Jangan Sampai Stress Bikin Kalian Lupa Ngerawat Kulit Sis!

0 81

Jangan Sampai Stress Bikin Kalian Lupa Ngerawat Kulit Sis!

Semua tau kalo stress bisa mengaruhin tubuh sama perasaan kita. Stress nyebabin ketegangan di leher dan bahu, sakit kepala, detak jantung jadi lebih cepet, dan suasana hati bisa berubah dari baik jadi buruk saat itu juga. Tapi apa kalian tau kalo stress juga bisa buruk buat kulit kita?

Gimana Stress Bisa Berdampak Ke Kulit?

Pas kita ngalamin stress, tubuh mulai ngehasilin lebih banyak hormon khususnya hormon yang disebut kortisol. Kortisol ngasih tau kelenjar minyak buat ngeproduksi lebih banyak minyak, yang artinya pas kita lagi stress, jerawat bakal muncul. Orang-orang yang biasanya ga ngalamin masalah jerawat, bahkan bisa muncul jerawat di kulit wajah mereka selama lagi stress.

Sayangnya, hormon kortisol ga cuma bisa nyebabin jerawat pas kita lagi stress, tapi juga bisa mulai penuaan kulit lebih awal. Sebuah studi nunjukkin bahwa stress yang berlangsung lama diikutin sama kondisi gelisah bisa ngerusak DNA didalem sel-sel tubuh. Sel tubuh yang rusak bisa nyebabin penuaan dini.

Kortisol bisa micu inflamasi kulit dan ngerusak kolagen yang ada di kulit. Kalo kolagen di kulit udah rusak, keriput bakal mulai kebentuk. Stress yang berkelanjutan bisa bikin sista keliatan lebih tua 3 sampai 6 taunan. Akibat stress, kulit ga cuma jadi keriput, tapi kulit suka kering juga kayak lagi dehidrasi. Stress bisa nyebabin kulit kita brenti jalanin fungsi terbaiknya, dimana kulit yang keliatan muda dan bercahaya jadi keliatan kusam.

Kalo sista menderita kondisi kulit kronis kayak eczema, rosacea, ato psoriasis, stress bisa bikin kondisi kulit kronis tersebut jadi lebih buruk lagi. Sista bahkan bisa kena ruam ato gatel-gatel akibat stress. Kuku yang rapuh sama rambut rontok bisa terjadi di beberapa kasus ekstrim diakibatin sama stress. Pas lagi stress, sista mungkin ngalamin susah tidur yang ditandain sama lingkaran hitam di bawah mata dan hal ini jelas bisa mengaruhin penampilan kalian.

Stress Karena Polusi

Banyak faktor-faktor penyebab stress yang ga banyak diperhatiin kayak kondisi lingkungan yang ga nyaman akibat polusi asap rokok atopun kendaraan bermotor. Sering kepapar dan terlalu lama ada di kondisi yang penuh polusi otomatis bakal bikin kita stress. Parahnya, stress juga bisa bikin pola hidup kita cenderung jadi lebih kacau, misalnya jadi ngonsumsi alkohol, ngerokok, bahkan ngonsumsi obat-obatan.

Menurut Dr. David Colbert dari New York Dermatology Group, kebiasaan ngonsumsi minuman beralkohol bisa ngerusak hati dan bikin kulit jadi keliatan pucet dengan kondisi pori-pori yang makin lebar. Kebiasaan minum alkohol ini ngurangin keseimbangan hidrasi kulit sehingga kulit cenderung kering. Kondisi nurunnya kelembapan kulit ini bikin kecerahan kulit nurun dan tanda-tanda penuaan kulit jadi makin keliatan.

Cara Ngebrentiin Stress Supaya Ga Berdampak Ke Kulit

Nah, udah tau kan sis gimana stress bisa berdampak ke kulit kita? Sekarang yang jadi pertanyaan adalah, gimana cara ngebrentiin stress supaya ga berdampak ke kulit? Satu hal yang terjadi pas orang lagi ngalamin stress, mereka suka brenti ngerawat kulit mereka dengan bener.

Pas kita brenti ngerawat kulit, sebuah siklus baru bakal dimulai. Siklus ini biasanya ditandain sama kulit kita yang ga keliatan bagus karena kita ga ngerawatnya sesuai prosedur yang sebenernya. Dan kita malah bakal jadi makin tambah stress kalo tau kulit kita ga keliatan bagus. Jadi kondisi makin stress itu cuma bisa bikin kita jadi keliatan makin buruk. Makanya, perlu banget kita ngerubah pola hidup pemicu stress.

Jangan Sampai Ngelupain Perawatan Kulit

Bahkan kalo stress lagi ngelanda, kita harus punya waktu buat ngerawat kulit. Buat mastiin kalo ga ada jerawat yang muncul, sista baiknya ngelakuin perawatan pengelupasan kulit (eksfoliasi) aja dengan bener dan rutin. Pengelupasan kulit yang rutin dan bener, ga cuma ngejaga kulit kita dari jerawat, tapi juga bisa bantu nyingkirin sel-sel kulit mati supaya kulit ga keliatan kusam.

Pastiin rutin bersihin wajah dua kali sehari, dan hal ini harus tetep dilakuin bahkan pas kita lagi ga punya banyak waktu. Coba deh luangin waktu minimal 5 sampai 10 menitan buat ngerawat kulit, mo pas pagi ato malam hari.

Seenggaknya, dengan rutin bersihin wajah dan pakai pelembab setiap hari juga itu udah cukup ngerawat kulit. Di pagi hari, jangan sampai lupa pakai tabir surya sebelum mulai beraktivitas. Pastiin tetep lakuin rutinitas perawatan kulit meski lagi stress sekalipun.

Cara Supaya Ga Stress

Selain tetep ngaplikasiin perawatan kulit, sista juga perlu cari cara buat ngilangin stress biar stress ga ngambil alih hidup kita. Coba lakuin aktivitas-aktivitas yang bisa ngerefreshin otak kita, sehingga stress bisa berkurang.

Berolahraga

Olahraga ga harus di luar ruangan atau gym. Buat ngurangin stress dan bikin pikiran jadi rileks, sista bisa lakuin yoga. Olahraga yoga bisa bantu ngontrol emosi dan nenangin pikiran kita. Kalo kalian lebih suka bergerak, senam atau dance exercise ga ada salahnya dicoba. Cukup beli kaset tutorialnya, udah bisa dilakuin sendiri di rumah.

Lakukan Spa & Massage

Cara ini cukup ampuh bikin pikiran kita jadi lebih rileks sekaligus bikin kulit jadi lebih terawat. Selain bisa dilakuin di tempat-tempat khusus spa, sista juga bisa lakuin ini sendiri di rumah. Caranya, cukup siapin produk spa, aromaterapi sama kondisiin tempat spa senyaman mungkin. Jangan lupa siapin masker. Maskernya terserah mo yang instan beli di toko-toko kecantikan, ato mo bikin sendiri pakai bahan-bahan alami juga boleh.

Gimana sis udah cukup jelas kan? Inget ya sekali lagi, meski stress tapi jangan lupa tetep rajin ngerawat kulit supaya kulit kita tetep cantik.

Gambar Hari Ini:

Duduk Bayar Lima Ribu

Jangan Sampai Stress Bikin Kalian Lupa Ngerawat Kulit Sis!

Sumber: @kimdaoblog

Jangan Sampai Stress Bikin Kalian Lupa Ngerawat Kulit Sis!