampuh!