Kenapa Sabun Batangan Ga Bagus Buat Kecantikan Kulit Wajah?

0 189

Kenapa Sabun Batangan Ga Bagus Buat Kecantikan Kulit Wajah?

Kalian pasti pernah denger kan iklan sabun batangan yang bisa ngebersihin dan ngehalusin wajah? Dan rata-rata iklan sabun batangan itu ngeklaim kalo produknya bisa ngejaga kesehatan juga kecantikan kulit.

Dalam kurun waktu 25 tahun terakhir, sabun batangan emang udah punya banyak saingan, kayak cairan pembersih wajah yang berbentuk gel sama krim berbusa. Gel dan krim berbusa ini diformulasiin khusus buat ngelembutin dan ngejaga kelembapan kulit. Meskipun popularitas krim dan gel pembersih wajah makin tenar, tapi masih banyak orang yang pakai sabun batangan karena dianggap lebih gampang didapetin di toko terdekat dan emang udah jadi kebiasaan dari dulu.

Cuma dalam beberapa dekade terakhir ini, faktanya para ahli dermatologis nemuin banyak masalah kulit yang disebabin sama sabun batangan. Meskipun ada beberapa sabun batangan yang sengaja diformulasiin lebih baik dan lembut buat kulit karena pHnya yang rendah dan hampir sesuai sama kulit normal. Tapi sabun ini masih bersifat lebih ngeringin kulit dibanding gel atau krim pembersih wajah lain.

Pas sabun ini diproduksi, sabun padat diformulasiin punya pH yang lebih tinggi supaya bisa padat, sehingga udah jelas banget kalo sabun padat malah bisa bikin kulit kita jadi kering. Kulit yang kering dan pecah-pecah secara berangsur-angsur bakal ngerusak kesehatan dan penampilan kulit kita.

Alkali adalah bahan dasar sabun batang yang bakal nimbulin dampak negatif ke kulit. pH kulit normal itu sekitar 4,2-6,2 (pH balance). Tapi, kalo kulit dicuci pakai sabun batang, pH bakalan naik jadi 9.

Kenapa Sabun Padat Ga Baik Buat Ngeringin Kulit?

Ketika kita nyuci atau ngebersihin wajah pakai pembersih yang berbusa ato sabun yang terlalu kering, hal ini bisa narik semua air dari kulit sehingga sel-sel kulit mati, dan kulit jadi kering. Buat ngimbangin kelembapan yang hilang, kita perlu pakai pelembap yang mampu merbaikin sel-sel kulit dan dehidrasi yang disebabin dari pembersihan. Makanya, kalo kita ngebiarin kulit ngering, nantinya lama-lama kulit bakalan rusak.

Selain alasan ini, ada beberapa alasan lain kenapa sabun batangan ga bagus buat kesehatan kulit kita, yaitu:

Bikin Kulit Jadi Lemah

Pakai sabun batangan yang keras dengan pH tinggi secara ga langsung bisa nggerogotin lapisan terluar dan lapisan pelindung kulit yang sarat sama protein dan asam lemak yang ngehidrasi. Rusaknya lapisan kulit pelindung ini bakal bikin kulit jadi berkerut, gampang kena iritasi, dan jadi hyper reaktif. Makanya pastiin milih pembersih harus yang pH nya netral.

Bikin Kulit Jadi Super Kering

Menurut ahli dermatologist, pakai sabun batangan bakal bikin minyak alami ngelupas dan nyebabin kulit jadi kasar, bersisik, dan gatel. Dalam beberapa kasus, hal ini bahkan bisa micu timbulnya eksim parah.

Nimbulin Kerutan Di Kulit Wajah

Ngebersihin wajah pakai sabun padat bakal ngilangin lemak penting dan ceramides di kulit. Pastinya hal ini bakal nimbulin keriput dan pori-pori jadi makin gede di kulit. Makanya, pilih pembersih wajah cair yang mengandung asam hialuronat (hyaluronic acid) buat mencegah masalah ini.

Nimbulin Jerawat Di Kulit

Dengan ngeringnya kulit akibat pemakaian sabun batangan, nantinya kelenjar minyak di kulit bakal ngerespon buat ngehasilin lebih banyak sebum ato minyak. Hal ini secara ga langsung bisa nyebabin pori-pori jadi tersumbat dan jerawat jadi pada muncul.

Kuman Jadi Lebih Gampang Berkembang Biak

Salah satu tugas kulit yang penting adalah jadi penghalang jamur, bakteri, dan virus yang masuk ke permukaan kulit. Sabun bisa ngilangin dan ngurangin kekebalan kulit terhadap si kuman, sehingga kulit lebih gampang diserang bakteri, virus dan jamur.

Apa Ada Sabun Batangan Yang Lebih Lembut Dibanding Sabun Cair?

Sebenernya emang ada beberapa sabun batangan yang diproduksi khusus buat ngelembutin kulit. Tapi para ahli dematologi ga pernah nyaranin. Pembersih atau sabun pencuci wajah yang berbentuk foaming cleanser bisa dijadiin alternatif buat ngehindarin sabun padat ini. Makin dikit busa yang dihasilin sama produk pembersih atau pencuci wajah kita, maka makin dikit juga efek pengeringan yang dirasain kulit. Ada beberapa macam kategori sabun batang yang banyak dijual di pasaran, antara lain:

Sabun Gliserin

Sabun jenis ini punya berbagai gaya dekoratif, warna, aroma, dan desain. Sabun batang ini sering kali bikin kulit jadi berminyak dan biasanya ditujuin buat kulit berminyak.

Kenapa Sabun Batangan Ga Bagus Buat Kecantikan Kulit Wajah?

Sabun Lemak Hewani

Sabun lemak hewani sekarang lagi populer banget di beberapa kalangan. Sabun ini dibentuk dari lemak hewani kayak susu kambing. Sabun jenis ini biasanya ditujuin sebagai pelembap ringan.

Kenapa Sabun Batangan Ga Bagus Buat Kecantikan Kulit Wajah?

Sabun Lemak Nabati

Sabun ini biasanya dibikin dari lemak nabati buah ato sayuran, misalnya dari zaitun dan shea butter.

Kenapa Sabun Batangan Ga Bagus Buat Kecantikan Kulit Wajah?

Gimana Kalo Kita Pakai Sabun Tapi Kulit Ga Kering?

Ada perbedaan antara kulit dehidrasi dan kulit kering. Kebanyakan orang sering ngartiin kalo kulit kering itu sama kayak kulit yang ngelupas. Meski orang yang punya kulit berminyak dan kombinasi mungkin ga pernah ngalamin hal ini karena minyak yang ketumpuk di kulit mereka.

Kulit dehidrasi, di sisi lain sering diartiin sebagai kulit yang kerasa ketat. Kalo kita udah pakai sabun batangan buat ngebersihin wajah dalam jangka waktu lama, kita mungkin berpikir kulit yang ketat ini adalah normal. Tapi, kalo kita pakai pembersih cair lembut yang bebas sulfat, kita pasti ga bakal ngerasain kulit yang ketat dan kerasa kering.

Dari pembahasan tadi, bisa kita simpulin beberapa poin penting kenapa sabun batangan bisa berdampak buruk banget ke kesehatan dan kecantikan kulit.

– Fungsi kulit adalah ngelindungin tubuh. Fungsi kulit bakal bekerja secara maksimal pas kulit pH nya seimbang. Sabun batangan ga cuma bikin kulit kering, tapi juga ngeganggu perlindungan alami kulit, bikin kulit ga seimbang, dan kulit jadi ga bisa ngelawan penyebab jerawat kayak polusi, bakteri, dan penuaan akibat radikal bebas.

– Rata-rata sabun selalu ninggalin residu atau sisa-sisa bahan kimia di kulit.

Nah, makanya buat ngejaga kesehatan kulit sama wajah, baiknya kita beralih aja dari sabun batang. Kayak yang tadi udah dijelasin, biar aman mending pakai sabun pembersih ato pencuci wajah cair aja yang sesuai sama jenis kulit kita.

Gambar Hari Ini:

Indomie Di Nigeria

Kenapa Sabun Batangan Ga Bagus Buat Kecantikan Kulit Wajah?

Sumber: @kimdaoblog

Kenapa Sabun Batangan Ga Bagus Buat Kecantikan Kulit Wajah?