Simak Yuk Cara Mengatasi Masalah Jerawat Akibat Hormon!

0 328

Simak Yuk Cara Mengatasi Masalah Jerawat Akibat Hormon!

Umumnya, jerawat itu terjadi akibat kita jarang ngebersihin wajah. Tapi ada waktunya dimana kita udah rajin bersihin wajah, rutin pakai produk perawatan wajah, sampai sering perawatan ke klinik kecantikan juga, tapi tetep aja jerawat masih nongol.

Huff,, sebel bhangat deh kalo udah gitu! Capek buang-buang duit aja!

Hehee sabar-sabar sis, jerawat ini sebenernya bisa muncul kapan aja akibat perubahan hormon tubuh. Kayak yang kita tau, kalo hormone didalam tubuh ini ga seimbang, biasanya bisa nyebabin sekresi berlebihan di kelenjar minyak kulit wajah. Jadi pori-pori sering kesumbat dan akhirnya tumbuhlah si jerawat bandel.

Jerawat akibat faktor hormonal biasanya banyak ditemuin di remaja-remaja yang lagi puber. Karena pas masa ini hormone lagi ga seimbang, kayak halnya hormone libido ato androgen yang bisa ningkat tajam seiring sama pertambahan usia seseorang.

Meski umumnya dialamin sama remaja yang lagi puber, tapi ga semuanya kok, karena wanita dewasa yang lagi menstruasi ato hamil juga bisa juga ningkat hormone estrogennya.

Jerawat yang muncul akibat perubahan hormone terutama akibat siklus bulanan ato pra menstruasi, ada yang bisa sembuh sendiri dan ada juga yang butuh penanganan khusus. Yang butuh penanganan khusus biasanya karena ukuran jerawatnya udah meradang dan makin gede, rasanya gatel, ga nyaman, bahkan sampai nimbulin nyeri ato sakit kepala berhari-hari.

Gimana cara ngatasin jerawat karena hormone?

Salah satu cara yang paling efektif buat ngurangin jerawat karena hormone adalah dengan ngontrol kadar hormone yang ada didalam tubuh. Jangan cuma pakai obat jerawat biasa, tapi juga harus pakai obat pengendali hormone. Dan lebih baiknya lagi kalo sekalian konsultasi juga ke dokter spesialis kulit buat ngehindarin resiko yang mungkin muncul.

Sista juga bisa ngelakuin tindakan pencegahan supaya kulit putih mulusnya ga muncul jerawat sewaktu-waktu akibat faktor hormonal ini. Pencegahannya antara lain:

1. Hindarin makanan kategori junk food (makanan cepat saji)

Junk food sering dikenal sebagai makanan yang ga sehat, mengandung banyak lemak, garam, gula, tinggi kalori, juga zat aditif berbahaya. Selain itu, junk food juta rendah nutrisi, mineral, vitamin, dan serat, jadi jelas ga sehat bhangat buat dikonsumsi.

Contoh junk food antara lain makanan-makanan cepet saji, gorengan, asinan, makanan kaleng, sosis (daging yang diproses), juga jeroan ato daging yang berlemak.

Kalo selama ini sista masih suka makan junk food kayak yang disebutin tadi, lebih baik stop sekarang juga. Karena junk food selain bisa memicu jerawat juga bisa nimbulin masalah-masalah kesehatan lain.

Penelitian juga ngebuktiin, kalo jerawat berhubungan erat sama fluktuasi kadar glukosa darah, dimana tubuh ngasih respon atas turun naiknya kadar glukosa darah dengan cara ngelepasin hormon-hormon tertentu, misalnya androgen dan insulin.

Contohnya, pas kita minum minuman bersoda dan makan makanan yang mengandung banyak sodium sama gula, hal ini bakal ngedorong makin banyaknya produksi insulin di tubuh, jadi metabolisme tubuh pun ningkat. Makanya, setelah makan makanan itu, besoknya kadang suka langsung muncul jerawat di wajah.

Jadi, cara terbaik buat mencegah dan ngatasin jerawat hormonal adalah dengan ngehindarin makanan junk food kayak makanan cepat saji yang banyak garamnya, makanan olahan yang banyak minyaknya, dan makanan ga sehat lainnya (daging yang lemaknya udah terhidrogenasi).

Selain itu, kurangin juga konsumsi yang manis-manis, kayak permen, biscuit, cake, cokelat susu, dll. Mending konsumsi sayur sama buah-buahan yang kandungan gulanya alami.

2. Ngonsumsi probiotik dan suplemen

Selain ngonsumsi makanan sehat dan bergizi, mencegah munculnya jerawat juga bisa dilakuin dengan rutin ngonsumsi suplemen, misalnya klorofil, spirulina, minyak ikan, sama zinc buat ningkatin pergantian sel kulit mati dan mencegah munculnya jerawat.

Cara lainnya yaitu dengan ngonsumsi probiotik. Zat ini merupakan bakteri baik yang fungsinya bisa nyerep nutrisi juga ngejaga bakteri baik didalam tubuh. Dan secara ga langsung bakal ngontrol produksi sebum yang bisa nyebabin timbulnya jerawat. Probiotik ini bisa ditemuin didalam minuman yogurt.

3. Tetep merhatiin kebersihan wajah

Meskipun jerawat muncul akibat faktor hormonal, tetep wajah harus rutin dibersihin setelah beres beraktivitas di luar. Selain itu, salah satu cara yang paling efektif sebelum jerawat muncul, kasih perawatan-perawatan terbaik buat wajah, misalnya rajin maskeran ato pakai bahan-bahan perawatan kulit yang mengandung salicylic acid.

4. Manfaatin khasiat dari green tea

Dengan ngebiasain ngonsumsi green tea ato teh hijau minimal 3 gelas sehari, bisa bikin tubuh sama pikiran kita jadi lebih rileks. Green tea dikenal punya antioksidan tinggi, jadi ampuh nangkal radikal bebas dari tubuh, mampu ningkatin produksi kolagen, mencegah jerawat meradang, dan bisa nyeimbangin lagi hormone didalam tubuh.

Ga cuma buat diminum aja, green tea juga baik buat dijadiin masker ato penyegar (toner). Cara bikin masker green tea, yaitu green tea dicampur sama gula pasir dan madu, aduk, terus olesin ke wajah. Pijat muter selama 2 menit dan bilas. Setelah itu, pakai kapas buat nepok-nepokkin toner teh hijau ke wajah. Hasilnya, wajah pun jadi lebih seger dan bebas dari jerawat akibat hormone.

5. Cukup minum air putih

Dengan ngebiasain rutin minum air putih minimal 8 gelas per hari, racun sama zat yang ga berguna bisa terbantu keluar dari dalam tubuh. Ga cuma itu, kalo konsumsi air putih cukup, maka nantinya metabolisme didalam tubuh juga jadi seimbang dan kulit selalu keliatan seger, karena lebih terjaga kelembapannya.

6. Cukup tidur 8 jam per hari

Cukup tidur 8 jam per hari, karena di malam hari pas kita tidur adalah waktu dimana tubuh ngeregenerasi kuit, mulihin energy, dan nyeimbangin hormone didalam tubuh. Baiknya jangan keseringan begadang, karena kulit yang lelah bisa kena jerawat.

Terakhir, jangan terlalu sering megang area kulit yang bermasalah, misalnya area yang jerawatan. Karena kulit bisa iritasi dan kondisinya bisa makin parah.

Gambar Hari Ini:

Lumpur Lapindo

Simak Yuk Cara Mengatasi Masalah Jerawat Akibat Hormon!

Sumber: @kimdaoblog

Simak Yuk Cara Mengatasi Masalah Jerawat Akibat Hormon!