Sebelum Tidur, Baiknya Lakuin Perawatan-Perawatan Wajah Ini!

0 83

Sebelum Tidur, Baiknya Lakuin Perawatan-Perawatan Wajah Ini!

Biar kulit wajah jadi sehat, ternyata ga cukup cuma dengan perawatan wajah di siang hari aja. Tapi kulit juga harus dirawat pas malam hari sebelum tidur. Sayangnya, meski sebenernya udah tau, orang kadang sering males dan ngabaiin gitu aja perawatan kulit wajahnya di malam hari. Mungkin ada sebagian sista yang termasuk males juga kan?

Padahal malam hari itu kulit lebih aktif ngeregenerasi lho dibanding di siang hari. Regenerasi kulit bisa bikin kulit kita jadi lebih sehat, lembut, bersih dan kehindar dari garis-garis tanda penuaan. Jadi bagus bhangat kalo sebelum tidur kita ngerawat si kulit dulu biar pas bangun besoknya jadi seger. Makanya, seharusnya perawatan kulit di malam hari itu jadi ritual wajib yang ga boleh kita lewatin.

Kira-kira apa aja sih tips perawatan kulit wajah sebelum tidur? Berikut ini pembahasannya.

Pakai cleansing milik

Supaya kotoran ato sisa-sisa make up yang nempel di wajah keangkat, ritual bersihin wajah sebelum tidur itu penting bhangat. Cara ngebersihin wajah yang bagus yaitu pakai cleansing milk ato susu pembersih. Kalo sista ga punya ato ga biasa pakai cleansing milk, bisa juga pakai make up remover.

Pakai cleanser ato facial foam

Setelah ngebersihin wajah pakai cleansing milk ato make up remover, lanjut lagi pakai facial foam ato cleanser. Caranya, basahin wajah, usapin facial foam sambil pijet lembut kulit wajah. Setelah itu, bilas pakai air bersih.

Pakai air hangat

Sebelum ngebersihin wajah, dianjurin wajah dibasuh dulu pakai air hangat. Kalo udah dibasuh, baru usapin facial foam ato cleanser di wajah. Air hangat ini bisa ngebuka pori-pori, jadi kandungan si pembersih nantinya bisa nyeresep jauh ke dalem dan kotoran keangkat sempurna.

Pakai toner

Setelah pakai air hangat pas ngebersihin wajah, buat nutup lagi pori-pori wajah, sebaiknya pakai toner sebagai pendinginnya. Toner selain bisa nutup pori-pori wajah juga bisa nyegerin wajah dan ngebersihin sisa kotoran ato make up yang masih ketinggal di wajah.

Pakai moisturizer

Kalo sista jenis kulitnya kering, disaranin bhangat buat pakai moisturizer biar kulitnya jadi lembap. Di pelembap biasanya ada kandungan AHA ato Alfa Hydroxy Acid yang berfungsi buat ngeregenerasi kulit. Buat jenis kulit sensitive, pakai moisturizer tipis-tipis di malam hari.

Pelembap boleh dipakai tapi sesuai sama kebutuhan aja. Kalo kulitnya sensitive, jangan pakai pelembap yang mengandung whitening aging karena takut kulit jadi iritasi nantinya.

Pakai masker

Penggunaan masker ga dianjurin tiap hari, tapi cukup 1x seminggu aja. Dan perlu diinget juga nih sis, masker itu ga boleh dipakai barengan sama krim malam, karena fungsinya bertolak belakang bhangat. Disaranin, lebih baik pakai masker alami juga biar minim resiko efek samping. Contohnya, masker bengkoang, tomat, susu, ato cokelat.

Pakai serum ato vitamin

Penggunaan serum ato vitamin umumnya dilakuin pas siang hari. Tapi kalo mo dipakai pas malam hari juga ga masalah, justru malah hasilnya lebih baik.

Pakai krim malam

Penggunaan krim malam harus disesuaiin sama jenis kulit. Di usia 20 taun ke atas, baiknya sista pakai jenis krim malam yang mengandung retionid acid ato whitening karena usia 20 taunan itu kulit masih seger dan belum ada kerutan.

Di usia 30-40 taunan nanti baru deh mulai muncul kerutan sebagai tanda-tanda penuaan. Makanya, di usia segitu harus lebih rajin lagi pakai krim malamnya. Dalam milih krim malam, sista harus pastiin kalo krim yang dipakai ga mengandung zat kimia berbahaya, misalnya merkuri.

Pakai krim mata

Sista pasti sering lupa deh ngolesin krim mata di malam hari. Padahal bagian kulit di area mata ini juga butuh kelembapan lho! Kulit area mata itu agak susah nyerep kandungan krim wajah. Makanya penggunaan krim mata ini perlu bhangat.

Krim ini fungsinya buat ngerelaksasi mata yang lelah setelah capek beraktivitas seharian. Selain itu, krim mata juga berfungsi buat ngurangin lingkaran hitam dan kantong mata. Sista cukup olesin krim mata ngelingkar di area mata dan sedikit diteken biar otot mata yang tegang bisa rileks.

Selain itu, sista bisa juga ngelakuin perawatan wajah di malam hari ala leluhur kita dulu dibawah ini:

– Wanita zaman dulu sering nguapin wajahnya secara manual sebelum tidur. Pertama, air direbus, masukkin beberapa irisan mentimun ato jeruk lemon. Deketin wajah ke air rebusan tadi biar uapnya nyeresep ke semua permukaan kulit wajah. Nguapin wajah jangan kelamaan, cukup 20 menit aja.

– Pakai mentimun dingin buat ngatasin masalah kantong mata. Kalo kelelahan, biasanya kantong mata jadi hitam dan kusam. Wanita dulu sering pakai irisan mentimun dingin buat ngatasin masalah ini. Mata bisa jadi seger lagi dan kantong mata ga bakal keliatan kusam kalo kita rutin ngelakuin perawatan ini.

– Pakai masker yogurt biar kulit ga jerawatan dan kulit wajah jadi makin sehat juga cantik. Kandungan susu didalam yogurt juga bisa bikin kulit jadi makin cerah.

– Minum air putih. Cara ini paling sederhana diantara semua yang udah dijelasin diatas. Meski sederhana, tapi manfaatnya luar biasa bhangat karena air putih bisa ngejaga kelembapan kulit, nyuplai nutrisi, nyerahin kulit, dan ningkatin elastisitas. So.. kulit jadi keliatan lebih awet muda dan keriput ga bakal nongol.

Sekian. Itulah beberapa cara ampuh perawatan kulit wajah sebelum tidur. Mulai sekarang jangan diabaiin lagi ya sis! Semoga bermanfaat.

Gambar Hari Ini:

Poster Asli Keep Calm And Carry On

Poster Asli Keep Calm And Carry On

Sumber: @kimdaoblog

Sebelum Tidur, Baiknya Lakuin Perawatan-Perawatan Wajah Ini!