Penting Nih Tau Apa Aja Makanan Penyebab Jerawat dan Penangkalnya

0 95

Penting Nih Tau Apa Aja Makanan Penyebab Jerawat dan Penangkalnya

Duh kira-kira apa aja yah penyebab jerawat?

Kok udah berbagai cara ngilangin jerawat dilakuin tapi wajah tetep aja jerawatan dan malah makin banyak?

Heheheee sista ada yang pernah punya keluhan kayak gitu?

Hhmm pasti ada deh! Apalagi yang udah susah payah bhangat usaha ngilangin jerawatnya dari dulu yang tetep we bandel kagak ilang-ilang. Ato mungkin ada yang ilang sementara dah gitu muncul lagi makin banyak jumlahnya.

Nah, kalo sista ngalamin hal kayak gini, perhatiin terus penyebab munculnya si jerawat. Bisa aja karena salah konsumsi makanan lho!

Masalah jerawat emang bukan cuma dari kurangnya perawatan wajah dan salah ngebersihin area wajah.

Tapi jerawat juga bisa muncul akibat sista kurang hati-hati dalam ngonsumsi makanan. Emang sebagian makanan bisa jadi penyebab munculnya jerawat di wajah, makanya kita harus tau apa aja makanan penyebab jerawat biar kita bisa ngehindar.

Makanan-makanan Penyebab Jerawat

Karena masalah jerawat bukanlah suatu hal yang gampang disembuhin, makanya lebih baik kita hindarin semua hal yang bisa memicu munculnya jerawat. Dan salah satu pantangannya adalah makanan.

Makanan emang sering dianggap sepele dalam urusan jerawat. Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindarin biar ga memicu jerawat.

– Gorengan ato makanan yang berlemak

Makanan yang banyak mengandung lemak misalnya gorengan emang termasuk salah satu penyebab timbulnya jerawat. Karena lemak dari gorengan yang kita makan bakal disimpen sama tubuh. Dan pas lemak yang disimpen tubuh ini kadarnya mulai berlebih, lemak itu bakal dikeluarin lewat pori-pori kulit.

Kulit bagian tubuh yang paling sering ngeluarin minyak yaitu kulit wajah. Pas wajah berminyak, biasanya jerawat emang bakal gampang muncul. Makanya lebih baik hindarin makanan-makanan tinggi lemak dan banyak minyaknya.

– Makanan manis dan kadar gulanya tinggi

Salah satu makanan yang jadi penyumbang lemak berlebih didalam tubuh ternyata bukan cuma minyak aja, tapi makanan-makanan manis dan tinggi gula juga sama. Jadi, pas lemak itu kadarnya berlebih, ga aneh kalo jerawat-jerawat bandel bakalan muncul dan ngeganggu penampilan kita.

– Makanan berbahan susu

Jenis makanan yang berbahan susu juga termasuk makanan penyebab jerawat yang harus dihindarin. Contoh makanan berbahan susu adalah yogurt, keju, susu cream, susu cair, dll. Produk berbahan susu berasal dari sapi yang lagi mengandung (hamil) dan kaya akan hormone.

Dan pas hormone ini masuk ke dalam tubuh manusia, hormone bakal dirubah jadi DHT (Dihydrotestosteron). Zat DHT bisa memicu munculnya jerawat di tubuh sista. So.. makanya hindarin ya makanan berbahan susu, ato seenggaknya kurangin porsi konsumsinya!

– Kafein

Kafein ga cuma ada didalam kopi aja, tapi ada juga didalam teh, cokelat, obat penahan rasa sakit, minuman berenergi, dll. Kafein sendiri bisa nyebabin munculnya adrenalin yang ngeproduksi hormone penyebab stress. Nah, stress inilah yang bisa memicu jerawat jadi muncul lagi.

– Alkohol

Yang sering ngonsumsi alcohol, jangan harap deh bakal punya wajah yang bersih dari jerawat. Karena alcohol itu bisa ngerusak aliran darah dan makanya kulit bisa jerawatan, bahkan keliatan kusam dan keriput.

Makanan Penangkal Jerawat

Kalo diatas tadi udah dibahas beberapa jenis makanan penyebab jerawat, sekarang giliran kita bahas soal penangkalnya. Ada beberapa jenis makanan yang katanya ampuh buat nangkal jerawat. Simak satu-satu nih apa aja itu makanannya!

– Minyak Zaitun

Kita udah sering ngebahas kan kalo minyak zaitun itu kaya akan manfaatnya buat kecantikan? Termasuk salah satunya bisa ngerawat kecantikan kulit dari jerawat. Kandungan asam lemak esensial didalam minyak zaitun ternyata emang bagus bhangat dan diperluin kulit.

Zat ini bisa bikin kulit bebas dari yang namanya jerawat. Makanya, kalo sista bermasalah sama jerawat, mulai deh rajin ngonsumsi minyak zaitun mo yang cair ato yang kapsul.

– Teh Hijau

Teh hijau punya kandungan yang tinggi berupa anti radikal bebas yang bisa mencegah munculnya jerawat di kulit. Selain anti radikal bebas, teh hijau juga kaya akan zat katekin yang bisa ngelawan polusi penyebab munculnya jerawat juga.

– Cokelat Hitam

Buat sista yang doyan jajan permen ato makanan manis lain, lebih baik ganti aja jajanannya sama cokelat hitam. Kandungan anti oksidan didalam cokelat hitam ini bisa bikin wajah bebas dari jerawat.

– Mentimun

Selain bagus buat maskeran wajah, ternyata buah yang kaya akan air ini juga termasuk makanan pencegah jerawat yang ampuh. Gimana engga coba, mentimun mengandung air yang mampu ngelawan toksin ato racun yang bisa nyumbat pori-pori kulit wajah. Bukan cuma itu, bahkan kandungan astringent didalam mentimun bisa nyejukkin kulit dan ngatasin iritasi kulit akibat jerawat.

Well.. udah cukup jelas kan sis? Inget loh mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan sembarangan jajan makanan ga sehat, biar wajah ga jerawatan dan tubuh tetep sehat juga pastinya.

Gambar Hari Ini:

Mars Rover

Penting Nih Tau Apa Aja Makanan Penyebab Jerawat dan Penangkalnya

Sumber: @kimdaoblog

Penting Nih Tau Apa Aja Makanan Penyebab Jerawat dan Penangkalnya