Penyebab Iritasi Dan Alergi Pakai Krim Racikan Buat Perawatan Kecantikan

0 1,757

Penyebab Iritasi Dan Alergi Pakai Krim Racikan Buat Perawatan Kecantikan

Banyak kaum wanita ngalamin iritasi dan alergi pas ngelakuin perawatan wajah pakai krim racikan perawatan kecantikan tertentu. Salah satu gejala yang muncul di wajah mereka adalah wajah kerasa panas, merah, kulit gatel-gatel, dan muncul banyak jerawat.

Kasus semacem ini bisa muncul kemungkinan disebabin sama 2 hal, yaitu krim kecantikan yang dipakai kualitasnya ga bagus, dan krim racikannya berkualitas tapi type wajahnya hypersensitivie sama bahan-bahan kimia. Makanya wajah jadi suka iritasi dan alergi. Buat kulit yang wajahnya hypersensitive emang secara genetic diturunin dari orang tua yang punya type kulit wajah yang sama.

Kira-kira apa penyebab kulit jadi iritasi dan alergi kalo pakai krim racikan perawatan kecantikan kulit? Terus apa sih iritasi dan alergi kulit itu?

Sistem tubuh manusia punya antibody yang kadarnya beda satu sama lain. Reaksi alergi yang muncul itu sebenernya adalah reaksi berlebihan dari sistem antibody sebagai respon rangsangan masuknya benda asing (antigen). Buat orang yang alergi, respon antibody ini secara genetic berlebihan banget, makanya orangnya disebut hypersensitive. Karena di orang normal, kepaparnya benda asing ini sebenernya ga bahaya dan ga bakal nimbulin reaksi negative setelah pemberian krim racikan.

Contoh penyebab alergi diantaranya, jamur, debu, serbuk sari, dan protein didalem makanan-makanan tertentu. Sedangkan iritasi yaitu gejala yang muncul di kulit ato selaput lendir berupa rasa gatel, panas, muncul ruam, ato kemerahan karena rangsangan suatu zat. Bukan karena faktor genetic ato sistem antibody tubuh.

Makanya bisa disimpulin, kalo sista ngalamin iritasi, belum tentu itu alergi. Tapi kalo emang sista punya alergi, sista kemungkinan ngalamin iritasi.

Iritasi Di Kulit

Iritasi di kulit ato dalam bahasa kedokteran disebut Irritant Contact Dermatitis adalah iritasi yang terjadi pas suatu bahan khususnya krim racikan perawatan kecantikan ngerangsang kulit sehingga nyebabin iritasi. Kasus ini biasanya timbul dalam bentuk bercak-bercak gatel, ruam merah ato bersisik, tapi juga bisa berkembang jadi ngelepuh yang berisi cairan.

Kalo cairan yang gatel tadi digaruk dan ga cepet diobatin, biasanya bakal nyebabin infeksi. Beberapa bagan wajah yang cenderung sensitive dan berpotensi ngalamin iritasi adalah bagian lapisan terluar kulit, kayak kelopak mata, area kulit kering ato pecah-pecah.

Alergi Di Kulit

Alergi di kulit ato sering dikenal sebagai Allergy Contact Dermatitis adalah orang yang alergi sama bahan ato ramuan bahan didalem suatu produk tertentu, kayak krim, cairan, dan gel. Gejala yang nampak adalah timbulnya pembengkakan, ruam kemerahan, gatel, dan timbulnya jerawat. Area yang sering kepapar alergi adalah area bibir, mata, telinga, wajah, dan leher. Meski begitu, kadang reaksi alergi juga bisa muncul di tubuh bagian yang lain.

Gejala alergi ato iritasi di kulit bisa diliat cuma dalam hitungan menit ato jam setelah pemakaian. Bisa juga dalam beberapa hari ato beberapa minggu baru keliatan kalo kulit ngalamin iritasi sama alergi.

Di beberapa kasus yang terjadi, kadang sensitivitas alergi terhadap produk tertentu terjadi setelah bertaun-taun pemakaian produk itu. Misalnya, kita pakai produk kecantikan merk A selama beberapa taun dan nyaman karena ga ada reaksi negative. Terus kita stop sementara waktu dan pakai produk A lagi, tapi pas pakai lagi itu malah timbul reaksi alergi. Hal inilah yang jadi bukti kalo kulit wajah tiap saat bisa ngalamin peningkatan sama penurunan sensitivitas alergi.

Apa ada cara aman mempercantik wajah secara alami?

Menurut penelitian dari ahli kulit ato dermatologis, nyebutin bahwa minyak argan/argan oil yang dipakai dalam jangka panjang itu aman buat perawatan kulit khususnya ngobatin masalah jerawat wajah, karena adanya kandungan tocopherols vitamin E yang terkandung didalam minyak argan.

Antioksidan yang ada dalam minyak argan mampu ngancurin radikal bebas yang bagus dan pastinya bisa dipakai sebagai pelembab buat orang yang punya bekas luka, masalah kulit kering, dan eksim.

Minyak argan sendiri berasal dari Maroko. Jangan lupa sis, selalu pilih minyak argan yang bener-bener murni tanpa bahan tambahan apapun, baik alcohol atopun parfum. Biar makin efektif kerjanya dan kandungan vitamin yang kita dapet lebih tinggi, baiknya pakai minyak argan yang dibuat dengan teknik cold processing.

Secara ilmiah, minyak argan emang udah terbukti khasiatnya. Terus para ahli kedokteran sama ahli kesehatan di dunia udah neliti kandungan didalem minyak argan ini. Hasilnya juga udah banyak dipublikasiin di banyak jurnal Internasional.

Apa minyak Argan bisa dipakai buat ngatasin masalah lain selain jerawat, kulit kering, dan flek hitam? Misalnya, buat merbaikin tekstur kulit yang rusak karena hypersensitif akibat pemakaian krim racikan perawatan kulit?

Yap, minyak argan cukup ngebantu dalam merbaikin sel-sel kulit yang rusak karena kepapar bahan kimia yang terkandung di dalam krim racikan. Proses pertamanya, minyak argan bakal ngeluarin zat yang bahaya itu lewat sel dan pori-pori kulit. Kedua, memperbaiki struktur sel yang rusak dengan cara ngasih asupan vitamin E (antioksidan) yang kandungannya lebih tinggi 3x lipat dari minyak zaitun. Asam Lemak Esensialnya bakal bekerja ngejaga kesehatan membran, ngatur kulit wajah supaya tetep elastis dan lembab.

Asam Linoleat sama Oleat berfungsi sebagai anti inflamasi di wajah. Peradangannya bisa berupa kulit kemerahan dan kadang muncul jerawat merah. Kandungan squalence berfungsi buat nyembuhin luka sekaligus sebagai zat anti bakteri buat ngobatin jerawat.

Squalence juga bisa merbaikin tanda-tanda penuaan dini kayak keriput di wajah khususnya sudut mata. Kandungan Polifenolnya berfungsi sebagai zat anti inflamasi, anti septik dan ngelindungin kulit dari radikal bebas juga kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sterol dan D-7 tigmatolnya ampuh mencegah penuaan dini dan bantu proses penyembuhan luka karena jaringan kulit wajah yang udah rusak.

Sekian. Semoga makin nambah pengetahuan kita ya sis biar terus hati-hati sebelum pakai krim racikan perawatan kecantikan.

Gambar Hari Ini:

Donat Pikachu

Penyebab Iritasi Dan Alergi Pakai Krim Racikan Buat Perawatan Kecantikan

Sumber: @kimdaoblog

Penyebab Iritasi Dan Alergi Pakai Krim Racikan Buat Perawatan Kecantikan