Yang Kulit Wajahnya Kering, Simak Yuk Cara Mengatasinya Berikut!

0 121

Yang Kulit Wajahnya Kering, Simak Yuk Cara Mengatasinya Berikut!

Banyak orang sering ngeluh kulit wajahnya kering, sehingga kulit jadi keliatan pucet dan ga seger. Kulit wajah kering punya ciri-ciri kulit kerasa kasar dan kaku baik sebelum ato setelah dibersihin. Ciri-ciri kulit kering yaitu keliatan kering, retak dan kerasa gatel. Kulit wajah kering banyak terjadi pas kita lagi ngalamin kekurangan lipid (asam lemak) di kulit.

Kulit wajah sama tubuh yang kadar airnya rendah suka keliatan kering, pecah-pecah, dan kasar. Jenis kulit wajah kering punya lapisan halus bersisik di permukaannya. Apalagi kalo di wajahnya ada garis-garis halusnya, biasanya suka keliatan jelas banget pas kena cahaya. Kulit wajah kering yang ga punya kelembapan bakalan luka kalo kena gesekan. Ga cuma itu, wajah yang kulitnya kering juga biasanya suka kerasa ga nyaman dan kurang seger.

Kenapa Kulit Wajah Jadi Kering?

Kulit wajah yang kering bisa diakibatin sama faktor eksternal yaitu kulit wajah ga mampu mertahanin kelembapan, diantarnya paparan lingkungan yang kering sama berangin, dan pemanas ruangan yang bisa nurunin kadar kelembapan relativitas kulit, sehingga kulit jadi makin kering. Buat sista yang rutinitasnya kerja di kantor ato berada di ruangan AC, hal ini juga bisa lho ngakibatin kulit jadi kering.

Selain itu, faktor eksternal lain yang mengaruhin tingkat kelembapan kulit adalah kebiasaan ngebersihin wajah, dimana wajah malah dipakaiin body foam pas mandi, dan pemakaian sabun yang mengandung deterjen. Kalo kita keseringan ngebersihin wajah pakai sabun mandi yang mengandung deterjen, lapisan minyak yang ngelindungin kulit nantinya bisa hilang. Dan emang hampir kebanyakan body foam itu efeknya suka bikin kulit jadi kering.

Ada yang beda antara kualitas produk krim anti penuaan dan age reversing didalem pelembap tertentu. Dan menurut riset, emang belum terbukti bahwa pelembab standar bisa mencegah proses penuaan kulit wajah yang disebabin sama usia lanjut ato paparan sinar matahari. Tapi, pemakaian pelembap wajah ini bisa bermanfaat buat kulit dalam beberapa hal lain, diantaranya ngelindungin kulit wajah dan kerusakan yang disebabin sama peradangan (inflamasi) di kulit wajah.

Lapisan tipis minyak (thin oily layer) di permukaan kulit bisa ngatasin kulit wajah kering dari faktor lingkungan, misalnya kotoran, partikel jelaga dan debu. Selain itu, kita juga bisa merbaikin penampilan kulit wajah kering dengan ngejaga kelembapan kulit wajah supaya tetep keliatan halus dan lebih segar.

Buat ngatasin masalah kulit wajah kering ini, ada beberapa makanan yang wajib dikonsumsi, yaitu asam lemak esensial, Omega-3 dan Omega-6 yang biasanya ada di beberapa sumber makanan kayak ikan laut (tuna, kod, sarden), kerang, minyak kedelai dan sayur-sayuran.

Berikut ini sedikit tips ngatasin kulit wajah kering yang bisa kita coba, yakni:

Selalu pakai pelembap. Pelembap itu ga selalu bisa nambah kelembapan kulit. Pelembap merupakan produk yang bisa nahan air di kulit biar ga cepet nguap. Coba aplikasiin pelembab ke kulit minimal 2-3 kali per hari. Pakai aturan 3 menit.

Artinya, usapin pelembap paling lama sekitar 3 menitan setelah ngebersihin kulit wajah kering. Usapin pelembap juga pas siang hari, dan disaranin jangan lupa basuh dulu wajah sebelum pakai pelembap ato krim.

Apa Yang Wajib Dihindarin Dari Pemakaian Krim Ato Pelembap Buat Kulit Wajah Kering?

Yang wajib dihindarin yaitu pelembap ato krim yang punya kandungan pewangi atau retinoid (umumnya dipakai didalem produk anti penuaan), karena bahan ini bisa ngakibatin kulit wajah jadi kering. Sebelum beli, uji dulu pelembab wajah dengan cara ngusapin ke lengan selama 3 menitan. Kalo pelembap kerasa perih, gatel, panas, ato kering, itu tandanya ga cocok, jadi jangan pakai lagi pelembap wajah tersebut.

Jangan lupa pokoknya sebelum pakai pelembap bersihin dulu wajah. Karena faktanya masih banyak orang suka lupa lakuin hal ini. Ga peduli seberapa lelahnya kita dan rasa ngantuk yang luar biasa, sebelum tidur usahain selalu sempetin waktu sebentar buat bersihin wajah.

Pembersih Wajah Apa Yang Bagus Buat Kulit Kering?

Buat kulit wajah kering, pilih pembersih wajah yang punya kandungan pelembap. Malah beberapa pakar kecantikan kulit nganjurin supaya kita milih produk yang punya kandungan seramit sintetis atau serat buatan yang diolah lagi pakai mesin dan bahan-bahan kimia, terus dicampur sama serat alam (nabati dan hewani).

Kenapa? Karena hal ini sama kayak halnya lemak di kulit kita. Kulit nantinya suka kerasa lebih halus dan lembut setelah dibersihin. Kalo pembersih yang kita pakai kerasa kering ketat bahkan nimbulin iritasi, baiknya cepet-cepet deh ganti sama pembersih wajah yang lain.

Pilih tipe sabun yang ga mengandung pewangi dan alkohol. Hindarin juga sabun anti bakteri, karena sabun tipe ini bisa ngakibatin kulit wajah jadi kering. Oia, kita juga wajib ngehindarin pembersih yang punya kandungan eksfolian, kayak asam glikolat yang bisa ngiritasi kulit wajah yang kering. Hindarin pemakaian scrub baik dalam bentuk padet ato butiran scrub. Karena ngegosok-gosok kulit ato scrubbing itu emang bisa ngiritasi kulit kalo caranya salah.

Selain itu, hindarin juga ngebershin wajah pakai spons ato waslap ya sis, karena hal ini juga bisa ngiritasi kulit wajah. Cara terbaik buat ngebersihin wajah yaitu cukup pakai tangan kita yang bersih dan lembap. Keringin wajah dengan halus, jangan sampai kebiasaan ngegosok-gosok wajah pakai handuk, dan jangan maksain sampai wajah bener-bener kering. Wajah cukup ditepok-tepokkin aja pakai handuk wajah buat ngeringinnya.

Sekian. Salam kulit cantik dan sehat sista

Gambar Hari Ini:

Main Game Dengan Mouse Keyboard

Yang Kulit Wajahnya Kering, Simak Yuk Cara Mengatasinya Berikut!

Sumber: @kimdaoblog

Yang Kulit Wajahnya Kering, Simak Yuk Cara Mengatasinya Berikut!