Sebelum Mulai Perawatan, Kenalin Yuk Tips-Tips Perawatan Kulit Wajah Yang Bener!

0 69

Sebelum Mulai Perawatan, Kenalin Yuk Tips-Tips Perawatan Kulit Wajah Yang Bener!

Kulit wajah merupakan jaringan kulit yang paling sensitif di antara jaringan kulit lain di bagian tubuh manusia. Kulit terdiri dari 3 lapisan, diantaranya: lapisan epidermis, dermis dan hypodermis.

Epidermis adalah lapisan terluar kulit yang ternyata masih punya 5-6 lapisan lagi, dimana masalah kulit biasanya ada di stratum brasale paling bawah dan lapisan epidermis. Supaya di lapisan ini noda ga ninggalin bekas, misalnya bekas jerawat, tunggu jerawat sampai mateng.

Meski jenis kulit kita ini ada 3, yaitu normal, berminyak, dan kering. Seorang pakar kecantikan ngejelasin, bahwa akar penyebab kulit bermasalah itu ga bisa cuma nyalahin satu faktor aja. Karena faktornya bisa aja berasal dari dalem sama luar tubuh. Faktornya bisa berupa faktor hormonal, lingkungan, dan individu.

Masalah yang biasanya dialamin wanita yang jenis kulitnya berminyak, yaitu munculnya jerawat akibat kelebihan kelenjar minyak yang diproduksi sama hormon endrogen. Padahal, disamping itu kelenjar minyak justru malah bisa bikin kulit wajah kita jadi awet muda lho! Meski begitu, produksi hormone ini bisa diatur seiring sama jenis makanan yang kita konsumsi tiap hari dan perubahan usia.

Jenis makanan berlemak dan berminyak ikut berperan dalam ningkatnya kadar minyak. Tapi pas masuk usia dewasa muda (sekitar 25 taunan), hormon endrogen suka berkurang kinerjanya.

Faktor lingkungan yang ikut mengaruhin kondisi kulit adalah sinar matahari, polusi udara dan modernisasi (AC). Dampak dari sinar matahari bisa nimbulin flek ato bintik-bintik hitam (dermarosis seboroick) di wajah.

Sedangkan pengaruh modernisasi berupa pemakaian AC yang terus-menerus ga bisa dipungkirin bisa ngakibatin kulit jadi kering, karena AC bisa ngerubah kadar kelenjar minyak di kulit. Kulit berminyak, jamur, dan serangga juga bisa nyebabin kerusakan kulit. Sedangkan kalo dari segi faktor individu, biasanya adalah kebiasaan buruk kayak males mandi, ato males ngebersihin wajah.

Kenalin Kulit Kita

Kata orang jenis kulit normal itu yang paling sempurna. Padahal kalo kita ga tau trik perawatannya, kulit normal juga tetep rawan kena masalah, misalnya jerawat. Kalo kalian berpikir kulit berminyak bisa dibersihin pakai pembersih dan penyegar buat jenis kulit kering dengan maksud supaya kulit ikut kering ato minimal kadar minyak berkurang, maka pemikiran ini jelas-jelas salah besar. Yang bener adalah, pakai pembersih wajah khusus kulit berminyak buat perawatan sehari-hari di kulit berminyak yang emang berfungsi ngurangin dan ngontrol kelebihan produksi kadar minyak.

Tau ga sis, bahwa sebenernya masalah kulit itu ga melulu terletak di cara-cara ngebersihin wajah yang ampuh bisa nangkal jerawat. Masalah lain yang dialamin bisa berupa pelebaran pori-pori, pigmentasi, dan kelesuan wajah. Tapi yang jelas pelebaran pori-pori itu resiko, meski sekarang ini udah banyak obat yang bisa nanganin masalah pori-pori.

Kulit yang jenisnya kering emang ga nimbulin jerawat. Tapi kalo kulit kering ga dirawat dari awal, nantinya masalah kerutan ato penuaan dini ga bisa dihindarin. Apalagi masalah pigmentasi sama kelesuan wajah bisa aja terjadi. Makanya kulit butuh perlindungan juga biar asupan vitamin ato perawatan kulit khusus yang dilakuin selalu maksimal hasilnya.

Efek Alat Kontrasepsi

Jaringan kulit yang sensitif dan tipis diantaranya kelopak mata, bibir, kulit muka sama leher, makanya perawatannya harus bener-bener ekstra hati-hati. Jenis pembersih yang aman buat dipakai di kulit diantaranya sabun, pembersih, penyegar dan vitamin. Kelopak mata sama bibir tetep harus dibersihin supaya keliatan seger dan jernih. Dan yang diperluin disini yaitu cukup pakai air anget ato vitamin. Jangan pakai cleanser karena terlalu keras.

Alat-alat kontrasepsi kayak pil KB juga ternyata bisa berefek buruk ke kulit lho! Efeknya bisa berupa bintik-bintik hitam ato coklat, bahkan kadang muncul jerawat.

Jenis kulit berminyak biasanya yang paling bermasalah. Jerawat sering muncul di jenis kulit ini karena lobang pori-porinya makin ngelebar, dan kelenjar minyak juga banyak keluar. Akibatnya, pori-pori jadi ketutup sama minyak, debu, dan kotoran lain.

Pilih Kosmetik Yang Udah Teruji

Bagi kaum wanita, pakai kosmetik adalah sebuah keharusan. Tapi meski kosmetik itu udah jadi bagian dari kehidupan wanita. Tetep kita harus tau kosmetik mana yang bagus dan enggak. Makanya, penting banget cerdas dan teliti sebelum beli kosmetik.

Dari sekian kosmetik yang dijual di pasaran, ada baiknya kita pakai produk kosmetik khusus buat kulit di daerah tropis. Apalagi jenis kosmetik khusus kulit di daerah tropis itu udah banyak riset yang ngebuktiin kualitasnya. Sehingga resiko kegagalannya kecil banget. Ato kalo ga, cari produk kosmetik yang udah diuji secara klinis. Ga banyak emang produk yang udah ngelewatin pengujian secara klinis, tapi produk yang udah teruji secara klinis itu bisa dijamin keamanannya.

Kalo kalian pengen coba suatu produk, coba olesin dulu produk kosmetik itu di kulit lengan bagian dalem. Kenapa dioles di lengan? Karena daerah ini punya sensitivitas yang sama kayak kulit wajah. Reaksinya bisa diliat setelah 48 jam. Kalo kulit kerasa gatel-gatel ato kulit wajah jadi memerah, itu tandanya iritasi. Amannya, istirahatin selama 2 minggu setelah itu baru deh kita bisa tau reaksi kosmetik baru itu secara sempurna.

Perhatiin Perawatan

Perawatan kulit bagi seorang wanita harus dimulai dari remaja, kira-kira usia 15 taunan. Setelah kita tau kapan udah harus ngerawat kulit, langkah berikutnya yaitu kenalian secara bener-bener jenis kulit kita dan jangan beralih cleanser selain yang sesuai jenis kulit. Kalo kulit wajahnya bermasalah, pengobatannya harus sejalan sama perawatan.

Kulit ngalamin regenerasi tiap 2-3 minggu sekali, makanya ada baiknya tiap bulan wajah di facial pas kulit lagi beregenerasi. Buat kulit berminyak , facialnya cukup 2 minggu sekali. Selain berguna buat ngangkat kulit mati yang ga bisa lepas gitu aja, facial ini juga ampuh bersihin kotoran secara sempurna.

Facial yang terdiri dari pembersih, massage, pilling, dan masker bener-bener berguna deh. Pilling gunanya buat ngebuka pori-pori sehingga gampang ngeluarin kotoran termasuk jerawat yang belum mateng ato komedo. Sedangkan masker gunanya buat bikin kulit wajah supaya keliatan kenceng dan ngelancarin aliran darah.

Gimana sis? Lengkap banget kan penjelasannya?

Gambar Hari Ini:

Komik Doraemon

Sebelum Mulai Perawatan, Kenalin Yuk Tips-Tips Perawatan Kulit Wajah Yang Bener!

Sumber: @kimdaoblog

Sebelum Mulai Perawatan, Kenalin Yuk Tips-Tips Perawatan Kulit Wajah Yang Bener!