Laser Wajah? Bahaya Gak Yah? Cek Dulu Yuk Efek Sampingnya!

0 341

Laser Wajah? Bahaya Gak Yah? Cek Dulu Yuk Efek Sampingnya!

Zaman makin berkembang, teknologi juga makin berkembang dari waktu ke waktu. Sekarang apapun bisa dilakuin, khususnya ngatasin berbagai masalah kecantikan, misalnya soal masalah jerawat yang bisa ganggu kecantikan wajah dan nurunin rasa percaya diri.

Tapi faktanya, sekarang hal ini udah ga jadi masalah yang sulit lagi buat diatasin. Gimana enggak, karena sekarang udah banyak banget teknik-teknik pengobatan buat ngatasin masalah jerawat. Dan salah satu cara yang katanya efektif adalah dengan metode laser jerawat.

Apa itu laser jerawat? Gimana prinsip kerjanya?

Laser jerawat adalah salah satu teknik modern pengobatan jerawat dengan sinar laser. Prinsip kerjanya sendiri yaitu, sinar laser bakal ngancurin lapisan epidermis (lapisan kulit paling luar) dengan bikin luka ato ngedorong peradangan didalam kulit yang ditumbuhin jerawat. Nah nantinya bakteri-bakteri penyebab jerawat bisa mati setelah kena sinar laser.

Penyinaran laser ini dilakuin ga cuma sekali, tapi bisa 2-3 kali buat bener-bener ngebersihin luka sama bekas jerawatnya. Tingkat keberhasilan penyembuhan luka ini kira-kira bisa mencapai 100%. Jadi tergolong efektif dan ampuh buat numpas jerawat di kulit wajah.

Kira-kira biaya perawatan jerawat pakai laser ini mahal gak yah?

Teknologi ini udah banyak dicoba dan emang efektif ngatasin masalah jerawat, bahkan bisa bikin jerawat ga muncul lagi.

Wah pasti mahal ya biayanya?
Hehee emang sis. Sekali laser biayanya sekitar 300 ribu sampe jutaan rupiah. Tapi.. meski mahal, sesuai lah sama hasilnya.

Siapa aja yang boleh ngelakuin terapi laser? Ada range umurnya ga?

Engga kok. Siapa aja bebas lakuin terapi laser, yang penting orang itu emang punya masalah jerawat di wajahnya, meski mayoritas pasiennya itu wanita. Tapi terapi ini bisa buat pria juga.

Tawaran manfaat terapi laser emang gede banget, karena bisa bener-bener nuntasin masalah jerawat. Tapi meski kebukti ampuh, bukan berarti terapi ini bebas resiko ya sis. Resiko gagal juga bisa aja terjadi. Dan berikut ini efek-efek samping laser jerawat yang wajib sista tau.

– Kulit kerasa panas

Waktu sista ngejalanin metode ini, sinar laser bisa nyentuh kulit dan bikin kulit kerasa panas kayak kebakar sinar matahari. Efek kebakar ini muncul karena sinar laser memancar langsung ke kulit. Terapi laser ini juga bisa nimbulin rasa sakit, panas dan ga nyaman di kulit meski ga lama.

– Ga boleh kena sinar matahari

Biar hasilnya maksimal, pasien ga boleh kena sinar matahari langsung dulu selama proses pemulihan. Jadi harus diakalin, misalnya pakai krim anti ultraviolet dll.

– Muncul bengkak

Pasca terapi laser, kemungkinan wajah bisa bengkak ato muncul kemerahan di kulit wajah. Di beberapa kasus bahkan bisa muncul juga rasa gatel di bagian kulit bekas kena sinar laser pas terapi. Tapi sista jangan khawatir, karena kondisi ini wajar dan umum banget terjadi. Efek ini bisa hilang sekitar satu mingguan.

– Ngalamin iritasi ringan

Setelah selesai proses terapi laser, sista harus hati-hati juga pas proses pemulihannya. Iritasi ringan bisa aja muncul akibat bekas luka jerawat yang udah diterapi. Kalo hal ini terjadi, wajah bisa ga halus lagi kayak semula.

– Kulit jadi gelap

Keberhasilan terapi laser jerawat ini dipengaruhin juga sama faktor pigmen kulit si pasien. Jadi hasilnya di kulit yang hitam sama putih pasti beda.

Menurut hasil penelitian, terapi ini aman dan bagus dilakuin buat pasien yang kulitnya putih dibanding kulit hitam. Karena kalo di kulit hitam, dampaknya bisa terjadi hipopigmentasi ato hiperpigmentasi. Dan dikhawatirin, kalo sampe terjadi, kulit hitam bakal jadi lebih gelap.

– Kulit kering saat proses perawatan

Waktu proses terapi laser berlangsung, efek yang muncul emang cuma rasa panas aja di kulit. Tapi pas udah selesai terapi, baru kerasa deh efek-efek lainnya dan kulit pun bakal gampang kering. Biasanya, ahli terapi laser nanti ngasih krim buat ngurangin efek ini. Banyak konsumsi air putih pasca terapi juga penting dan disaranin banget supaya peredaran darah di kulit lebih lancar.

– Kalo gagal kulit bisa rusak permanen

Efek ini adalah efek paling buruk yang bisa dialamin kalo terapi gagal. Dan ini fakta, karena emang udah ada korbannya, yakni seorang wanita asal Amerika yang terbukti kena imbasnya akibat terapi laser. Para dokter spesialis kulit aja banyak yang ga sanggup nanganin masalah wanita ini secara medis. Kulit yang rusak permanen emang ga bakal bisa diobatin lagi.

Manfaat lain laser jerawat

– Bisa ngebantu masalah minyak berlebih dengan ngancurin kelenjar minyak di kulit tanpa ngerusak kulit epidermis (kulit bagian luar).
– Bisa buat kulit jadi lebih kenceng dan keliatan lebih muda, dimana sinar laser bakal ngestimulus keluarnya asam aminopeptide yang ngedorong kulit buat beregenerasi. Jadi produksi kolagen pun meningkat dan kulit jadi lebih kenceng.

Itulah beberapa ringkasan efek samping terapi laser jerawat yang bisa terjadi. Semoga terbantu ya sis!

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Laser Wajah? Bahaya Gak Yah? Cek Dulu Yuk Efek Sampingnya!

Bebek Dan Kucing

Laser Wajah? Bahaya Gak Yah? Cek Dulu Yuk Efek Sampingnya!