Pengin Perawatan Wajah Ke Klinik Kecantikan? Kenalin Dulu Metode-Metode Perawatannya!

0 207

Pengin Perawatan Wajah Ke Klinik Kecantikan? Kenalin Dulu Metode-Metode Perawatannya!

Perawatan wajah emang ga gampang, apalagi kalo kulit wajah kita bermasalah. Salah-salah perawatan, ujung-ujungnya nanti malah makin parah. Hhmmm, buat sista yang mungkin ga mo ambil pusing dan praktis, mungkin satu-satunya solusi yang bisa dipilih adalah dengan pergi ke klinik kecantikan.

Di klinik kecantikan, perawatan wajah yang ditawarin ada beragam, mulai dari mikrodermabrasi, botox, laser, fillers, juga chemical peeling. Dan perlu kita tau sis, semua perawatan itu tanpa operasi. Jadi ga seserem nama-namanya. :p

Emang sih perawatan ke klinik kecantikan itu ga murah. Tapi, yaa sekali-kali boleh lah ngerasain biar ga penasaran. Hehee…

Meskipun tanpa pembedahan alias operasi, namanya pakai bahan-bahan kimia dan alat kecantikan yang super canggih, tetep resikonya pasti ada. Sebelum milih metode perawatannya, lebih baik cari tau dulu soal prosedur dan manfaatnya supaya kita bisa maksimal dapetin manfaatnya. Kenalin dulu juga langkah-langkah tiap metode perawatan dan resiko yang mungkin terjadi.

Biar lebih jelas, mending kita bahas satu-satu deh nih. Berikut penjelasannya.

Mikrodermabrasi

Dermabrasi adalah prosedur pembuatan lapisan kulit yang halus buat ngegantiin kulit yang bermasalah. Jangan keliru tapi lho sis, prosedur ini bukan buat ngerawat kulit yang kondisinya parah, kayak tanda lahir, bekas luka bakar, tahi lalat, ato kulit akibat cacat bawaan.

Prosedur dermabrasi ini pakai Kristal yang berguna sebagai eksfolian kulit. Kristal ini disemprotin ke kulit buat bekerja merbaikin kulit. Masalah di kulit, kayak bintik-bintik sama kulit kusam bisa diatasin pakai metode ini.

Perawatan mikrodermabrasi bakal ngasih hasil terbaik kalo kita udah lakuin sebanyak 4-6 kali perawatan. Di tiap sesi perawatan, ahli kecantikan butuh waktu sekitar setengah jam buat nerapinya. Jangan kaget kalo nantinya kulit kita jadi kemerahan setelah perawatan ini.

Karena kulit kemerahan ini udah dianggap wajar, dan biasanya merahnya suka tahan 3-12 jam. Selain itu, ada juga resiko lain setelah perawatan mikrodermabrasi, yakni kulit jadi bersisik, kering, juga bengkak. Kulit bisa jadi lebih peka kena sinar matahari. Makanya lebih baik hindarin dulu paparan sinar matahari langsung beberapa hari setelah perawatan ini.

Chemical Peeling

Kalo kulit ngalamin pigmentasi (warnanya ga merata) atopun berjerawat. Kalian sebaiknya minta perawatan chemical peeling aja pas ke klinik kecantikan. Chemical peeling ini berbentuk cairan dan biasa dipakai buat ngehalusin kulit wajah dengan cara eksfoliasi (pengelupasan).

Eksfoliasi ini dilakuin dengan cara nyuntikkin cairan kimia ke wajah, sehingga pas pengelupasan sel-sel kulit mati gampang keangkat dan keganti sama sel kulit baru.

Proses eksfoliasi sendiri dibagi jadi beberapa jenis, diantaranya:

– Eksfoliasi dangkal.
Perawatan ini cuma dilakuin di permukaan kulit luar (epidermis), yakni sel kulit lapisan atas. Efeknya bersifat sementara, makanya perlu rutin ngelakuinnya. Beberapa waktu setelah perawatan, kulit suka kerasa kenceng dalam waktu beberapa jam.

– Eksfoliasi menengah.
Perawatan ini dilakuin sampai bagian atas kulit dalam (dermis). Pas perawatan, kulit biasanya suka perih dan setelahnya jadi berwarna kemerahan ato agak gelap sekitar 1 1/2 bulanan. Kalo pengen kecantikan bertahan lama, rutin lakuin perawatan ini 1-2 kali per taun.

– Eksfoliasi dalam.
Khusus eksfoliasi ini, diperluin anestesi lokal karena perawatannya bakal sampai nembus lapisan dermis kulit bagian bawah. Prosedur ini pakai obat bius lokal. Setelah perawatan, bisa timbul pembengkakan sekitar 2 mingguan. Bahkan sampai ngakibatin kulit jadi kemerahan selama kurun waktu 3 bulan. Untungnya, prosedur perawatan ini cukup dilakuin sekali aja dan ga perlu pengulangan.

Meskipun metode chemical peeling ini hasilnya ngejanjiin, tapi ada resikonya juga. Kulit biasanya bakal jadi lebih sensitive sama sinar matahari, dan ada kemungkinan kulit ngalamin perubahan warna secara permanen jadi lebih terang ato lebih gelap. Pada beberapa kondisi yang jarang terjadi, bahkan nantinya kulit bisa ngalamin luka parut.

Dermal Fillers

Sesuai namanya, metode perawatan ini adalah ngisi cekungan di area kulit yang keriput, lipatan kulit, bahkan bibir, buat ngasih efek penuh. Jenis dermal filler beda-beda, ada yang efeknya sementara, ada juga yang permanen.

Di klinik kecantikan, ahli medis bakal nyuntikkin bahan ke wajah dan mijet lembut area wajah. Proses perawatannya ga lama juga sih, sekitar 30 menit sampai 1 jam. Setelah 1 hari perawatan, biasanya nanti wajah suka bengkak. Makanya disaranin kita harus ngehindarin paparan sinar matahari langsung, ga ngonsumsi kopi, dan minuman panas lain dulu selama 1 hari.

Kulit gatel, memar, juga bengkak adalah efek samping dari metode perawatan dermal filler jenis permanen. Kemungkinan lainnya kadang bisa timbul benjolan di bawah kulit, cuma kasus ini jarang sih.

Selain itu, efek lain yang jarang terjadi yakni filler bisa nutup pembuluh darah, sehingga mungkin bisa nyebabin emboli paru-paru, kebutaan, bahkan kematian jaringan kulit. Ada lagi nih yang serem, yaitu sampai ngalamin alergi yang berujung di kasus anafilaksis, dimana timbulnya alergi parah yang ngancam jiwa.

Selain tiga metode diatas, klinik kecantikan juga biasanya nawarin suntik botox dimana cairan toksin botulinum dimasukkin ke area tubuh yang pengen dipercantik. Salah satu tujuannya adalah buat ngurangin kerutan di wajah. Terus yang terakhir yaitu metode laser resurfacing buat ngehalusin kulit.

Nah, gimana sis? Tertarik buat nyoba salah satunya? Hehee.. gpp ya buat pengetahuan aja. Tapi kalo emang sista mo coba, lebih baik konsulitasiin dulu ke dokter kecantikan. Jangan gampang terigiur sama tawaran bisa cantik instant dalam waktu sekejap. Percuma aja kan cantik dari luar tapi kulit dalam kita kesiksa?

Gambar Hari Ini:

Nasabah Bank Punya Rekening Di Atas 5 Miliar

Pengin Perawatan Wajah Ke Klinik Kecantikan? Kenalin Dulu Metode-Metode Perawatannya!

Sumber: @kimdaoblog

Pengin Perawatan Wajah Ke Klinik Kecantikan? Kenalin Dulu Metode-Metode Perawatannya!