Kenalin Yuk Macam-Macam Jenis Jerawat & Cara Ngatasinnya Berikut!

0 143

Kenalin Yuk Macam-Macam Jenis Jerawat & Cara Ngatasinnya Berikut!

Jerawat merupakan salah satu jenis masalah kesehatan kulit yang sering tumbuh di wajah dan ngeganggu banget karena bisa mengaruhin keindahan wajah seseorang. Macam-macam jerawat yang ada di dunia medis emang perlu jadi perhatian. Apalagi kalo kita males dan jorok ngejaga kesehatan kulit. Jangan aneh kalo wajahnya jadi sarang jerawat.

Sekilas Soal Jerawat

Jerawat muncul akibat pori-pori di kulit wajah yang kesumbat, sehingga ngedorong tumbuhnya jendolan merah yang berisi nanah. Jerawat merupakan masalah kesehatan kulit yang hampir semua orang udah pernah ngalamin. Jerawat sendiri muncul disebabin sama perubahan hormon yang dialamin penderita dan umumnya muncul pas penderitanya lagi menstruasi, ngelewatin proses kehamilan, dan ngalamin stress.

Mungkin banyak yang ngira kalo jerawat itu cuma ada satu jenis. Padahal sebenernya jerawat itu ada beberapa jenis lho sis. Berikut ini beberapa jenis jerawat yang wajib kita tau, yaitu:

Jerawat biasa

Kenalin Yuk Macam-Macam Jenis Jerawat & Cara Ngatasinnya Berikut!

Beberapa orang mungkin udah pernah menderita jerawat biasa. Jerawat ini gampang dikenalin karena bentuknya yang kecil dan berwana putih kemerahan. Jerawat biasa umumnya muncul diakibatin sama pori-pori yang kesumbat dan infeksi bakteri propionibacterium acne.

Bakteri ini hidup di sekitar tempat produksi asam lemak di kantong kelenjar yang letaknya tersembunyi di permukaan kulit, atopun sering dikenal sebagai kelenjar sebaceous. Yang harus diwaspadain dari bakteri ini yaitu bisa nyebabin gangguan di sekitar bagian wajah lain.

Cara Penanganan
Kalo pengen ngatasin masalah jerawat biasa dalam jangka pendek ato sementara, kita bisa ngakalinnya dengan cara ngolesin pasta gigi di jerawat yang ada di wajah pas menjelang tidur. Pasta gigi mengandung fluroide yang berfungsi buat ngeredain bengkak dan kemerahan yang disebabin sama jerawat. Selain itu, kita juga bisa pakai tomat ato lemon sebagai masker buat ngebersihin jerawat dan mudarin noda hitam sisa jerawat.

Jerawat Batu

Jerawat batu punya ukuran yang lebih gede dari jerawat biasa. Tapi jerawat batu ini warnanya lebih merah dan meradang. Kalo terus dibiarin, jerawat batu bisa ninggalin bekas yang susah diilangin. Jerawat batu ato yang biasa disebut Cystic Acne disebabin sama kelenjar minyak yang terlalu gede dan pertumbuhan sel yang kurang normal. Jerawat batu termasuk jerawat parah.

Saran Pengobatan
Kalo kalian menderita jerawat batu di wajah, baiknya cepet konsultasi sama dokter terus minta saran pengobatan terbaik.

Komedo

Kenalin Yuk Macam-Macam Jenis Jerawat & Cara Ngatasinnya Berikut!

Komedo diakibatin sama sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak berlebih. Komedo terdiri dari dua macem, yaitu komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup keliatan kayak tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka kayak pori-pori yang makin gede dan menghitam.

Cara Pengobatan
Buat ngelenyapin komedo, kita bisa ngilanginnya pakai putih telur. Caranya, yaitu dengan nyelupin kapas ke putih telur terus ditempelin di wajah yang ada komedonya. Tunggu sampai putih telur jadi kering, angkat kapasnya. Nanti, komedo-komedo bakal keangkat dan pada nempel di kapas.

Jerawat Juvenil

Jerawat ini bakal muncul di masa-masa pubertas antara usia 14-20 taunan. Sumber jerawat ini yaitu masalah hormonal yang ga stabil dalam ngeproduksi sebum.

Cara Ngatasin:
Jerawat ini bisa diatasin pakai sabun wajah yang pH nya seimbang ato pakai sabun bayi transculent. Tipe Jerawat juvenil adalah perkembangan dari hormone. Makanya usahain ngatasinnya pakai cara alami, jangan pakai cara yang bahaya.

Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris adalah semacem kelainan kulit yang ngakibatin erupsi komedo terbuka, jenis komedo tertutup atopun jerawat yang dibarengin sama kulit kemerahan juga bersisik. Jerawat ini umumnya muncul di masa-masa remaja dan umumnya berlanjut sampai masa dewasa. Jenis jerawat vulgaris bisa disebabin sama kelebihan minyak yang diproduksi wajah, produk kosmetik, gangguan hormonal, dan sel-sel kulit mati yang ga bisa hilang.

Cara Ngatasin
Pengobatan yang baik buat jerawat jenis ini yaitu dengan ngilangin bakterinya, ngontrol minyak berlebih di wajah, dan ningkatkan pergantian sel-sel kulit mati. Jerawat ini umumnya bakal sembuh seiring sama berjalannya waktu tanpa ada intervensi. Tapi kalo jerawatnya udah makin parah, lama kelamaan bisa nimbulin kerusakan dan harus cepet dikonsultasiin ke dokter spesialis kulit. Jerawat vulgaris ga nular dan bisa disembuhin.

Jerawat Rosacea

Jerawat rosacea rata-rata muncul di kulit wanita yang udah berusia 30-50 taunan. Awalnya, jerawat ini keliatan kemerahan yang bisa nyebabin peradangan sampai nimbulin kulit bersisik di lipatan hidung.

Saran Pengobatan
Sebenernya, jerawat ini perlu perawatan langsung dari dokter kulit. Dan umumnya, cara pengobatannya adalah dengan cara penguapan dan kompres air panas pakai sinar infrared sebagai metode buat ngeringin jerawat jenis rosacea.

Jerawat Nitrosica

Jerawat nitrosica harus diwaspadain karena kalo didiemin terus bisa nyebabin lobang di kulit wajah.

Cara Pengobatan
Pengobatan jerawat jenis ini harus dibantu sama dokter kulit. Teknologi kecantikan semacem mikrodermabrasi, teknologi laser, juga alat perawatan kecantikan yang lain ampuh banget ngebersihin jerawat nitrosica.

Tips Ngilangin Jerawat di Wajah

Kalian bisa pakai beberapa bahan alami kayak yang dijelasin dibawah ini buat ngilangin masalah jerawat.

Madu asli

Madu asli udah lama dikenal sebagai bahan yang bermanfaat buat kesehatan dan kecantikan. Caranya, olesin madu di wajah, tunggu kurang lebih 15 menit, terus bilas pakai air bersih.

Mentimun

Mentimun punya kadar air yang cukup banyak yang bermanfaat dalam ngelancarin saluran di pori-pori wajah. Caranya, potong beberapa mentimun terus tempelin di sekitar area wajah yang berjerawat.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa nyerep kadar minyak berlebih di wajah. Caranya, usapin perasan jeruk nipis di wajah rutin tiap sebelum tidur.

Teratur Bersihin Wajah

Selain pakai bahan-bahan alami, kita juga harus teratur ngebersihin wajah. Kalo kita rutin bersihin wajah, kita bisa kehindar dari kotoran-kotoran yang numpuk di wajah. Jangan lupa, pakai sabun pembersih wajahnya yang cocok sama jenis kulit wajah kalian tapi ya.

Perawatan Wajah

Sekali-kali ga ada salahnya kalo kita rutin pergi ke dokter kulit ato klinik kecantikan buat perawatan wajah. Karena jerawat itu bukan cuma bisa diatasin pakai bahan-bahan alami. Tapi juga perlu alat-alat khusus buat ngebersihin jerawat secara maksimal.

Cara Ngehindarin Jerawat

Selain perlu tau cara ngatasin jerawat, baiknya kita juga harus tau cara ngehindarin jerawat pakai cara-cara berikut ini, antara lain:
– Pakai kosmetik yang cocok sama jenis kulit.
– Hindarin begadang.
– Hindarin rokok.
– Kurangin makanan ato minuman yang mengandung coklat, minuman beralkohol, gorengan, kopi sama kacang-kacangan.
– Kurangin kemungkinan resiko stress, karena stress bisa ngakibatin penderitanya ngekonsumsi makanan berlemak.
– Bersihin layar LED di ponsel, karena tanpa kita sadarin banyak bakteri yang nempel ke kulit wajah pas kita lagi telfonan.

Beberapa jerawat yang ada kadang emang beda-beda cara ngatasinnya. Tapi baiknya kita tau semua jenis jerawat dan cara ngatasinnya.

Gambar Hari Ini:

Kijang Super

Kenalin Yuk Macam-Macam Jenis Jerawat & Cara Ngatasinnya Berikut!

Sumber: @kimdaoblog

Kenalin Yuk Macam-Macam Jenis Jerawat & Cara Ngatasinnya Berikut!