Simak Yuk Cara Aman Menghilangkan Komedo Hidung Di Bawah Ini!

0 176

Simak Yuk Cara Aman Menghilangkan Komedo Hidung Di Bawah Ini!

Komedo merupakan sumbatan folikel rambut di kulit. Sumbatan ini berbentuk serpihan kulit ato keratin yang bercampur sama minyak.

Hadeuhh… Komedo itu sama deh 11 12 sama jerawat, ngeselin dan bikin kita jadi ga nyaman bangettt!!

Hihiii.. Tapi tenang sis, kalian ga perlu gundah gulana lagi, karena sekarang udah banyak cara aman ngilangin komedo di hidung yang udah terbukti aman dan ampuh.

Komedo itu dikenal dalam dua jenis, diantaranya ada komedo/bintik hitam (komedo terbuka) dan komedo/bintik putih (komedo yang ketutup kulit). Umumnya, salah satu penyebab timbulnya komedo adalah perubahan hormone di masa-masa pubertas.

Selain itu, faktor pemicu lainnya adalah masa kehamilan, menstruasi, keringet berlebihan, pemakaian pil KB, penggunaan jenis obat steroid anti jerawat, dan penggunaan kosmetik.

Sekarang ini, cara ngilangin komedo di hidung udah gampang. Mulai dari perawatan dermatologist di dokter kulit, sampai perawatan sendiri di rumah. Sista bisa pilih cara yang paling sesuai sama jenis komedo dan kulitnya.

Biar lebih jelas, berikut cara-cara yang dipercaya aman buat ngatasin masalah komedo.

Pakai Ekstraktor Komedo

Ekstraktor komedo ini bisa kita beli di toko alat-alat kecantikan. Cara pakainya, wajah dicuci bersih, terus deketin wajah ke uap panas dari air ngedidih. Uap ini nantinya bakal ngebuka pori-pori, makanya komedo jadi lebih gampang keangkat.

Tapi pastiin sis, ekstraktor ini rutin dibersihin dan disterilin. Jangan pakai gentian juga sama orang lain, kalo mo tetep hasilnya baik ke kulit kita.

Cara gampang lakuin sterilisasinya adalah dengan rutin ngebersihin ekstraktor pakai alcohol. Sambil ngaca di cermin, teken permukaan kulit hidung di area wajah yang ada komedonya. Terus pegang alat ektraktornya pakai tangan satunya lagi.

Keluarin komedo pelan-pelan mulai dari pori-pori sampai ke akarnya. Buat ngelembapin, olesin sedikit penyegar wajah ato es di pori-pori yang komedonya udah keangkat.

Setelah itu, sterilin ekstraktornya sebelum mulai beralih ke komedo yang lain. Begitu aja seterusnya pokoknya sis. Oia, sista harus hindarin juga pemakaian produk riasan wajah dalam beberapa waktu pas komedo keangkat. Hati-hati jangan sampai salah cara pakainya, karena resikonya nanti bisa ngakibatin timbulnya jaringan parut di area kulit.

Pakai Strip Pori

Strip pori ato pore pack adalah strip yang ditempelin di hidung selama beberapa saat biar komedo ngelupas. Komedo bakal nempel dan keangkat barengan sama si strip. Alat yang dijual bebas di supermarket ini merupakan salah satu metode ngilangin komedo yang paling cepet dan murah.

Terus bagus juga dipakai di kulit wajah yang berminyak ato kombinasi. Hal yang perlu diwaspadain dari metode ini adalah kemungkinan lapisan terluar kulit hidung bisa ikut keangkat juga.

Pakai Bahan Alami

Sista bisa coba pakai bahan-bahan alami buat bantu ngilangin komedo di wajah. Tapi perlu diinget, bahan-bahan alami ini masih butuh penelitian medis lanjutan soal keamanan dan manfaatnya. Sebelum mulai perawatan, pastiin kulit wajah udah dibersihin. Dan berikut ini bahan-bahannya.

– Madu sama kayu manis. Madu merupakan antibiotic alami yang bisa berperan ngeluarin kotoran dari dalam pori-pori. Caranya, 1 sendok teh madu sama 1/2 sendok teh kayu manis bubuk dicampurin. Olesin campuran ini ke wajah dengan gerakan muter selama 3 menitan. Cuci wajah pakai air hangat.

– Masker putih telur bisa bantu ngencengin pori-pori sekaligus ngebersihin kotoran di kulit wajah. Caranya, pisahin putih telur dari kuningnya. Olesin putih telur tadi ke wajah dan tunggu 2 menit sampai kering. Tambahin lagi sisa putih telur tadi. Tunggu sekitar 10 menit sampai kering juga. Langkah terakhir, bilas wajah pakai air hangat.

– Campur jus lemon, 1 sendok teh yogurt, madu, sama 1 sendok teh garam halus sebagai scrub buat ngangkat komedo. Usapin lembut ke wajah dengan gerakan muter selama 2-3 menit. Bilas pakai air hangat.

Meski cara-cara barusan belum tentu berhasil, tapi cara ini dianggap lebih aman dibanding pakai ekstraktor. Cuma sayang, pemakaian scrub yang berbahan alami kadang suka ngakibatin kulit jadi iritasi.

Meriksa Kulit Ke Dermatologis

Cara ngilangin komedo di hidung ke dermatologist umumnya harus sesuai sama jenis komedo dan kondisi kulit kita. Terapi laser dan dermabrasi biasanya adalah cara yang paling sering dipakai sama dermatologis buat ngilangin komedo.

Tapi meski hasilnya cepet, sekarang teknik ini ternyata bisa nyebabin timbulnya bekas jaringan parut. Selain terapi laser dan dermabrasi, proses operasi ato kauterisasi juga sering dipakai sama dermatologis buat ngilangin masalah komedo.

Hhmmm denger dari nama terapinya emang agak ngeri. Makanya kalo mo bener-bener berhasil, cari klinik kecantikan yang terpercaya dan udah ada lisensinya sis. Jangan mo bersihin komedo di salon-salon kecantikan abal-abal yang terapisnya ga berpengalaman. Terus perhatiin juga alat-alatnya. Karena harus steril dan bersih sebelum dipakai.

Setelah kulit hidung bersih, bukan berarti kulit bakal bebas selamanya dari komedo ya. Karena si komedo nakal bisa muncul lagi kapan aja akibat pengaruh kondisi tubuh.

Berikut cara-cara yang bisa dilakuin buat mencegah komedo muncul lagi.

– Pakai produk perawatan kulit yang berlabel non comedogenic ato non acne genic, karena ga beresiko nyebabin penyumbatan pori-pori. Begitu juga halnya sama produk make up yang bebas minyak dan bahan dasarnya air.

– Hindarin produk pembersih eksfolian yang sifatnya abrasive, karena justru beresiko nyebabin iritasi di kulit. Mending pakai bahan dari oatmeal buat ngeksfolian kulit, biar pengaruh ke kulitnya ga terlalu keras.

– Jangan pegang wajah pas tangan lagi kotor, karena bisa nyebabin pindahnya bakteri dari tangan ke wajah.

– Rutin cuci dan ganti sarung bantal tidur kalian buat ngilangin minyak, debu, sama sisa-sisa sel kulit mati yang mungkin muncul pas kita tidur.

– Pastiin make up selalu dibersihin sebelum tidur, dan jangan lupa cuci tangan secara teratur supaya komedo ga nongol lagi.

Sekian. Semangat sista ngeberantas komedonya! :p

Gambar Hari Ini:

Parit Di Kastil

Simak Yuk Cara Aman Menghilangkan Komedo Hidung Di Bawah Ini!

Sumber: @kimdaoblog

Simak Yuk Cara Aman Menghilangkan Komedo Hidung Di Bawah Ini!