Simak Yuk Beberapa Asam Terbaik Buat Kecantikan Kulit Kita Berikut!

0 130

Simak Yuk Beberapa Asam Terbaik Buat Kecantikan Kulit Kita Berikut!

Asam merupakan bahan-bahan yang kuat dan termasuk salah satu bagian paling penting dari rutinitas perawatan kulit.

Masing-masing jenis asam punya fungsi yang beda-beda di kulit. Kalo kita sampai salah milih produk yang mengandung asam buat ngatasin masalah kulit, nantinya kulit jadi makin buruk kondisinya.

Buat ngehindarin masalah ini, lebih baik kita bahas yuk satu-satu asam terbaik apa aja yang bagus buat kecantikan kulit kita.

Asam Salisilat (Salicylic Acid)

Produk ini dipakai buat ngobatin masalah jerawat mulai dari kondisi ringan sampai yang sedeng. Asam salisilat sering dikombinasiin didalem perawatan jerawat. Tapi kalo kita pakainya secara murni, lebih baik konsultasiin dulu sama dokter sebelum diaplikasiin.

Kalo diterapin ke kulit, asam salisilat bisa bekerja dengan bantu nyingkirin sel-sel kulit mati dari permukaan kulit sekaligus ngurangin kemerahan dan bengkak akibat inflamasi ato peradangan. Bahan ini secara efektif bisa ngurangin jumlah jerawat dan mempercepat proses penyembuhannya.

Asam salisilat juga punya fungsi yang sama kayak beta hydroxy acid sebagai agen keratolitik yaitu agen yang ngilangin lapisan atas kulit pas pori-pori kesumbat. Dr Heidi Waldorf, direktur dermatologi laser dan kosmetik di The Mount Sinai Medical Center nyaranin dan ngerekomendasiin asam ini buat kulit berminyak. Tapi, ada juga peneliti kecantikan yang nyaranin kalo asam ini lebih baik dipakai di kulit kering aato sensitive. Asal dikombinasiinnya sama bahan-bahan yang ngehidrasi.

Alpha-Hydroxy Acid (AHA)

Alpha Hydroxy Acid (AHA) adalah kelompok asam alami yang sering ditemuin didalem makanan. Alpha hydroxy acid termasuk asam sitrat (didalem buah jeruk), asam glikolat (didalem tebu), asam laktat (didalem susu asam), asam malat (didalem apel), asam tartarat (didalem anggur), dll.

Asam ini sering dipakai buat ngelembapin dan ngilangin sel-sel kulit mati, ngobatin jerawat, sekaligus memperbaiki penampilan bekas jerawat, buat ningkatin penampilan kulit di usia yang mulai menua, dan ngehalusin kulit. Alpha hydroxy acid juga dipakai secara topical buat ngobatin kulit yang kondisinya udah kering banget (xerosis), kulit bersisik (ichthyosis), dan kondisi gelap di kulit ato melasma.

Alpha hydroxy acid yang ada di krim wajah dan lotion dengan konsentrasi kurang lebih 10% aman dipakai asal tepat diaplikasi-in ke kulit dan sesuai petunjuk. Tapi di beberapa orang, asam ini bisa bikin kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari. Makanya, jangan lupa pakai tabir surya pas pakai produk yang mengandung AHA.

Hyaluronic Acid (Asam Hialuronat)

Asam hialuronat adalah zat yang secara alami ada didalem tubuh manusia. Asam ini termasuk asam yang konsentrasinya paling tinggi dalem cairan di mata dan sendi. Asam hialuronat adalah salah satu bahan yang paling dibutuhin pas kulit kerasa kering. Asam ini mengandung molekul pelembap yang bisa nyimpen sampai 1000 kali massa didalem air. Bahan ini sebenernya punya kemampuan bisa narik kelembapan dari udara ke bawah permukaan kulit lewat stratum korneum (lapisan terluar kulit) sehingga kulit jadi tetep kenyel.

Asam Ferulat & Alpha Lipoic

Asam Ferulat dan Alpha Lipoic merupakan bahan-bahan antioksidan yang bisa ngurangin jumlah radikal bebas dan nimbulin malapetaka di kulit. Kedua asam ini punya beberapa manfaat antara lain:

– Ngelindungin Sel Kulit Dari Radikal Bebas Dan Kerusakan Lingkungan

Sama halnya kayak antioksidan lain, misalnya vitamin A, C dan E, coenzim Q10, asam Ferulat & Alpha Lipoic ini juga mampu ngelindungin kulit dari radikal bebas juga ngelindungin sel-sel dari kerusakan lingkungan. Secara khusus, bahan ini efektif ngelawan dua radikal bebas yang ngerusak banget, yaitu hidroksil radikal dan superoksida.

– Ngelindungin Kulit Dari Sinar UV

Penelitian nunjukkin bahwa asam ferulat bisa bantu ngelindungin kulit dari kerusakan sinar UV. Menurut dokter kulit dan ilmuwan Karen E. Burke, MD, Ph.D., ferulic acid bakal ngeganggu proses perusakan membran sel sama sinar UV. Selain itu, asam ferulat juga bisa bantu mencegah kemerahan dan kulit kebakar akibat sinar UVB.

– Mencegah Keenggak-Efektifan Vitamin Yang Masuk Ke Kulit

Kita tau kalo semua produk perawatan kulit itu mengandung vitamin yang dibutuhin kulit. Tapi, pas produk perawatan kulit itu kena cahaya dan udara, vitamin yang dikandungnya kadang suka pecah sehingga manfaat ke kulitnya jadi hilang. Ferulic acid atau asam ferulat mampu mencegah proses ini. Makanya usahain pilih produk perawatan kulit yang mengandung asam ferulat supaya vitamin didalemnya ga hilang.

– Mencegah Kanker, Khususnya Kanker Paru-Paru Dan Kanker Usus Besar
Kanker terjadi waktu sel dan DNA bermutasi sehingga nyebabin reproduksi sel jadi ga terkendali. Ferulic acid bisa mencegah mutasi sel dan kerusakan DNA, sehingga bisa bantu ngelawan pertumbuhan sel-sel kanker.

Makanya, biar ga salah pilih produk perawatan kecantikan kulit, sista bisa cek label dan kandungannya dulu di produknya sebelum beli. Apa udah tepat kandungan asam didalemnya? Terus cocok apa enggak buat ngatasin masalah kulit kita?

Demikian. Selamat beaktivitas

Gambar Hari Ini:

Kamar Mandi Indah

Simak Yuk Beberapa Asam Terbaik Buat Kecantikan Kulit Kita Berikut!

Sumber: @kimdaoblog

Simak Yuk Beberapa Asam Terbaik Buat Kecantikan Kulit Kita Berikut!