Mau Aman Belanja Kosmetik Via Online? Ikutin Tips-tipsnya Ini Yuk!

0 84

Mau Aman Belanja Kosmetik Via Online? Ikutin Tips-tipsnya Ini Yuk!

Belanja online emang udah bukan jadi kegiatan aneh lagi sekarang ini. Karena belanja apapun udah bisa kita lakuin via online. Mulai dari beli pakaian, handphone, sampai furniture juga bisa dilakuin via online. Apalagi trend teknologi sekarang udah makin canggih aja, dimana kita bisa akses internet sampai jaringan yang luas jangkauannya.

Selain itu, peningkatan taraf hidup rata-rata orang Indonesia yang makin ningkat juga jadi salah satu faktor pendorong makin ngejamurnya budaya belanja via online. Belanja online emang gampang banget, bisa dilakuin dimana aja, dan ga ngabisin banyak waktu. Produk-produk yang ditawarin juga beragam, makanya ga aneh kalo persaingan para penjual online juga cukup ketat.

Di zaman yang serba modern ini, emang nyaris semua aktivitas itu gampang banget diakses. Dan salah satunya yaitu belanja kosmetik online. Buat sista yang super sibuk, pasti sering banget deh belanja kosmetik online. Tinggal pilih mo kosmetik yang mana, transfer harga kosmetik & ongkir, terus barang dikirim deh ke alamat kita tanpa perlu repot-repot ngantri beli barang. Praktis banget kan?

Tapi sis meski kosmetik yang ditawarin via online itu banyak banget dan lengkap. Kita tetep perlu hati-hati. Beli produk kosmetik online juga harus teliti, karena kita kan ga bisa liat langsung produknya kayak gimana, dan kita ga bisa bener-bener mastiin produk kosmetik itu bakalan cocok apa engga di kulit kita.

Kecuali kalo emang sista udah tau betul kosmetik yang mo dibeli kayak gimana spesifikasinya. Apalagi kalo emang sista udah terbiasa rutin beli via online kosmetik itu, berarti gpp sista beli terus via online juga.

Nih ada beberapa kriteria penting yang wajib sista tau sebelum belanja kosmetika online.

– Masing-masing produk kosmetik yang dijual harus udah ngantongin izin dari BPOM.

– Produk kosmetik bukan cuma dijual via sosmed aja, misalnya kaskus ato instagram. Tapi harus ada situs toko onlinenya juga, karena toko online makin bisa dipertanggung jawabin dibanding cuma dishare via kaskus ato instagram yang gampang dibikin sama siapa aja. Jadi jangan sampai gampang ketipu sama produk yang pakai nama artis, iklan-iklan, dll.

– Perhatiin secara detail produk kosmetik yang mo dibeli supaya ga nyesel nantinya beli produk itu.

– Cari online shop yang ada customer servicenya biar sista bisa konsultasi kalo ada yang mo ditanyain soal produk-produk kosmetik yang dijual. Yang wajib diajuin adalah gimana spek produknya? Udah halal dan ada izin BPOM nya ga? Gimana cara pembayarannya? Gimana cara pengirimannya? Ato mungkin sista bisa sekalian konsultasi soal masalah kulit sista, jadi bisa dapet solusi baiknya beli produk kosmetik yang mana biar cocok di kulit? Dll.

Selain hal-hal tadi, ada juga nih sis hal-hal dasar yang perlu diperhatiin, khususnya soal websitenya. Dan berikut ini beberapa hal dasarnya.

– Nama website ato domainnya. Perhatiin apakah nama domain online shop itu masih gratisan ato engga? Misalnya: namaonlineshop.blogspot.com, namaonlineshop.wordpress.com, dll. Kalo nama web onlineshopnya masih gratisan, pastinya kita ga bakal langsung percaya dong sama onlineshop itu.

– Perhatiin tampilan desain websitenya. Kesannya apakah acak-acakan ato lebih terkesan professional dan rapi desainnya? Karena tampilan si website yang dipakai onlineshop bisa ngasih gambaran sekilas soal profesionalisme online shop itu.

– Cek apa onlineshop punya content yang update terus? Misalnya: si onlineshop mosting juga artikel dan tips-tips yang isinya informasi yang berhubungan sama produk kosmetik yang dijual. Kalo onlineshop punya content yang update terus (bisa tiap hari ato beberapa kali dalam seminggu dan terjadwal), maka bisa disimpulin kalo onlineshop yang bersangkutan emang aktif, keurus dan kepelihara dengan baik sama si owner.

– Onlineshop yang trusted alias bisa dipercaya itu nyediain nomer telepon yang bisa dihubungin, dan lebih baik lagi ada customer servicenya juga. Jadi kita bisa konsultasi ato tanya-tanya kapanpun.

– Jangan lupa tanyain soal retur produk. Ini penting juga, karena kalo ternyata produk yang dibeli ga sesuai speknya ato kondisinya ga oke, kita pasti pengen produk diganti. Makanya ini wajib ditanyain sebelum beli.

Soalnya ada aja onlineshop nakal yang pas kita complain soal produk yang dikirim ga sesuai itu malah slow response banget, bahkan ada yang ga ngegubris sama sekali. Dan ga ada salahnya kalo kita minta contact person owner onlineshopnya juga sekalian biar kalo ada apa-apa bisa langsung minta pertanggung jawaban.

– Kalo mereka nyantumin beberapa testimony dari customer yang udah pernah pakai produk kosmetiknya, baca aja testimony-testimonynya. Tapi hati-hati, jangan sampai sista mudah kebujuk sama testimony yang terlalu lebay yah! Karena bisa aja testimony itu cuma rekayasa belaka biar banyak customer yang tertarik.

Keuntungan belanja kosmetik online

– Lebih praktis, nyaman dan cepet. Onlineshop biasanya buka 24 jam sehari, jadi ini nguntungin banget buat calon pembeli. Karena kita bisa liat-liat kapanpun katalog produknya dan order kapanpun dimanapun. Misalnya pas malam hari ato pas waktu kerja, kalo mo belanja online tinggal searching dan lakuin transaksi aja.

Coba deh bandingin sama belanja offline (di mall, pasar, toko-toko ato di pusat belanja) pastinya hal ini ngabisin waktu, belom biaya tambahan buat ongkos, nongkrong buat sekedar makan, dan jelas ga bisa dilakuin tiap saat.

– Efisiensi waktu dan biaya. Proses pencarian produk-produk kosmetik ini bisa dilakuin lebih cepet, praktis dan ga makan banyak biaya dengan searching online (via internet).

– Belanja kosmetik online bisa ngejangkau seluruh belahan dunia. Belanja online itu ga cuma bisa beli di onlineshop dalam negeri aja. Kalo mo belanja kosmetik online di onlineshop dari luar negeri juga bisa sis.

Kerugian belanja kosmetik online

– Belanja kosmetik online ga bisa berinteraksi langsung sama penjual. Beberapa sista mungkin lebih suka belanja kosmetik langsung ketimbang via online. Karena belanja offline bisa cek sendiri kondisi produk dan langsung nyobain produknya saat itu juga.

– Waktu pengiriman. Kelemahan lainnya yaitu lamanya waktu pengiriman barang yang kita beli. Dalam hal ini pembeli ga bisa langsung bawa langsung produk kosmetik yang dibelinya karena harus nunggu beberapa hari dulu sampai produk yang dibeli datang.

– Sistem pembayarannya yang bayar dulu baru kirim. Sistem ini emang agak ngeraguin, karena rata-rata semua penjual online itu minta produk yang dibeli dibayar dulu baru dikirim. Apalagi sekarang ini ga sedikit onlineshop penipu yang nyatanya malah ga ngirim barang yang udah dibayar sama customer via transfer. Meski ga semua onlineshop itu nipu sis.

Demikian. Semoga beberapa tips diatas jadi makin nambah kehati-hatian sista ya sebelum belanja kosmetik online.

Gambar Hari Ini:

Sumber: @kimdaoblog

Mau Aman Belanja Kosmetik Via Online? Ikutin Tips-tipsnya Ini Yuk!

Anjing Tidur

Mau Aman Belanja Kosmetik Via Online? Ikutin Tips-tipsnya Ini Yuk!